IBX5B54BCC389CD2 3 Tips Saat Terjadi Gempa Bumi - Lulusandiploma.com

3 Tips Saat Terjadi Gempa Bumi

gempa-bumi

Gempa bumi adalah suatu musibah yang pastinya kita semua tidak ingin merasakannya, karena hal ini sangat asing dan membuat hati kita terasa was-was, kepanikan sontak akan terjadi yang mengakibatkan orang-orang berlarian menuju keluar rumah, gedung, mall, apartment, tempat perbelanjaan atau dari seluruh tempat lainnya.

Guncangan yang cukup kuat bisa dirasakan, gempa bumi dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Siapa juga yang ingin merasakannya? Tetapi tidak ada salahnya juga kita mengantisipasi apabila gempa bumi ini terjadi, berikut adalah tips yang lulusandiploma.com sarankan apabila suatu saat terjadi gempa bumi:

1. Jangan panik

Hal ini biasanya selalu terjadi kepada diri kita apabila suatu yang asing dan posisi yang mengancam menimpa diri kita. Sifat panik adalah hal yang biasa saja, namun sebaiknya kita buang jauh-jauh rasa panik tersebut apabila terjadi gempa bumi, karena ini sangat berpengaruh pada cara berfikir otak kita.

Bisa saja apabila gempa terjadi dan rasa panik timbul, jalan menuju keluar rumah yang seharusnya mudah untuk dilewati tetapi kali ini rasanya sangat sulit untuk kita tempuh. Tips menahan diri dari rasa panik ini disarankan agar kita tidak gegabah dalam bertindak dan fikiran selalu positif pasti ada jalan keluar dalam menangani musibah.

2. Berlindung

Jika gempa bumi terjadi langkah yang harus kita lakukan adalah segera berlindung ditempat-tempat yang aman. lulusandiploma.com mempunyai langkah-langkah yang bisa dilakukan apabila anda sedang berada ditempat tersebut:

- Apabila kita sedang berada didalam ruangan dan jalan untuk keluar ruangan tersebut cukup jauh, segera berlindung dibawah kolong meja, kursi atau tempat lainnya yang kita rasa cukup kuat untuk menahan kejatuhan struktur bangunan dari atas. Setelah itu keluarlah dengan tenang melewati tangga darurat atau jalan yang kita rasa aman.

- Apabila kita berada ditempat terbuka segera jauhi benda-benda yang dapat berpotensi jatuh seperti tiang listrik, pohon, papan baliho atau yang lainnya.

- Selanjutnya apabila kita berada diwilayah pesisir pantai, segera menjauh dari tempat tersebut dan carilah tempat dataran tinggi untuk mengantisipasi akan datangnya tsunami. 

- Dan apabila kita berada didaerah pegunungan hindari lereng yang berpotensi longsor serta jauhi batu yang bisa lengser menimpa diri kita.

3. Berdoa

Untuk yang beragama islam kita sudah diberitahu bahwa apabila terjadi gempa bumi berarti Allah subhanahu wata a'la sedang memperingatkan supaya kita selalu ingat kepadanya, berdoalah dan mintalah agar gempa tersebut berhenti dan mohon ampunlah kepadanya. Barangkali gempa bumi yang terjadi adalah suatu peringatan bagi kita karena dosa-dosa yang telah kita kerjakan. Dalam hadits sudah dijelaskan bahwa:

وإن الله يخوّف الناس بما شاء من آية لعلهم يعتبرون، أو يذكرون، أو يرجعون، ذُكر لنا أن الكوفة رجفت على عهد ابن مسعود، فقال: يأيها الناس إن ربكم يستعتبكم فأعتبوه

“Sesungguhnya Allah menakut-nakuti manusia dengan apa yang Dia kehendaki dari tanda-tanda kekuasaan-Nya, supaya mereka mengambil pelajaran, atau mengingat Allah, atau kembali kepada-Nya. Telah diceritakan kepada kami, bahwa kota Kufah telah terjadi gempa di zaman Abdullah bin Mas’ud. Maka beliau berkata: Wahai manusia, sesungguhnya Allah menginginkan kalian untuk kembali. Maka kembalilah kepada-Nya.“ (Diriwayatkan oleh Ath-Thabary dalam tafsirnya 17/478)

Demikianlah artikel mengenai 3 Tips Yang Harus Kita Lakukan Saat Terjadi Gempa Bumi | Ahli K3 Lulusan Diploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "3 Tips Saat Terjadi Gempa Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel