Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Form Checklist Inspeksi APD

Inspeksi APD (Alat Pelindung Diri), inspeksi keselamatan atau inspeksi HSE secara berkala adalah salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk memastikan APD yang akan dipergunakan layak dan sesuai dengan standard yang ada, program inspeksi ini dilakukan agar pada saat dibutuhkan tidak ada kerusakan dan berfungsi dengan semestinya.

Pemeriksaan berkala dilakukan oleh seorang HSE Officer atau Inspektor ini sangat penting dilaksanakan, inspeksi tidak hanya dalam kategori APD namun hal lain juga seperti inspeksi APAR, alat berat atau yang lainnya.

Seiring dengan perkembangan waktu, penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Indonesia ini sangat pesat diterapkan pada tiap tiap Perusahaan di seluruh sektor Industri. Terutama dalam menerpkan program K3 yang satu ini yaitu Inspeksi peralatan keselamatan khususnya APD.

Lalu seperti apakah contoh formulir checlist inspeksi APD itu sendiri? Berikut Lulusandiploma sampaikan beberapa penjelasan mengenai pembahasan tersebut.

Jenis Alat Pelindung Diri (APD)

Ada beberapa jenis Alat Pelindung Diri (APD) yang harus diperiksa oleh seorang praktisi keselamatan kerja atau seorang HSE Officer / Inspector disuatu Perusahaan, jenis tersebut antara lain;

Pelindung Kepala

Pelindung kepala sangatlah penting untuk dipergunakan saat melakukan suatu pekerjaan untuk menghindari cidera yang serius pada bagian kepala kalian. Pelaksanaan inspeksi juga disarankan untuk memastikan apakah APD tersebut layak untuk dipergunakan.

Pelindung Mata

Pada pemeriksaan yang dilakukan untuk memeriksa apakah pelindung mata masih dapat digunakan dalam sudut pandang keselamatan dan kesehatan kerja sangatlah penting. Karena mata menjadi salah satu bagian vital yang ada pada tubuh manusia.

Pelindung Muka

Inspeksi Alat Pelindung Diri untuk melindungi muka seperti faceshield, kedok las atau sejenisnya yang berkaitan untuk memproteksi wajah agar kecelakaan kerja tidak terjadi sangat penting dilakukan. Bayangkan saja apabila muka kita terjadi kecacatan karena efek pekerjaan yang dilaksanakan. Betapa sedihnya apabila hal tersebut terjadi.

Pelindung Tangan

Sarung tangan menjadi salah satu APD yang sangat penting untuk melinduni tangan dari cidera akibat pekerjaan, inspeksi yang dilakukan oleh seorang HSE officer atau inspektor hendaknya dengan jeli dalam pemeriksaan tersebut.

Pakaian Pelindung

Alat pelindung diri ini berguna untuk memproteksi tubuh dari bahaya panas, paparan api, sengatan binatang, tergores dan tertusuk ataupun bahan kimia yang dapat menyebabkan cidera pada tubuh.

Pelindung Kaki

Kaki juga harus terlindungi dari potensi bahaya benda tajam, tertusuk, benda asing, radiasi gigitan binatang atau sumber bahaya lainnya yang berbahaya pada kaki anda. Jadi inspeksi APD pelindung kaki sangat disarankan agar safety shoes yang dipergunakan layak dan tidak ada kerusakan.

Nah mungkin itulah beberapa jenis alat pelindung diri (APD) yang mungkin harus dilakukan inspeksi secara berkala oleh seorang HSE Inspektor agar saat ingin dipakai tidak ada keluhan dan dalam keadaan baik. Jadi bagaimanakah contoh checklist inspeksi APD itu sendiri? silahkan simak pemaparan dibawah ini.

Contoh Formulir Checklist Inspeksi APD

Sudah banyak form checlist inspeksi APD yang disediakan oleh praktisi keselamatan dan kesehatan kerja (K3), namun tidak ada salahnya Lulusandiploma mengangkat tema ini untuk memudahkan HSE dalam pemeriksaan dilapangan.

Alat Pelindung Diri adalah suatu perlengkapan keselamatan kerja yang wajib digunakan pada saat melakukan suatu pekerjaan untuk menghindari kecelakaan akibat kerja dan penyakit akibat kerja yang timbul dari pekerjaan tersebut.

APD juga dipergunakan sesuai dengan potensi bahaya dan hasil mitigasi risiko dalam pekerjaan tersebut, anda dapat mengetahui perlengkapan apa saja yang seharusnya digunakan dalam pekerjaan yang kalian akan laksanakan.

Berikut Lulusandiploma berikan contoh mengenai Checklist Inspeksi APD yang dapat dipergunakan untuk rekan HSE dilapangan agar lebih mudah dalam pemeriksaan.

Formulir Checklist Inspeksi APD Pertama

form inspeksi apd
ilustrasi formulir inspeksi APD 1

Formulir Checklist Inspeksi APD Kedua

formulir checklist inspeksi apd 3
ilustrasi formulir inspeksi APD 2 menurut perorangan

Formulir Checklist Inspeksi APD Ketiga

formulir checklist inspeksi apd 2
ilustrasi formulir inspeksi APD 3 menurut stock

Itulah beberapa contoh yang dapat Lulusandiploma berikan mengenai Form Checklist Inspeksi APD atau Alat Pelindung Diri. Semoga formulir inspeksi yang disediakan dapat bermanfaat untuk kalian. Tetap semangat dan tetap utamakan keselamatan dan kesehatan kerja.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Contoh Form Checklist Inspeksi APD"