Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

12 Rekomendasi Manhwa BL Boys Love Terbaik Yang Harus Dibaca

Rekomendasi Manhwa Boys Love (BL) - Apa saja kegiatan yang kalian lakukan saat sedang bersantai dan menikmati waktu dirumah? Nonton drama korea (drakor)? Membaca komik? Liburan keluar kota? Tiduran dan bermalas malasan? Kalo saya sendiri lebih memilih untuk membaca manhwa boys love (BL). Saya sangat suka membaca saat duduk dibangku sekolah dasar dan mulai terjun kedunia komik saat usia menginjak 17 tahun. Pada saat itu manhwa tidak seviral sekarang, apalagi komik yang bertemakan BL.

Ditahun berapa kalian mulai menyukai manhwa? dan pengalaman apa saja yang didapatkan saat mulai hoby didunia membaca? Tidak ada salahnya coba membaca cerita BL karena alur cerita yang disajikan menggemaskan dan unyu. Namun cerita BL tidak selalu demikian, ada pula yang sangat bar-bar dan menjengkelkan.

Sebelumnya kami sudah merangkum artikel mengenai Rekomendasi Manhwa Romantis, Rekomendasi Kakaopage Antagonis dan Rekomendasi Manhwa Terbaik 2022. Kali ini tidak ada salahnya bahasan yang akan kita angkat yaitu Rekomendasi Manhwa Boys Love (BL).

Cerita cinta yang disajikan dalam percintaan BL sungguh berbeda dengan romansa pasangan normal yang telah saya baca, Pasangan normal saat ada masalah mungkin cara penyelesaian yang dilakukan sangatlah relevan dan seperti monoton begitu saja. Lain halnya dengan pasangan BL saat menyelesaikan suatu masalah dalam hubungan, ada hal yang berbeda saat kita melihat pasangan ini melakukan dan menyelesaikan permasalahan.

Berikut adalah rekomendasi Manhwa atau Webtoon boys love (BL) terbaik yang harus kalian para Fujoshi baca dengan nuansa cerita yang memanjakan serta banyak pelajaran dan pengalaman yang kita dapatkan;

1. Heartstopper

kakaopage-heartstopper

Hearstopper alice oseman menurut saya sangat bagus untuk dibaca selain cerita yang sangat heartwarming webootn atau Manhwa BL ini membuat pembacanya terkesan dan sangat memanjakan hati seakan terlibat dalam cerita tersebut.

Manhwa atau Webtoon BL yang satu ini menceritakan tentang laki-laki yang bernama Charlie Spring dan Nick Nelson yang bersekolah di sekolahan khusus laki-laki, mereka merupakan remaja yang dikucilkan oleh rekannya dikarenakan sempat ketahuan seperti berpacaran sesama jenis.

Dalam alur cerita BL yang dibuat semua rekan disekolahnya itu mengucilkan charlie kemanapun dan dimanapun dia berada, namun berbeda dengan Nick Nelson dia adalah sosok remaja yang tidak ikut mengejek Charlie, akan tetapi lambat laun waktu karena kedekatan mereka berdua. Nick Nelson memiliki pandangan lain dan ada hati dengan Charlie.

Bagaimanakah kelanjutan cerita dalam manhwa BL yang menceritakan tentang mereka berdua? Apakah mereka melakukan hubungan khusus atau berfikir lebih untuk mengakhiri mengingat ejekan dan ledekan dari rekan satu sekolahnya tersebut.

2. Pirouette into My Heart

kakaopage-pirouette-into-My-Heart

Manhwa BL yang kedua yaitu pirouette into my heart dengan pemerannya yaitu Jing Shuibian dan Tang Liuzang, yang keduanya memiliki motivasi serta tujuan hidup yang sama bagaimana caranya agar kehidupan yang dijalani berjalan sesuai dengan keinginan dan terbaik dalam bidang yang mereka tekuni.

Alur cerita manhwa BL piroutte into my heart menggambarkan seorang remaja laki-laki yang menggeluti dunia balet menemui rekan lainnya yang menggeluti dunia tinju. Mereka bertemu di satu tempat yang sama namun dalam bidang yang berbeda.

Saya sarankan untuk membaca manhwa BL yang satu ini karena perjalanan yang sangat panjang dan memanjakan mata serta romansa hati yang ikut baper.

3. Run Way Hit

kakaopage-run-way-hit

Manhwa BL Run Way Hit (Hara) dengan dua karakter laki-laki yaitu Han Seohyun dan Lee Hyowon. Pada karakter Han Seohyun dia adalah seorang yang sedang memiliki masalah besar, masalah tersebut adalah kerugian atau bangkrut dari masa jaya karirnya dalam bidang fashion.

Han Seohyun berusaha bangkit lagi dengan berbagai cara yang sudah ia lakukan, dan akhirnya menemui seorang model yaitu Lee Hyowon yang membuat karir hingga masalah yang dilandanya menyusut dan mulai berkembang kembali.

Karena sikap Lee Hyowon yang suka terbang kesana kesini menjadi seorang model bahkan tidur dengan siapa saja, hal itulah yang membuat kesalahpahaman dari keduanya. Han Seohyun malah menganggap hal tersebut adalah perhatian lebih dan harapan berbeda.

Kelanjutan cerita BL run way hit (Hara) akan seperti apa? akankan Han Seohyun dan Lee Hyowon menjadi pasangan yang romantis atau malah sebaliknya saling benci dan merasa ilfil karena rasa cinta yang berbeda dengan orang normal lainnya.

4. A Life Without You

kakaopage-a-life-without-you

Manhwa BL yang keempat yaitu a life without you (on doo lee) menceritakan sebuah pengkhianatan yang dilakukan oleh pasangannya dikarenakan pasangan tersebut terbaring sakit dan koma. Pengkhianatan disadari saat ia terbangun dari komanya.

Selain sadar akan pengkhianatan yang dilakukan oleh pasangannya, ia pun merasa semua yang ada didunia ini semuanya sudah berubah dari tatanan kota, dan hal lainnya. Usut demi usut penyebab koma yaitu saat tugas ke daerah perang mengalami kecelakaan saat meliput karena dia adalah seorang jurnalis.

Manhwa atau Webtoon BL ini mengajarkan kita mengenai perubahan hidup yang signifikan, kita harus memiliki jalan keluar bagaimana menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan penuh lapang dada dan harus bersabar. Setiap ada permasalahan pasti ada solusi terbaik.

5. Two Size Too Small

kakaopage-two-size-to-small

Webtoon BL yang sangat romantis ini berkisah tentang sepasang laki laki yang bernama Keaton Bell dan Benson Morioka, mereka mahasiswa yang satu dibidang kedokteran hewan satunya dibidang computer animation, mereka berdua memiliki beberapa keunikan yang satu memiliki tinggi badan yang ideal dan yang satunya agak pendek.

Kisah dari webtoon BL tentang two size too small (mizor) sepasang kekasih yang bertemu dihalte bus dan merasakan hati yang berdebar saat pertama kali bertemu, saat itulah kisah baru ditemukan.

6. Hyung You Are My Idol

kakaopage-hyung-you-area-my-idol

Manhwa atau webtoon BL ini berceritakan mengenai boy band group yang memiliki sesosok yang diidolakan bahkan disayang oleh rekan nya yang bernama Ryeojoon. Group mereka sedang naik daun di negara Korea Selatan.

Dari kelebihan yang Ryeojoon miliki, ia juga memiliki kekurangan yaitu sering menulis tentang anggota group nya sendiri. Suatu hari tulisannya diketahui oleh rekan-rekannya dan dimulailah ujian dan rintangan baru yang dihadapi Ryeojoon.

Bagaimanakah kisah selanjutnya dari webtoon BL hyung you are my idol yang menceritakan seorang ryeojoon? akankah dia malu atau frustasi saat diketahui oleh rekan groupnya? ataukah sebaliknya ia makin disayang dan semakin menjadi idol untuk kalangan dan rekannya.

7. BJ Alex

kakaopage-bj-alex

Kisah cinta dong-gyun dan alex menempatkan posisi ketujuh dalam manhwa yang direkomendasikan, tidak heran kisah Manhwa BL ini masuk yang kita rekomendasikan karena banyak pembaca dan yang paling populer. Isi cerita yang penuh komedi serta menggambarkan realita cinta yang begitu nyata dari pasangan kekasih.

Alur cerita yang diangkat yaitu seorang dong-gyun yang memiliki sifat canggung serta pemalu, dia senang dengan menonton siarang langsung pada aplikasi yang berbau percintaan 18+. Disuatu waktu ia sering melihat alex yang live selalu memakai topeng, akan tetapi ia masih belum mengetahu kalo itu adalah alex pemeran manhwa BL yang kita bahas ini.

Berjalanya waktu lama kelamaan dong-gyun mengetahui bahwa seorang lelaki yang sering ia tonton adalah alex, lalu bagaimana kisah kelanjutan dari alur cerita Manhwa BL tentang alex dan dong-gyun? akankah mereka menjalin hubungan yang luar biasa setelah mengetahui.

8. Wolf In The House

kakaopage-wolf-in-the-house

Seorang pria mengakhiri siksaan didalam hidupnya selama sepuluh tahun karena saat itu dijadikan seperti binatang peliharaan. Jadi setiap malam sesosok anjing berubah menjadi manusia dan menjadi teman tidurnya, dengan santai pria tersebut menyukai anjing tersebut.


Jauh dari pembahasan yang kita angkat pada BL Manhwa dan Webtoon cerita ini sangat luar biasa yang membuat kita masuk kedalam dan menghayati, bahkan bisa-bisanya saat membaca mengenai wolf in the house masuk kedalam fikiran dan angan angan.

9. It's Not Love

kakaopage-its-not-love

Manhwan BL yang disajikan dengan beberapa cerita lucu dengan karakter utama yaitu dua orang pria Ganghyuk Choi dan Joowon Kim. Dua orang pria yang saling menyukai tetapi saling menutupi perasaan yang dimiliki, bukan apapun alasannya mereka takut apabila salah satu mengetahui akan menjadi hal yang aneh bahkan takut dijauhkan.

Proses pengungkapan rasa sayang antara mereka berdua dimulai dari sentuhan lembut dari Ganghyuk Choi dan Joowon Kim, dengan berbagai seni yang sederhana dan rapi. Mulai sejak itu mereka saling mengetahui bahwa satu sama lain sama sama suka dan berfikir kenapa tidak diungkapkan sejak lama.

BL Manhwa dan Webtoon ini direkomendasikan untuk dibaca karena didalamnya menceritakan ibarat kejadian asli dan kita dimanjakan dengan cerita lucu serta dramatis didalamnya.

10. Castle Swimmer

kakaopage-castle-swimmer

Rekomendasi yang kesepuluh ini mengenai Gay manhwa BL menggambarkan kehidupan dunia laut yang menjadi misteri bahkan memiliki ramalan yang juga memiliki tujuan serta impian. Mereka saling tumbuh menuju sukses dengan tujuan satu atau tujuan lainnya.

Ada seorang yang memasuki penjara bawah laut, ia adalah sosok pekerja keras didalam manhwa BL kali ini. Ia pun dihukum untuk dibunuh dalam penjara hiu tersebut dan bagaimanakah alur cerita kelanjutannya dari castle swimmer dari manhwa gay ini.

11. H & H Roman Company

kakaopage-h-h-roman-company

Dari cerita yang diangkat dalam Manhwa BL sangat menghibur dan lucu mungkin membuat setiap pembaca tersenyum, serta kita dimanjakan dalam pesan singkat yang sangat bermanfaat sehingga bisa kita pelajari dalam dunia nyata. Momen khayalan juga sangat anggun tidak terkesan norak yang bisa membuat kita berkata 'ewh'.

12. Window to Window

kakaopage-window-to-window

Kisah manis dari pasangan laki-laki yang disajikan dalam judul window to window Manhwa BL, mereka tinggal di apartment yang berdekatan sehingga setiap hari dapat berkomunikasi dan mengobrol melalui jendela untuk mengungkapkan isi hati yang sedang dialaminya.

Dalam kisah manhwa gay ini yubin memiliki rasa cinta dengan ginu, namun ginu tidak mengetahui rasa sayang yang selama ini dirasakan oleh rekan ngobrolnya dijendela tersebut. Saat mengetahu rasa tersebut ginu sangat malu malu dan aneh mengapa hal tersebut bisa terjadi pada dirinya.

Lalu bagaimanakah kisah selanjutnya dari Yubin dan Ginu? akankah mereka berpacaran seperti pasangan yang lainnya tanpa ada rasa canggung atau apakah mereka berbalik menjadi benci karena mengetahui rasa yang begitu aneh.

Inilah 12 Rekomendasi Manhwa dan Kakaopage Boys Love (BL) Terbaik yang harus kalian baca, semoga artikel yang kami rangkum ini bermanfaat.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "12 Rekomendasi Manhwa BL Boys Love Terbaik Yang Harus Dibaca"