Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bahan Materi Safety Talk Harian Mengenai Cuaca


Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, seperti hari-hari kemarin kali ini kesempatan saya menyampaikan pesan keselamatan kerja melalui safety talk / briefing harian mengenai cuaca yang akhir-akhir ini kurang bersahabat, hal ini bertujuan agar kita selalu waspada dan tidak meremehkan suatu peristiwa yang terjadi, dan mungkin hal ini bisa saja menimbulkan suatu bahaya dari pekerjaan kita yang sedang kita laksanakan (baca juga: kumpulan Materi Safety Talk Harian).

safety-talk-briefing

Apakah bapak-bapak sekalian sudah mengetahui dampak dari iklim buruk untuk diri kita? Saya akan menjabarkan satu persatu mengenai dampak yang akan terjadi, sebelumnya mari anda simak tips mengenai menjaga kesehatan diri anda

1. Tubuh kita akan banyak kekurangan cairan bila panas terik yang begitu menusuk diri kita.

2. Akan timbul rasa sakit pada bagian otot terutama otot anggota tubuh atas dan bawah bila tubuh kita tidak kuat menghadapi cuaca extreme.

3. Tubuh tiba-tiba terasa lemas dan pusing apabila kita mendapatkan cuaca yang sedang panas lalu tiba-tiba hujan.

Saat ini kita sedang dihadapkan oleh cuaca yang agak extreme karena perubahan iklim, yaa musim hujan, musim hujan ini bisa menimbulkan cuaca yang tidak baik bagi kita karena hujan yang tiba tiba datang saat panas menerpa sebelumnya, hal ini bisa membuat kekuatan tubuh kita drop.


Untuk mengantisipasi dari cuaca yang seperti ini banyak-banyaklah minum air putih untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga alangkah baiknya kita dirumah menyiapkan vitamin-vitamin penambah kekuatan tubuh agar suatu saat bila kita dihadapkan dengan cuaca yang seperti ini tubuh kita sudah siap dengan apa yang akan dihadapinya.

Bila suatu saat kita sedang bekerja lalu hujan dengan intensitas tinggi tiba tiba datang langkah kita para pekerja lapangan yaitu segera rapihkan peralatan kerja dan material yang sedang kita pakai dan cukup rapihkan disekitar lokasi kerja kita saja karena ada kemungkinan hujan turun tidak lama.

Apabila hujan turun hanya rintik rintik langkah kita yaitu segera ambil mantel hujan yang sudah disediakan dan lakukanlah aktivitas seperti biasanya tetapi tetap utamakan keselamatan dan kesehatan kerja. Baca juga: cara menjaga kesehatan saat bekerja

Akhir-akhir ini kita juga dihadapkan dengan cuaca yang kurang baik seperti angin kencang diikuti dengan hujan yang lebat, untuk kali ini saya ingin mengingatkan apabila kita akan berteduh, berteduhlah ditempat yang aman dan hindari tempat-tempat yang berpotensi akan kejatuhan juga kerobohan misalnya kita berteduh dibawah pohon; hal ini malah akan menambah resiko kejatuhan atau tertimpa pohon yang roboh dll.

Mungkin dari pembahasan kita pagi ini bisa mengingatkan kita akan bahaya yang timbul dari cuaca yang kurang baik, semoga hari ini pekerjaan kita bisa berjalan dengan lancar, sesuai target, aman dan selamat, dan yang terakhir sebelum kita memulai pekerjaan alangkah baiknya kita berdoa menurut kepercayaan kita masing masing, berdoa dimulai.

Demikianlah artikel mengenai Bahan Materi Safety Talk Harian Mengenai Cuaca | lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

2 komentar untuk "Bahan Materi Safety Talk Harian Mengenai Cuaca"

  1. Sangat bermanfaat. Terima kasih

    BalasHapus
  2. mantap semoga materi safety talk bisa membantu, biar ga buntu setiap hari apa lagi yang harus disampaikan :D

    BalasHapus