Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Form Checklist Inspeksi APAR

Form Checklist yang dipergunakan untuk inspesi APAR atau alat pemadam api ringan di suatu perusahaan sangatlah penting disediakan agar Ahli K3 dapat melakukan pemeriksaan dengan mudah. Penggunaan Formulir Checklist Pemeriksaan APAR menjadi salah satu alternatif yang paling banyak dipergunakan di lapangan. Lalu seperti apakah Checklist APAR yang benar?

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) harus dilakukan inspeksi secara berkala untuk memastikan bahwa peralatan keadaan darurat di lokasi kerja baik dan layak. Salah satu cara untuk memastikannya yaitu dengan membuat jadwal pemeriksaan rutin seminggu, sebulan atau beberapa bulan sekali tergantung kebijakan Perusahaan.

APAR atau Alat Pemadam Api Ringan adalah salah satu media untuk memadamkan api apabila terjadi kebakaran dilokasi kerja. Kamu juga bisa baca penjelasan lebih dalam mengenai Module Alat Pemadam Api Ringan yang sudah Lulusandiploma rangkum sebelumnya.

Kembali pada pembahasan kita kali ini yaitu Contoh Formulir Checklist Inspeksi APAR, berikut adalah penjelasan yang sudah Lulusandiploma rangkum untuk dijadikan referensi dalam pemeriksaan rutin dilapangan.

Bagian Mana Saja Yang Harus Diperiksa Saat Melakukan Inspeksi APAR

Ada beberapa bagian yang harus diperiksa saat melakukan inspeksi alat pemadam api ringan yang harus diketahui oleh praktisi HSE yang betgugas memeriksa secara berkala segala peralatan keselamatan dan kesehatan kerja antara lain yaitu.
apar-alat-pemadam-api-ringan

Safety Pin

Biasanya apabila APAR masih dalam keadaan baik dan layak safety pin masih tersegel rapih dan belum ada kerusakan pada bagian tersebut. Karena apabila pin yang ada di alat pemadam api ringan sudah terlepas biasanya APAR tersebut sudah dipergunakan.

Handle

Dalam pemeriksaan Alat Pemadam Api Ringan anda juga perlu memerhatikan apakah handle yang ada masih layak ataukan tidak, periksa karat, kebersihan, kelayakan pada handle APAR.

Pressure Gauge

Pada jarum pressure gauge pastikan jarum menunjukan pada titik yang berwarna hijau, hal tersebut bertujuan melihat tekanan didalam isi tabung apakah APAR tersebut masih bisa dipergunakan ataukah tidak.

Hose

Selang adalah salah satu bagian penting dalam alat pemadam api ringan. Usahakan pada bagian dalam tidak ada kotoran atau sarang hewan yang dapat menyumbat saat proses penggunaan APAR, saat melakukan inspeksi bersihkan agar hose selalu bersih.

Label

Badan APAR haruslah memiliki petunjuk cara penggunaan agar seorang yang belum bisa menggunakannya secara kasat mata saat keadaan mendesak bisa mengetahui langkah dasar apa saja yang harus dilakukan untuk menggunakannya.

Tabung

Yang terakhir adalah bagian tabung, saat melakukan inspeksi secara berkala usahakan tidak ada kerusakan, kotor, karat ataupun pengurangan berat tabung. Pastikan semua yang ada dalam Formulir Checlist Inspeksi APAR dalam keadaan baik dan layak agar saat keadaan darurat semua peralatan siap untuk dipergunakan.

Contoh Kartu Gantung Inspeksi APAR

Kartu gantung yang dipergunakan selepas pemeriksaan apar biasanya berisikan checklist dalam setiap pelaksanaan inspeksi. Checklist tersebut dengan kategori baik buruk atau dengan catatan yang menjelaskan kepada karyawan lain ataupun tamu bahkan saat keadaan darurat terjadi bahwa Alat Pemadam Api Ringan yang tersedia layak atau tidak nya untuk dipergunakan. Berikut contoh kartu gantung inspeksi APAR.

kartu-gantung-inspeksi-apar

Contoh Formulir Checklist Inspeksi APAR

Checklist pemeriksaan APAR biasanya terdapat beberapa keterangan seperti kelayakan pada tabung, identifikasi APAR itu sendiri, berat isi, indikator tekanan serta keadaan corong penyemprot apakah masih layak dipergunakan ataukah harus dilakukan maintenance.

Dalam tabung APAR anda dapat memeriksa kelayakan dari nomor seri, penempatan sudah sesuai dengan Permen no 4 tahun 1980, penempatan mudah dijangkau dan segi kebersihan Alat Pemadam Api Ringan tersebut baik.

Lalu mengidentifikasi data kelas kebakaran dari APAR, data media pemadam, petunjuk instruksi penggunaan, data nomor peralatan, dan tanggal label pemeriksaan. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat Contoh Formulir Checklist Inspeksi APAR dibawah ini yang telah Lulusandiploma sediakan.

formulir checklist inspeksi apar
Itulah artikel mengenai Contoh Formulir Checklist Inspeksi APAR yang dapat Lulusandiploma rangkum, semoga dapat bermanfaat untuk dipergunakan dilapangan tempat anda bekerja. Apabila dalam penjelasan mengenai Checklist Alat Pemadam Api Ringan masih ada kekurangan atau kesalahan kami meminta maaf karena keterbatasan ilmu yang kami miliki. Wabillahitaufik walhidayah wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Contoh Form Checklist Inspeksi APAR"