Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

46+ Materi Safety Talk


Safety Talk atau tool box meeting, briefing harian, P5M adalah salah satu program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang dilakukan rutin setiap sebelum memulai pekerjaan dan diikuti oleh pengawas lapangan, hse dan pekerja atau karyawan. Selain dari pada itu agar pekerja mengetahui rencana kerja, potensi bahaya serta pengendalian risiko yang harus dilakukan agar pekerjaan berjalan dengan aman.

Safety talk membahas mengenai materi tentang potensi bahaya ditempat kerja, tata cara kerja yang aman, pengendalian yang harus dilakukan serta motivasi bagi pekerja. Bahkan membahas suatu bahaya atau resiko terjadinya kecelakaan ditempat kerja dan yang terkait dengan SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja) entah itu prosedur kerja, instruksi kerja, rambu-rambu keselamatan, pembagian tugas atau yang lainnya.

materi-safety-talk

Cara Penyampaian Safety Talk

Safety talk atau tool box talk yang baik agar mudah dimengerti oleh seluruh  karyawan, Banyak cara yang dapat kita lakukan agar penyampaian safety talk dapat dimengerti dan difahami oleh pekerja atau karyawan. Alangkah baiknya saat melakukan safety talk tidak terlalu lama berkisar 7 sampai 15 menit agar penyampaian lebih efektif serta anda juga dapat melakukan sesi tanya jawab agar terlihat tidak kaku.

Selain penyampaian yang telah dijelaskan diatas pelaksanaan safety talk juga agar dijalankan dengan konsisten setidaknya satu minggu sekali agar tingkat kesadaran karyawan mengenai keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan agar pekerja mengetahui informasi terupdate mengenai cara kerja yang aman dan potensi bahaya yang ada.

Sebelum safety talk atau toolbox meeting disampaikan ke pekerja disarankan untuk menyiapkan materi terlebih dahulu khususnya resiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja yang mungkin timbul serta fahami segala potensi bahaya yang ada agar saat berbicara didepan pekerja kita tidak gugup, langsung ke inti utamanya dan diusahakan memperagakan apa yang disampaikan dengan kode tubuh, supaya pekerja mudah mengerti.

Dasar Hukum Safety Talk

Dasar hukum pelaksanaan safety talk tertuang didalam undang-undang nomor 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja pasal 9 ayat 3 yang berbunyi; pengurus diwajibkan melakukan pembinaan bagi seluruh karyawan yang berada dibawah pimpinannya. Nah berati perusahaan harus melakukan suatu program yang tertuju pada kegiatan pembinaan seperti sosialisasi atau komunikasi keselamatan agar kecelakaan kerja dapat terminimalisir. Baca juga: Regulasi keselamatan kerja

Sebenarnya tujuan safety talk tersebut sudah jelas agar karyawan mengetahui mengenai potensi bahaya yang ada, bagaimana cara pengendalian dan cara kerja yang aman agar tercapainya tujuan yaitu tidak ada penyakit akibat kerja dan kecelakaan di tempat kerja.

Apa Saja Yang di Sampaikan Dalam Kegiatan Safety Talk

Yang disampaikan pada kegiatan safety talk biasanya membahas mengenai materi umum terkait keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan, lalu bagaimana cara yang aman dalam melakukan suatu pekerjaan dan beberapa alert lainnya yang dapat meningkatkan tingkat kesadaran karyawan untuk berbudaya safety.

Dan usahakan apabila ingin menyampaikan materi safety talk yang optimal sebaiknya dipelajari terlebih dahulu mengenai materi apa yang akan diangkat pada kesempatan tersebut. Praktisi K3 harus punya tujuan yaitu bagaimana meningkatkan kesadaran karyawan serta mereka tetap memprioritaskan keselamatan sehingga datang dengan sehat dan pulang dengan selamat.

Banyak dari kita bingung untuk menyampaikan Materi Safety Talk, bahkan sampai sampai kita seorang praktisi HSE kehabisan materi untuk berbicara di depan pekerja, mengapa seorang praktisi HSE bisa merasa bingung saat membawakan Safety Talk? Kenapa bisa demikian? ya alasannya di banyak perusahaan apalagi kontraktor.

Mengapa Safety Talk Perlu di Laksanakan

Sangat jelas yang telah dipaparkan sebelumnya yaitu safety talk perlu dilaksanakan karena untuk mendukung proses produksi agar terciptanya ruang kerja atau lingkungan yang aman untuk menjamin keberhasilan dan kesuksesan keberlangsungan usaha Perusahaan.

Selain dari pada itu safety talk juga dapat membantu pekerja untuk mengkomunikasikan aspek aspek yang terkait tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) seperti potensi bahaya, apa itu kondisi tidak aman, prilaku tidak aman dan yang lain sebagainya.

Bila kita membawa materi didepan pekerja, pastikan anda menyampaikan pesan safety talk ini dengan tepat kepada pekerja, misalnya kita akan melaksanakan pekerjaan pada ketinggian, sampaikanlah materi mengenai bekerja pada ketinggian bagaimana potensi bahaya dan pengendalian resiko yang ada jangan sampaikan materi diluar dari itu, mari kita simak kumpulan materi safety talk harian berikut ini:Motivasi Lulusandiploma.com adalah tetap konsisten dalam menyajikan materi yang menarik agar informasi yang dirangkum dapat bermanfaat. 

Kumpulan Materi Safety Talk

Safety talk adalah suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan sebelum melaksanakan pekerjaan yang didalamnya berisikan materi mengenai sumber dan potensi bahaya serta cara pencegahannya yang terkait dengan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) untuk mendorong karyawan memahami dan menerapkannya dilapangan. 

Berikut kami berikan beberapa rekomendasi materi safety talk yang dapat kalian pegunakan ditempat kerja sehingga perilaku tidak aman, kondisi tidak aman dan potensi bahaya yang ada dapat terminimalisir sedini mungkin dengan dilaksanakannya Safety Talk pada setiap perusahaan.

Motivasi Kegiatan Safety Talk

Materi safety talk motivasi yang dapat dilakukan pada lingkungan kerja rekan sekalian agar kegiatan ini tidak membosankan. Sesekali merubah temanya seperti upacara agar terlihat lebih profesional. Materi safety talk yang disampaikan bisa tentang motivasi untuk pekerja maupun karyawan agar tetap mengedepankan aspek keselamatan dan kesehatan dalam bekerja, menggunakan alat pelindung diri (APD) yang dipergunakan serta prosedur lainnya.

Materi Safety Talk Tentang Pencegahan Covid-19 (Omicron)

Membawakan Safety Talk tentang P2 Covid 19 adalah langkah yang tepat dalam berkomunikasi dengan seluruh pekerja untuk menyampaikan tindakan apa saja yang harus dilakukan agar virus tersebut tidak menyebar dan melakukan tindakan pencegahannya. 

Sekarang ini sudah banyak karywan yang terpapar dari virus tersebut, maka dari itu harus ada tingkat kewaspadaan yang khusus mengenai Pencegahan dan Penanggulangan covid 19 (Omicron) dilingkungan Perusahaan maupun Proyek agar tidak ada karyawan yang terpapar.

Materi Safety Talk Tentang Cara Penggunaan APAR

Materi Safety Talk Penggunaan APAR Kita banyak melihat diberita lokal, bahwa kebakaran membesar dikarenakan kurang pengetahuan si pekerja untuk menggunakan Alat Pemadam Api Ringan / APAR, disini peran kitalah sebagai pengawas lapangan / HSE menyampaikan safety talk yang berkaitan dengan cara penggunaan APAR.

Penyampaian safety talk cara penggunaan alat pemadam api ringan ini bertujuan bila suatu saat nanti hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pekerja masih bisa mengantisipasi dengan memadamkan api sebelum menjadi besar, mungkin materi safety talk mengenai cara penggunaan apar ini bisa bermanfaat.

Materi Safety Talk Tentang Pemakaian Alat Pelindung Diri

Materi Safety Talk Alat Pelindung Diri berguna untuk melindungi pekerja dari berbagai macam kecelakaan yang mungkin akan menimpa, misalnya tertimpa benda jatuh, tertusuk benda tajam, terpotong benda tajam, terjatuh dari ketinggian dan yang lainnya.

Materi safety talk mengenai pemakaian alat pelindung diri / APD penting disampaikan karena teringat pentingnya peran APD dalam upaya meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja,

Materi Safety Talk Tentang Kebersihan Lokasi Kerja

Safety Talk Kebersihan Lokasi Kerja sangatlah penting di dunia industri pekerjaan, karena dari kebersihan lokasilah kita akan merasa nyaman saat melaksanakan pekerjaan, berkurangnya resiko terjadinya kecelakaan kerja.

Kita dapat menyampaikan materi mengenai kebersihan lokasi kerja melalui safety talk untuk mewujudkan tenaga kerja yang sehat dan mengurangi potensi terjadinya kebakaran.

Materi Safety Talk Tentang Cuaca Yang Buruk

Safety Talk tentang Cuaca sebaiknya disampaikan mengingat akhir-akhir ini cuaca buruk sering terjadi di Indonesia, terutama kota yang sedang saya tempati yaitu Kalimantan Selatan, angin kencang sudah tidak asing tiba -tiba datang hujan lebat juga tidak jauh dari pandangan,

Safety talk mengenai peringatan akan mewaspadai cuaca buruk sangat penting untuk disampaikan karena hal ini dapat mengingatkan pekerja akan resiko yang mungkin akan terjadi bila kita tetap bekerja dalam situasi dan cuaca yang seperti itu, mungkin materi safety talk ini bisa bermanfaat.

Materi Safety Talk Tentang Housekeeping

Materi Safety Talk tentang Housekeeping sebagai salah satu usaha Perusahaan agar kesadaran karyawan mengenai kebersihan dapat meningkat. Safety talk tentang housekeeping harus benar benar disampaikan agar dalam lingkungan kerja Anda, ada kesadaran dari semua karyawan untuk menjaganya.

Materi safety talk housekeeping ini dilaksanakan sesuai dengan tiap tiap pelaksanaan pekerjaan. Tujuan utamanya yaitu agar semua orang terlibat. Selain dari pada itu karyawanpun perduli akan kebersihan yang akan dipertahankan dilokasi pekerjaan atau proyek.

Materi Safety Talk Tentang Pengangkatan Manual

Materi Safety Talk tentang Pengangkatan Manual disampaikan untuk mengingatkan karyawan akan potensi bahaya yang ada. Seringkali kita mendengar keluhan pekerja selepas sehabis mengangkat material tiba-tiba mengeluh badan terasa nyeri, sakit atau yang lainnya, itu bisa saja disebabkan oleh cara pengangkatannya yang salah dan tumpuan tenaga untuk menopang material tersebut keliru.

Kita sebagai pengawas atau praktisi HSE tentu saja berkewajiban menjelaskan tema bagaimana cara pengangkatan material secara manual yang benar agar para selepas mengangkat para pekerja tidak merasakan akan hal-hal seperti itu lagi, mungkin materi safety talk ini bisa bermanfaat.

Materi Safety Talk Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

Materi Safety Talk tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) sebagai salah satu antisipasi agar pekerja memahami tindakan harus dilakukan apabila terjadi kecelakaan kerja. Kita semua tidak dapat menghindari kecelakaan karena kecelakaan tersebut tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi dan dimana hal itu akan terjadi.

Antisipasi kita untuk hal ini yaitu dengan menjelaskan kepada pekerja bagaimana bila kecelakaan menimpa rekan dilokasi kerja, mungkin materi safety talk ini bisa bermanfaat.

Materi Safety Talk Tentang Keselamatan Kerja Konstruksi

Materi Safety Talk tentang K3 Konstruksi untuk menyampaikan potensi bahaya pada pekerja serta pengendalian yang harus dilakukan agar meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja maupun PAK. Program keselamatan dan kesehatan kerja pada kontraktor terutama pada pekerjaan konstruksi sangatlah penting, terutama dalam menjalani program safety talk yang satu ini.

Kita harus selalu mengingatkan dan memberikan arahan kepada pekerja sebelum memulai pekerjaan agar pekerja selalu mengingat bahwa bahaya bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan untuk siapa saja, untuk yang masih bingung menyampaikan pesan safety talk pada pekerjaan konstruksi.

Materi Safety Talk Tentang Potensi Bahaya Kejatuhan

Materi Safety Talk tentang Potensi Bahaya Kejatuhan begitu penting disampaikan agar pekerja tetap waspada karena akhir-akhir ini kita dikagetkan dengan berita meninggalnya warga dikarenakan kejatuhan besi dari pekerjaan proyek waskita, saat tertimpa besi tersebut sebelumnya wanita tersebut sedang berbelanja sayur dipasar Rusunawa.

Materi Safety Talk Tentang Pengoperasian Crane Yang Aman

Materi Safety Talk tentang Pengoperasian Crane adalah suatu pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh operator yang ahli dalam bidang tersebut dalam kategori keselamatan dan kesehatan kerja (K3), apabila crane dioperasikan oleh operaor yang kurang handal bisa-bisa bukan pekerjaan yang selesai malah akan berdampak buruk untuk pekerjaan tersebut.

Lulusandiploma menyarankan agar kita dilapangan menyampaikan safety talk mengenai pekerjaan pengoperasian crane agar untuk kedepannya bisa mewujudkan bekerja yang aman, selamat dan selalu mementingkan keselamatan dan kesehatan kerja.

Materi Safety Talk Tentang Bekerja di Ruang Terbatas

Materi Safety Talk tentang Bekerja di Ruang Terbatas merupakan suatu aktivitas yang beresiko tinggi sehingga diperlukan perhatian yang kuat untuk menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dilokasi kerja. Pada aktivitas ini terdapat beberapa potensi bahaya seperti keracunan gas beracun, kekurangan oxygen dll.

Dari yang telah diberikan semoga kita semua dapat mengingatkan rekan pekerja yang ada dilapangan agar selalu berhati-hati saat melaksanakan pekerjaan ini dan selalu mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.

Materi Safety Talk Tentang Penggunaan Forklift Yang Aman

Materi Safety Talk tentang Penggunaan Forklift adalah alat yang paling utama untuk memudahkan dan melancarkan pekerjaan pengangkatan agar pekerjaan berjalan dengan cepat, tanpa disadari ternyata forklift tersebut memiliki resiko yang tinggi apabila pekerjaan ini tidak dilakukan sesuai dengan prosedure dan mengesampingkan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja.

Materi Safety Talk Tentang Pekerjaan Pengelasan Yang Aman

Materi Safety Talk tentang Pekerjaan Pengelasan harus dilaksanakan sebelum memulai pekerjaan karena memiliki resiko dan dampak yang sangat besar apabila kecelakaan kerja dari pekerjaan ini terjadi dan menimpa diri kita dilapangan, aspek bahaya yang menonjol dari pekerjaan pengelasan yaitu kebakaran, peledakan, bahaya dari asap las dan yang lainnya.

Kita para praktisi HSE diharapkan menyampaikan materi mengenai bahaya bahaya dari pekerjaan pengelasan melalui safety talk harian agar pekerja lebih waspada dan selalu berhati-hati saat mengerjakan pekerjaan yang mempunyai resiko yang tinggi.

Materi Safety Talk Tentang Bahaya Mengambil Jalan Pintas Dalam Bekerja

Materi Safety Talk tentang Potensi Bahaya Tergesa-gesa bisa mencelakakan diri kita, dari pengalaman kita semua, terburu-buru dan tergesa-gesa pada pekerjaan ternyata sangat kecil sekali pengaruhnya terhadap peningkatan produksi kita ini.

Apapun alasannya terburu-buru atau tergesa-gesa akan cenderung membuat kita malah melakukan suatu tindakan yang tidak aman yang dapat mencelakakan diri kita sendiri,

Materi Safety Talk Tentang Penyebab Terjadinya Kecelakaan Kerja

Materi Safety Talk tentang Penyebab Terjadinya Kecelakaan Kerja harus selalu diingatkan agar pekerja selalu berhati-hati saat mengerjakan tugasnya dan tidak gegabah dalam melaksanakan sesuatu. Karena penyebab terjadinya kecelakaan tertinggi yaitu karena faktor manusia (unsafe action) lalu faktor lingkungan (unsafe condition) dan takdir.

Apabila kita selalu mengingatkan akan hal ini dalam safety talk, tujuannya yaitu pekerja selalu melaksanakan pekerjaan sesuai prosedur yang ada dan mereka selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja.

Materi Safety Talk Tentang Bahaya Yang Selalu Mengintai Diri Kita

Materi Safety Talk tentang Potensi Bahaya Dimanapun lokasi tempat kita bekerja pastinya bahaya selalu ada, jinakkanlah bahaya tersebut dengan cara mengidentifikasi sumber bahaya yang ada dan membuat rencana pengendalian.

Materi safety talk kali ini bertujuan untuk memberi motifasi agar kita tidak lupa untuk mengingatkan seluruh pekerja akan bahaya yang ada dilokasi kerja, karna bahaya tersebut bisa menimpa siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

Materi Safety Talk / P5M di Pertambangan

Safety Talk di Pertambangan terutama sektor batubara maupun emas adalah suatu pekerjaan yang memiliki resiko bahaya tinggi, apabila kita tidak mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja pastinya suatu hal yang buruk pasti akan terjadi menimpa diri kita.

Lulusandiploma menyediakan materi safety talk mengenai pekerjaan pertambangan agar kita para praktisi hse mempunyai pandangan mengenai apa yang akan disampaikan dilapangan.

Materi Safety Talk Tentang Material Safety Data Sheet (MSDS)

Materi Safety Talk Material Safety Data Sheet (MSDS) sebenarnya sangatlah penting dilakukan, karena MSDS itu sendiri didalamnya terdapat penjelasan mengenai potensi bahaya apa saja yang terkandung pada material tersebut.

Bagaimana cara pencegahan apabila bahaya tersebut menimpa diri kita dan didalamnya terdapat mengenai penjelasan material kimia berbahaya apa saja yang dipakai.

Materi Safety Talk di Kantor (Office)

Materi Safety Talk di Kantor juga sangat perlu dilakukan mengingat bahaya tidak memandang sedang dimana kita dan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada diri. Tanamkan semaksimal mungkin kesadaran terhadap K3 dan jangan dikebelakangkan. 

Bekerja dikantor memiliki banyak bahaya yang ada contohnya terjatuh dari tangga, mata terlalu lelah karena terlalu lama menggunakan komputer dan lain sebagainya. Oleh sebab itu materi safety talk untuk dikantor ini sangat disarankan untuk dilakukan.

Tata Cara Penyampaian Safety Talk

Yang terakhir kami berikan kepada anda adalah bagaimana cara Penyampaian Safety Talk agar dapat dimengerti, difahami dan pekerja tidak bosan dengan apa yang kita sampaikan. Hal ini sangat perlu difahami agar pekerja saat menghadiri safety talk tidak merasakan jenuh dan pastinya pekerja menjadi mempunyai nilai kesadaran yang amat tinggi terhadap kesehatan dan keselamatan kerja (K3) pada lingkungan disekitarnya terutama pada diri sendiri.

Materi Safety Talk Tentang Pekerjaan Konstruksi

Materi Safety Talk tentang Keselamatan Konstruksi sangat disarankan untuk disampaikan pada meeting atau briefing harian karena sangat berguna untuk meminimalisir agar kecelakaan di lokasi kerja tidak terjadi. Pada dunia konstruksi kita tidak bisa menutup mata akan hal yang banyak terjadi.

Mereka kebanyakan mengebelakangkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Tugas kita sebagai Safety dilapangan alangkah baiknya menyampaikan materi ini agar pekerjaan kita di area konstruksi bisa berjalan dengan aman, selamat dan kita selalu diberi kesehatan.

Materi Safety Talk Tambang Batubara

Materi Safety Talk Tambang Batubara yang telah kami sediakan ini berguna untuk kalian yang kebingunan untuk mencari contoh teks safety talk, karena apabila kita bekerja di pertambangan batu bara banyak sekali terjadi kejanggalan dalam penerapannya dan tugas kita sebagai safety meluruskan kejanggalan tersebut dan mengubah pola fikir bagaimana agar lokasi kerja selalu aman dan selamat.

Materi Safety Talk Tentang Kedisiplinan Karyawan

Materi Safety Talk Tentang Kedisiplinan disarankan untuk dibawakan karena karyawan perlu mendapatkan pengetahuan mengenai pentingnya disiplin untuk diri masing-masing, disiplin dapat meningkatkan kefektifan dalam bekerja, menambah motivasi dalam bekerja serta dapat mencerminkan siapa diri kita sebenarnya.

Materi Safety Talk Tentang HSE Golden Rules Pertamina

Materi Safety Talk HSE Golden Rules dapat dibawakan karena perannya sangat penting untuk meminimalisir segala risiko kecelakaan ditempat kerja, salah satu implementasi perusahaan bagaimana menerapkan lingkungan kerja yang aman agar terciptanya perusahaan yang nihil kecelakaan.

Materi Safety Talk Tentang Kesehatan (Fit to Work)

Materi Safety Talk Fit to work sebisa mungkin disampaikan agar program yang satu ini dapat berjalan. Fit to work dapat membantu Anda untuk mengetahui sejak dini mengenai bagaimana kondisi pekerja yang akan melakukan pekerjaan.

Materi safety talk fit to work sebisa mungkin dipaparkan secara terperinci agar semua yang akan dilakukan tiap tiap pekerja menyadari bagaimana pentingnya mengetahui kondisi fisiknya tersebut dan ini adalah salah satu upaya Anda dalam mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Materi Safety Talk Tentang Ijin Kerja (Permit to Work)

Materi Safety Talk Permit to work salah satu pengendalian yang harus dilakukan setiap melakukan aktifitas pekerjaan, hal ini dapat memonitoring berlangsungnya pekerjaan yang akan dilaksanakan, apa saja pengendalian yang sudah dilakukan dan apa saja kekurangan dari aspek keselamatan yang perlu ditingkatkan

Materi Safety Talk Tentang Berkendara Yang Aman (Safety Driving)

Materi Safety Talk tentang Safety driving yang Lulusan diploma cantumkan tersebut sangat bermanfaat bagi Anda. Risiko tertabrak dan ditabrak adalah suatu yang sering terjadi, oleh karena itu driver harus tau bagaimana cara pencegahan risiko tersebut agar kecelakaan tidak terjadi.

Materi Safety Talk Tentang Bahaya Dehidrasi

Materi Safety Talk Bahaya Dehidrasi yang telah dirangkum sebelumnya diperuntukkan bagi Anda yang sering terjun ke lapangan. Safety talk tersebut biasanya digunakan bagi hse proyek maupun yang bekerja dilingkungan terbuka agar kesehatan tubuh kita selalu tetap terjaga.

Materi Safety Talk Tentang Bahaya Bahan Kimia

Materi Safety Talk Bahaya bahan kimia bagaimana kita menempatkan suata bahan yang harus dijauhkan dari manusia, karena banyak risiko yang mungkin timbul apabila bahan kimia tersebut mengenai kulit atau anggota tubuh dari karyawan.

Materi Safety Talk Tentang Personal Hygine

Materi Safety Talk Personal hygine ini disampaikan karena perusahaan wajib memonitoring bagaimana kebersihan setiap karyawan, apa saja yang harus ditingkatkan dan apa saja yang harus dijaga agar karyawan tetap sehat dan bersih dimanapun berada.

Materi Safety Talk Tentang Pentingnya Rambu K3 (Safety Sign)

Materi Safety Talk Pentingnya safety sign disampaikan untuk meningkatkan pengetahuan dan bentuk dari promosi keselamatan ditempat kerja, agar karyawan selalu ingat akan keselamatan dan kesehatan kerja juga selalu waspada akan bahaya yang selalu mengintai dimanapun kita berada.

Materi Safety Talk Tentang Pencegahan Keracunan Makanan

Materi Safety Talk Keracunan makanan adalah bentuk pengendalian yang ada supaya karyawan tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang masuk kedalam tubuh, kita harus pilah dan pilih makanan mana yang sehat dan menguntungkan untuk diri.

Materi Safety Talk Tentang Bahaya Tumpahan Minyak

Materi Safety Talk Bahaya Tumpahan minyak mungkin banyak dari kita yang masih belum mengetahui bagaimana antisipasi dan pertolongan pertama apabila terkena tumpahan minyak, atau bagaimana cara kita agar minyak yang kita pergunakan tidak membahayakan.

Materi Safety Talk Tentang Pentingnya Sepatu Kerja (Safety Shoes)

Materi Safety Talk Pentingnya safety shoes bisa disampaikan disela sela pembicaraan, karena banyak kejadian karyawan tertusuk paku atau kejatuhan beda yang dapat menimbulkan kecelakaan kerja. alat pelindung diri bisa mengurangi apabila kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

Materi Safety Talk Tentang Kelelahan (Fatigue)

Materi Safety Talk Fatigue sangat bermanfaat dan penting untuk disampaikan karena hal ini bertujuan agar kita selalu mengantisipasi resiko yang ungkin timbul apabila kita terlalu lelah saat bekerja, ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar fatigue tidak terjadi.

Materi Safety Talk Motivasi Tentang Kedisiplinan

Materi Safety Talk Motivasi Kedisiplinan adalah salah satu kepribadian karyawan yang harus dimiliki dalam pekerjaan dalam artian khusu artinya kepatuhan dan ketaatan. Materi Safety Talk tentang Kedisiplinan sangat penting dibawakan agar tingkat kesadaran dan kepedulian pada diri sendiri dalam tanggung jawab yang dimiliki dapat meningkat.

Materi Safety Talk HSE Golden Rules PT Nindya Karya (Persero)

PT. Nindya Karya (Persero) telah memiliki aturan baku mengenai penerapan keselamatan dan kesehatan kerja salah satunya yaitu HSE Golden Rules. Materi Safety Talk tentang HSE Golden Rules dapat dibawakan untuk mengingatkan cara kerja yang aman dalam suatu pekerjaan tersebut.

Dalam memudahkan penyampaian dan agar karyawan mudah mengerti alangkah baiknya materi yang dibawakan dalam sekali pertemuan bisa dijadikan satu topik saja lalu dilanjutkan topik berikutnya di keesokan hari.

Materi Safety Talk Tentang Tata Tertib Memasuki Area

Dalam penyampaian Materi Safety Talk Tata Tertib Memasuki Area Kerja dapat dilakukan dengan detail salah satunya dalam penerapan pelaporan kepada pihak security setiap visitor, tamu ataupun orang lain yang akan memasuki area kerja. Hal tersebut untuk mengetahui personil saat keadaan darurat terjadi dilingkungan kerja.

Materi Safety Talk Tentang Hak Menghentikan Pekerjaan

Materi Safety Talk tentang Menghentikan Pekerjaan dapat kita angkat dalam salah satu pertemuan khusus yang dihadiri oleh seluruh karyawan. Hal ini bertujuan untuk memberitahukan kepada seluruh pekerja bahwa seluruhnya memiliki hak memberhentikan pekerjaan apabila melihat prilaku yang tidak aman maupun kondisi tidak aman dilokasi kerja.

Materi Safety Talk Tentang Lingkungan Akses Kerja Yang Aman

Materi Safety Talk tentang  Akses Kerja Yang Aman menjadi salah satu pembahasan yang dipilih oleh seorang HSE Officer karena berkenaan dengan seluruh aktivitas di lokasi kerja. Sebenarnya tujuan inti dari pelaksanaan safety talk itu sendiri adalah untuk meningkatkan tingkat kesadaran pekerja akan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.

Materi Safety Talk Tentang Pengangkatan (Manual Handling)

Materi Safety Talk tentang Manual Handling sudah beberapa yang telah Lulusandiploma.com rangkum karena tidak ada salahnya seorang HSE selalu mengingatkan akan pentingnya pekerja untuk selalu berhati hati dalam melakukan pengangkatan secara manual dilokasi kerja agar saat pekerjaan dilaksanakan karyawan tetap merasa aman dan nyaman serta terhindar dari suatu kejadian yang dapat merugikan.

Materi Safety Talk Ringan Tentang Penggunaan Scaffolding

Materi Safety Talk tentang Penggunaan Scaffolding mengenai tata cara kerja yang aman agar potensi roboh, terjatuh dari ketinggian ataupun resiko kecelakaan lainnya bisa dihindari. Buatlah karyawan atau pekerja dilingkungan perusahaan sadar akan pentingnya mengutamakan keselamatan dan kesehatan dalam melaksanakan pekerjaan. 

Materi Safety Talk Lock Out Tag Out (LOTO)

Safety Talk tentang Lock Out Tag Out bertujuan agar menjamin penggunaan alat produksi yang berbahaya secara tepat tidak akan menyala dan telah dimatikan pada saat seorang sedang melaksanakan aktivitas pada alat tersebut sehingga kecelakaan kerja dapat diminimalisir sedini mungkin.

Pada setiap perusahan pasti telah memiliki prosedur LOTO yang dijadikan acuan untuk mengunci maupun mengisolasi peralatan produksi ketika akan dilakukan maintenance atau perbaikan.

Apa itu Kondisi Aman dan Prilaku Tidak Aman?

Kondisi tidak aman (unsafe condition) adalah bahaya yang sumbernya dari lingkungan kerja yang tidak aman, risiko tersebut ada pada lingkungan kerja dapat mengakibatkan cidera atau potensi kecelakaan kerja sedangkan Prilaku tidak aman (unsafe action) yaitu sumber bahaya yang datang atau disebabkan dari faktor manusia itu sendiri yang dapat menimbulkan kerugian baik fisik maupun materil untuk orang banyak.

Kondisi tidak aman (unsafe condition) dan Prilaku tidak aman (unsafe action) dapat diminimalisir dengan cara melakukan perubahan pola fikir kepada karyawan mengenai pentingnya prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Apa itu Perbedaan Safety Talk dan Safety Morning

Perbedaan safety talk dan safety morning tidak memiliki perbedaan yang khusus, namun diantara keduanya hanya memiliki perbedaan nama yang mana tergantung perusahaan dalam mengambil tindakan tersebut. Safety talk dan safety morning dilakukan tetap sebelum pekerjaan dilaksanakan sebagai salah satu upaya meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (PAK).

Demikianlah artikel mengenai kumpulan Materi Safety Talk Harian yang dapat dipergunakan dilapangan. tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh.

Selain materi diatas, kami juga telah menyediakan beberapa contoh mengenai Job Safety Analysis (JSA). Apa itu JSA? JSA adalah suatu rangkaian identifikasi bahaya dan pengendalian bahaya yang disambungkan dengan langkah pekerjaan yang akan dilaksanakan. Definisi lain JSA yaitu untuk mengaitkan proses produksi yang akan dilaksanakan dengan penyebab risiko dan pengendalian yang ada serta dengan kata lain Job Hazard Analysis atau JHA. Berikut Kumpulan Contoh JSA

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "46+ Materi Safety Talk"