Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Mengenai Pentingnya Safety Sign Di Area Kerja

safetytalk-nindyakarya
Safety talk
tentang safety sign merupakan salah satu dari sekian point penting yang di perlukan di lokasi kerja. Terutama lokasi - lokasi kerja yang beresiko tinggi memiliki angka kecelakaan kerja, seperti di dunia migas dan pertambangan. Safety sign itu sendiri berupa papan tanda keselamatan yang berfungsi meminimalisir resiko tingkat kecelakaan kerja yang akan terjadi (baca juga: Kumpulan Materi Safety Meeting).

Safety sign seperti penunjukan jalur evakuasi dan titik kumpul menjadi hal utama yang harus menjadi perhatian. Hal ini di sebabkan insiden dapat terjadi dimana saja, kapan saja dan kepada siapa saja. 

Akan menjadi bumerang tersendiri apabila suatu perusahaan meremehkan hal seperti safety sign yang satu ini. Ada beberapa perusahaan yang tidak terlalu men - support aktivitas seorang HSE Officer nya selama di lokasi. 

Jika hal ini terjadi pada perusahaan kamu, maka yang harus kamu lakukan adalah terus mendesak pihak management untuk segera menindak lanjutinya.

Safety sign di buat sesuai dengan peruntukannya. Kamu sebagai HSE harus menilai terlebih dahulu kondisi yang bagaimana dan seperti apa yang akan kamu jadikan titik fokus pembuatan safety sign

Misal, jika lokasi kerjamu berupa ruangan kantor, maka kamu perlu membuat safety sign yang sesuai seperti penghematan kertas, duduk dengan posisi tubuh yang benar, hemat listrik, dan lain sebagainya.

Ketika lokasi kerja kamu di industri minyak dan gas, terutama di plant - plant pemrosesan, kamu bisa berkoordinasi dengan tim HSE yang berada di sana untuk mengamati potensi bahaya apa yang akan muncul. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui safety sign apa yang cocok untuk area kerja kamu.

Safety sign juga menjadi perhatian ketika ada aktivitas inspeksi dan audit baik internal maupun eksternal perusahaan. Sebaiknya kamu benar - benar meng closing safety sign ini sesuai dengan kondisi yang benar - benar nyata.

Safety sign yang kamu inginkan bisa di buat menggunakan kertas laminating, stiker, papan plastik, bahkan papan khusus yang terbuat dari besi pipih.

Intinya, kamu harus pintar - pintar dalam menangani kasus - kasus atau temuan tentang safety sign. Walaupun tampaknya sepele, tapi ini bisa menjadi temuan besar ketika ada inspeksi atau audit (baca juga: Rekomendasi Materi Safety Talk tentang Personal Hygiene). Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaykum...
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Mengenai Pentingnya Safety Sign Di Area Kerja"