Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bahan Materi Safety Talk Harian Penggunaan APD

Kumpulan Materi Safety Talk Harian #1

Bahan Safety Talk Harian Mengenai APD / Alat Pelindung Diri

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu. SEMANGAT PAGI !!!

Pagi ini saya ingin menyampaikan pesan - pesan keselamatan kerja yang terkait dengan bahaya yang ada di lokasi kerja kita ini dan cara pengendaliannya melalui Alat Pelindung Diri / APD.

Bahaya yang selalu mengintai diri kita di lokasi kerja yaitu terbagi menjadi 3 kriteria; bahaya ringan, sedang bahkan sampai dengan bahaya yang fatal, apabila bahaya tersebut menimpa diri kita otomatis dapat menyebabkan kerugian pada diri kita ini yaitu berupa luka fisik bahkan bisa menyebabkan kematian.

Jangan lupa lihat juga : Kumpulan Materi Safety Talk

Maka dari itu melalui safety talk bagi ini saya ingin menganjurkan untuk selalu waspada akan bahaya yang ada, selalu berhati-hati saat bekerja dan selalu gunakan alat pelindung diri sesuai pekerjaan kita.

Pergunakanlah Alat Pelindung Diri yang baik dan benar, mengapa harus Alat Pelindung Diri yang digunakan? Coba yang bisa jawab bisa acungkan tangannya, ya benar, Alat Pelindung Diri digunakan karena APD sendiri termasuk dalam hirarki pengendalian bahaya untuk pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Dari safety talk pagi ini saya ingin mengingatkan bahwa APD tidak mencegah terjadinya kecelakaan akan tetapi alat pelindung diri hanya mengurangi atau menghindari resiko dari kecelakaan tersebut.


Apakah bapak-bapak sekalian sudah menggunakan Alat Pelindung Diri dengan benar? Mari kita test sama-sama, saya akan beri contoh dalam hal yang kecil saja seperti penggunaan helm, apakah kita sudah menggunakannya dengan benar.

Sekarang bapak-bapak pegang sepatu dengan tangan, dan posisikan kepala sampai rata dengan lutut, dari posisi ini apakah ada helm diantara kita yang jatuh ke tanah? Bila ada berarti cara pemasangan helm tersebut belum tepat, hayo kita kencangkan tali perekat yang ada di belakang helm, tali tersebut fungsinya untuk merekatkan antara helm dan kepala kita agar tidak mudah lepas.

Jagalah kepala bapak-bapak sekalian, peliharalah helm dengan baik dan bila alat pelindung diri yang bapak pakai sudah rusak, jangan menunggu kami melihatnya tapi segeralah laporkan agar kami bisa mempersiapkan apd yang baru untuk penggantinya.

Selanjutnya janganlah menulis atau mengecat helm safety bapak-bapak sekalian, karena bila dipandang oleh pekerja yang lain akan terlihat tidak enak dipandang dan mengurangi estetika apalagi sampai melubangi helm safety.

Mungkin sampai sini saja materi safety talk yang bisa saya sampaikan hari ini, selalu berhati hati dalam bekerja, gunakan selalu APD / Alat Pelindung Diri yang sudah disediakan sesuai dengan pekerjaan yang akan kita laksanakan, ingat ada seseorang yang sedang menunggu kepulangan kita dirumah. Semoga kita dihindari dari bahaya bahaya yang selalu mengintai kita di tempat kerja.

Sebelum kita memulai pekerjaan alangkah baiknya kita berdoa menurut kepercayaan dan keyakinan kita masing-masing agar pekerjaan kita hari ini dilancarkan dan kita selalu diberi sehat serta pekerjaan hari ini bisa sesuai target yang kita harapkan, Berdoa dimulai ...

Wabillahitaufik walhidayah wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu. Safety First !!!

Mungkin rekan sekalian membutuhkan contoh materi safety talk berupa video, berikut adalah bahan yang telah kami sediakan untuk rekan-rekan.

Demikian artikel singkat mengenai Bahan Safety Talk Harian, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, dan semoga kita selalu disehatkan dalam memberi kebaikan kepada orang lain.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

3 komentar untuk "Bahan Materi Safety Talk Harian Penggunaan APD"