Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Mengenai Tata Tertib Memasuki Area Proyek

safety-talk-tata-tertib-proyek
Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul melaksanakan safety talk hari ini, semoga kita semua yang mengikuti safety talk / tool box talk / safety morning selalu diberikan kesehatan, keselamatan dan selalu dalam perlindungan Allah subhanahu wata a'la. Pemaparan materi safety talk yang akan disampaikan mengenai tata tertib memasuki area proyek PT. Nindya Karya (Persero) pembangunan jaringan irigasi D.I batang asai paket 1 serta pekerjaan yang akan dilaksanakan, apa saja potensi bahaya yang ada dan bagaimana cara pengendalian kita sebagai karyawan.

Dari bapak dan ibu peserta safety talk pagi hari ini apakah ada yang mengetahui apa saja aturan atau tata tertib yang ada apabila seseorang memasuki area proyek? Ada 10 point yang harus kita pastikan apabila karyawan, pekerja, visitor memasuki area proyek, antara lain;

1. Setiap orang yang memasuki area proyek baik karyawan, pekerja, visitor wajib mengikuti safety induction
Safety induction ini sudah diatur dalam peraturan undang undang no 1 tahun 1970 pasal 9 tentang pembinaan yaitu;  pengurus diwajibkan menunjukkan dan menjelaskan pada tiap tenaga kerja baru mengenai kondisi bahaya, pengaman dan apd yang harus digunakan, cara dan sikap yang aman.

Safety induction ini dilakukan agar karyawan bahkan seluruh orang yang akan memasuki area proyek faham akan potensi bahaya yang ada, bagaimana cara dan sikap dalam mengendalikan potensi bahaya tersebut, cara pencegahan kecelakaan kerja, proteksi kebakaran serta peningkatan pengetahuan mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lingkungan perusahaan.

2. Setiap tamu yang memasuki area proyek wajib melaoor ke petugas security
Point kedua yaitu siapapun yang memasuki lingkungan proyek diwajibkan untuk melapor ke petugas securty agar bisa tertada apabila keadaan darurat terjadi, kita semua harus mengantisipasi sedini mungkin agar kecelakaan atau keadaan darurat yang mungkin terjadi bisa kita minimalisir sedini mungkin (baca juga: Kumpulan Artikel Safety Talk).

3. Wajib menggunakan kartu tanda pengenal yang diberikan saat memasuki area proyek
Kartu tanda pengenal atau biasa yang kita sebut sebagai ID Card juga tidak kalah penting fungsinya, selain untuk tanda pengenal setiap karyawan id card juga dapat mendukung image dan formalitas perusahaan. diwajibkan dimanapun kita memasuki area kerja harus memakainya dan hindari untuk mengebelakangkan hal yang seperti ini.

4. Wajib menggunakan alat pelindung diri (APD) selama berada di area kerja proyek
Alat pelindung diri memiliki peran penting bagi karyawan saat bekerja, walaupun alat pelindung diri ini tidak dapat untuk menghilangkan namun bisa untuk mengurangi apabila kecelakaan terjadi. Contoh kecilnya ada kaki yang tertusuk paku, bandingkan sesorang yang tertusuk paku tapi menggunakan sepatu sama yang tertusuk paku dengan tidak beralaskan kaki sama sekali.

5. Wajib mematuhi rambu-rambu yang telah terpasang
Rambu yang telah terpasang adalah bentuk dari salah satu hirarki pengendalian yang ada yaitu administatif, hal tersebut bertujuan agar karyawan atau tamu yang memasuki area proyek tetap mengedepankan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta sebagai salah satu implementasi dalam pencegahan kecelakaan ditempat kerja.

6. Dilarang merokok diseluruh area proyek, kecuali ditempat khusus merokok yang telah disediakan
Kenapa merokok dapat dilarang diarea proyek? selain bahaya kesehatan kita juga harus perduli akan bahaya lainnya yang mungkin terjadi apabila kita merokok pada area proyek, khususnya bahaya kebakaran, pencemaran udara serta banyak kasus yang menunjukan bahwa puntung rokok menjadi salah satu penyebab housekeeping buruk.

7. Dilarang membawa senjata api dan senjata tajam
Point ketujuh yaitu dilarang membawa senjata api dan senjata tajam, karena hal tersebut dapat menimbulkan keresahan kepada karyawan, bisa menimbulkan kekerasan serta hal ini bisa dituntut dengan hukum.

8. Dilarang minum minuman keras, menggunakan narkoba, berjudi, berkelahi dan melakukan tindakan asusila
Dari salah satu kebijakan yang kita miliki hal ini menjadi salah satu perhatian perusahaan, melarang keras setiap aktivitas penyalahgunaan obat obatan terlarang dan alkohol dalam setiap kegiatan perusahaan, kita dituntut menerapkan program pencegahan dan melakukan pemeriksaan rutin secara berkala agar point 8 ini tidak terjadi di area perusahaan.

9. Seluruh peralatan dan kendaraan yang berada diarea proyek hanya dapat dioperasikan oleh petugas yang kompeten dan telah memiliki izin pimpinan proyek
Siapapun yang ingin menggunakan kendaraan atau peralatan pastikan kita semua sudah layak atau kompeten untuk mengoperasikannya, karena apabila kita asal mempergunakan dan tidak mengetahui apasaja fungsi serta kegunaannya hal tersebut dapat menimbulkan risiko yang menyebabkan kerugian bagi perusahaan.

10. Setiap orang yang memasuki area proyek wajib menjaga kebersihan dan kerapihan
Siapapun wajib untuk menjaga kebersihan dan kerapihan dilingkungan kerja, karena agar kita selalu bersih, sehat dan nyaman dalam melaksanakan apapun pekerjaan yang akan kita lakukan.

Dari pemaparan materi safety talk pagi ini mengenai 10 point tata tertib memasuki area proyek saya harapkan dapat dilaksanakan, dan apabila ada penyimpangan diarea kerja kita mohon untuk dilaporkan karena keselamatan dan kesehatan kerja bukan untuk petugas keselamatan saja namun untuk kita semua (baca juga: Materi Safety Talk tentang HSE Golden Rules)

Materi safety talk yang disampaikan saya rasa cukup kita lanjut mengenai rencana kerja yang akan dilaksanakan pada hari ini, bahaya apa saja yang mungkin terjadi dan bagaimana sikap kita untuk melakukan pengendalian dari bahaya tersebut. Tetap semangat saat bekerja, tetap utamakan keselamatan dan semoga target yang sudah kita rencanakan semua berjalan tanpa kendala. Nindya toward the excellent!
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Mengenai Tata Tertib Memasuki Area Proyek"