Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Form Checklist Inspeksi Kotak P3K

Contoh Formulir Checklist Inspeksi P3K, First Aid Box atau sering kita kenal dengan peralatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan adalah suatu alat bantu untuk memastikan peralatan sesuai dengan Per-15/Men/VIII/2008. Karena pada prinsipnya alat yang dibutuhkan dalam pertolongan pertama sudah diatur dalam Peraturan Menteri tersebut, oleh karena itu Lulusandiploma akan mengangkat materi perihal Contoh Form Checklist Kotak P3K agar para praktisi HSE khususnya lulusan baru tidak kebingungan dalam pemeriksaan.peralatan 

Dalam melakukan inspeksi kotak P3K dapat menggunakan form checklist perusahaan dan pelaksanaannya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan apakah 1 minggu, 1 bulan ataupun 3 bulan sekali, semua tergantung dari rencana yang telah dibuat. Tidak ada kata lain inspeksi ini bertujuan untuk memelihara dan memastikan bahwa kotak P3K sesuai dengan prosedur dan peraturan yang ada.

Banyak HSE Officer ataupun HSE Inspector kebingungan mengenai item apa saja yang tertera dalam pemeriksaan kelayakan kotak P3K. Oleh karena itu Lulusandiploma bertujuan untuk menggambarkan mengenai item yang akan diperiksa apakah sudah layak dengan peraturan yang ada ataukah masih belum.

Sebelum masuk kedalam contoh silahkan disimak penjelasan yang telah Lulusandiploma rangkum sebelumnya mengenai Module Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan agar kalian lebih memahami mengenai fungsi dan manfaat P3K itu sendiri. Berikut penjelasan yang dapat disampaikan mengenai Contoh Form Checklist Inspeksi Kotak P3K.

Tujuan P3K / Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

Dalam prinsipnya pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) memiliki beberapa tujuan yang harus kalian ketahui, tujuan tersebut antara lain yaitu:

1. Mencegah agar cidera yang ditimbulkan dari kecelakaan tidak semakin parah

Yang pertama tujuan dari pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dilakukan kepada orang yang mengalami kecelakaan kerja yaitu untuk mencegah agar luka yang dialami dari kecelakaan tersebut tidak semakin parah. Penolong dapat memberikan bantuan untuk mengatasi luka yang diderita supaya dapat teratasi secepatnya.

2. Menghentikan pendarahan

Yang kedua dari tujuan pertolonga pertama pada kecelakaan (P3K) adalah untuk menghentikan pendarahan. Bagaimana tidak, apabila seorang yang sedang terluka dan mengalami pendarahan apabila tidak dilakukan penanganan secepat mungkin bisa saja mengakibatkan efek yang serius.

3. Menjaga fungsi saluran pernafasan

Fungsi saluran pernafasan apabila tidak bekerja dengan optimal dapat menyebabkan kematian bagi seseorang. Oleh karena itu Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan memiliki tujuan salah satunya yaitu menjaga fungsi dari saluran pernafasan itu sendiri.

4. Mencegah infeksi

Apabila seseorang mengalami kecelakaan kerja yang dapat berakibat infeksi pada luka penolong dapat sesegera mungkin untuk melakukan tindakan agar tidak menimbulkan efek yang lebih serius pada si korban.

5. Mengurangi nyeri dan rasa sakit

Yang terakhir dari tujuan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) adalah mengurangi nyeri dan rasa sakit, karena kecelakaan yang menimpa seseorang dapat menimbulkan nyeri dan rasa sakit. Apabila tidak dilakukan pertolongan sedini mungkin efeknya bisa saja membuat kondisi kesehatan korban semakin memarah.

Tujuan Inspeksi Kotak P3K

Inspeksi peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan P3K sangat diperlukan dalam suatu perusahaan untuk memastikan tidak adanya barang yang kadaluarsa, rusak ataupun habis saat mau dipergunakan. Selain dari pada itu inspeksi kotak P3K juga dapat mendeteksi sedini mungkin apa saja potensi kegagalan dalam peralatan yang tersedia.

Jumlah isi dari kotak P3K juga harus sesuai dengan total karyawan yang ada didalam suatu perusahaan. Coba saja bayangkan pada suatu perusahaan yang memiliki 100 pekerja sedangkan hanya memiliki isi sedikit dan tidak sesuai dengan Per-15/Men/VIII/2008 yang sudah ada.

Jadi para praktisi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) alangkah baiknya membuat program-program yang berkaitan untuk meminimalisir agar kecelakaan kerja tidak terjadi dilingkungan perusahaan. Baca juga mengenai Contoh Program K3 yang dapat kita lakukan agar teciptanya lingkungan kerja yang aman dan nyaman.

Contoh Formulir Checklist Inspeksi Kotak P3K

Berikut Lulusandiploma lampirkan mengenai Contoh Formulir Checklist Inspeksi Kotak P3K untuk menjadi referensi dilapangan agar lebih mudah dalam melakukan pemeriksaan peralatan keselamatan dan sesuai dengan peraturan yang ada.

form-checklist-kotak-p3k

Didalam formulir checklist tersebut sudah tercantum beberapa item yang dibutuhkan pada kotak P3K yang telah tersedia dan telah dibagi menjadi 3 golongan yang setiap golongan memiliki jumlah serta item yang berbeda juga menyesuaikan dari jumlah karyawan yang ada.

Usahakan dalam pelaksanaan inspeksi terkait perawatan segala peralatan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dilakukan secara berkelanjutan agar kita selalu berkomitmen untuk mewujudkan cita-cita perusahaan yaitu menciptakan lingkungan kerja yang bersih, nyaman, aman dan tidak ada kecelakaan ditempat kerja.

Nah itulah Contoh Formulir Checklist Inspeksi Kotak P3K yang dapat Lulusandiploma berikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dipergunakan sebagaimestinya dilapangan tempat anda bekerja. Tetap semangat dan selalu utamakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Contoh Form Checklist Inspeksi Kotak P3K"