IBX5B54BCC389CD2 Bahan Materi Safety Talk Harian Mengenai Housekeeping Bag5 - Lulusandiploma.com

Bahan Materi Safety Talk Harian Mengenai Housekeeping Bag5


Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, 
SEMANGAT PAGI !! SEMANGAT PAGI !! SEMANGAT PAGI !!

safety-talk-kontraktor
Project Pertamina (Persero) TBBM Banjarmasin

Pagi ini tema safety talk / briefing harian yang akan kita bahas yaitu mengenai kebersihan lokasi kerja atau housekeeping, hal ini sangat penting kita terapkan di lokasi kerja karena fungsinya untuk merawat dan menjaga kebersihan serta kerapihan lokasi agar saat kita bekerja tetap aman dan nyaman juga memperindah seluruh lingkungan.

Coba kita renungi sejenak bagaimana bila lingkungan kerja kita ini kotor, sampah dimana mana, peralatan tidak tertata rapih pastinya kita melihat saja sudah enggan, bekerja mulai malas dan otomatis resiko terjadinya kecelakaan kerja seperti tersandung, tertusuk dll menjadi besar. Baca juga cara menjaga kesehatan anda

Housekeeping tidak hanya untuk memelihara kebersihan, tetapi hal ini juga dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja, bila kita ingin memaksimalkan kebersihan lokasi kerja kita ini catatlah rumus yang akan saya berikan, kita bisa menerapkan housekeeping dengan penerapan 5R.

Apakah bapak-bapak sudah mengenali dan mengetahui apa itu 5R?

1. Ringkas
Ringkas bisa kita maknakan dengan memilih atau memilah antara barang yang masih terpakai dengan yang sudah tidak terpakai, kita bisa tanyakan pada diri sendiri dilokasi kerja kita apakah disini ada barang yang rusak? apakah disini ada barang yang sudah tidak terpakai? Apakah disini ada barang yang tidak layak pakai? dan ada catatan penting yaitu apakah ada barang yang terselip? apakah ada peralatan yang tersembunyi? apakah ada peralatan atau bahan disela sela mesin?

Untuk mencapai target dari rumus yang pertama, kita bisa tanyakan juga pada diri kita sendiri mengapa barang tersebut ada dilokasi kerja saya? apakah barang ini masih digunakan? berapa seing barang ini digunakan? Bila kita sudah menemukan jawabannya dan ternyata barang tersebut tidak ada kaitannya dengan pekerjaan atau tidak digunakan lagi segera singkirkan barang tersebut dan ditaruh pada tempatnya atau sudah tidak berfungsi bisa kita buang.

2. Rapi
Mungkin bapak-bapak disini sebagian besar sudah menerapkan rumus yang satu ini, hal ini melakukan pengaturan lokasi kerja dan penempatan peralatan dengan sasaran penempatan dan tata letak yang efisien sehingga suatu saat bila peralatan tersebut kita perlukan, kita tidak perlu repot-repot mencari kesana kemari karena kita lupa menaruhnya.

3. Resik
Resik bisa kita artikan dengan menghilangkan sampah-sampah dilokasi kerja kita juga menghilangkan barang asing agar memperoleh suasana lokasi kerja yang lebih bersih juga aman dari kecelakaan kerja. baca juga: agar tubuh selalu sehat dalam bekerja

4. Rawat
Rumus yang keempat yaitu kita dianjurkan merawat atau memelihara lokasi kerja kita yang sudah baik, bersih dan rapih agar selalu terpelihara sebagaimana mestinya.

5. Rajin
Nah yang terakhir yaitu rajin atau membiasakan suatu kebiasaan dari rumus rumus diatas, seperti selalu memilah peralatan, melakukan pengaturan penempatan, menhilangkan sampah dilokasi kerja dan merawat peralatan dan lokasi kerja kita.


Apabila rumus diatas sudah dilaksanakan dengan baik, saya pastikan lokasi kerja kita akan aman dari yang namanya kecelakaan, akan jauh dari yang namanya ketidaknyamanan dan yang saya takutkan bapak-bapak sekalian saking nyamannya bekerja sampai lupa akan pulang!

Harapan kita hari ini tidak ada kecelakaan kerja, kita datang dengan sehat, bekerja dengan aman dan pulang dengan selamat, dan pesan dari saya selalu berhati-hati saat bekerja, buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan dan sesuai dengan jenisnya juga bekerjalah sesuai petunjuk atau prosedure yang ada.

Mungkin sampai sini saja penjelasan yang bisa saya sampaikan pada safety talk pagi ini, semoga pekerjaan bapak-bapak sekalian dilancarkan dan sesuai target, mari sebelum kita memulai pekerjaan alangkah baiknya kita berdoa menurut kepercayaan dan keyakinan kita masing-masing, berdoa dimulai.
Demikianlah artikel Bahan Materi Safety Talk Harian Mengenai Housekeeping | lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "Bahan Materi Safety Talk Harian Mengenai Housekeeping Bag5"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel