Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Mengenai Tumpahan Minyak (Spill Oil)

tool-box-talk-nindyakarya
Materi safety talk yang akan di bahas kali ini ialah mengenai tumpahan minyak (spill oil). Tumpahan minyak biasanya terjadi pada industri minyak dan gas terutama saat eksplorasi. Apabila drilling tools dan production equipment yang di pasang mengalami masalah, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi semburan liar berupa campuran antara air, minyak dan gas, atau nama kerennya di sebut dengan hidrokarbon (baca juga: Materi Safety Talk Terbaru).

Tumpahan minyak hasil industri minyak dan gas cukup sulit untuk di tanggulangi. Di karenakan akan membutuhkan teknologi yang tinggi, resiko yang tinggi dan biaya yang besar. Apalagi jika tumpahan minyak terjadi di offshore. 

Biota yang ada di bawah laut akan terancam rusak dan pastinya mencemari lingkungan. Selain itu jika offshore di operasikan tidak jauh dari daratan, maka akan menurunkan tangkapan ikan para nelayan yang ada di sekitar pantai.

Namun tumpahan minyak yang akan kami bahas kali ini berhubungan erat dengan industri catering. Tumpahan minyak atau spill oil biasa di terjadi di area dapur, karena penggunaan minyak goreng menjadi aktivitas rutin untuk operasional di dalamnya. 

Jika jumlahnya minyak yang tumpah sedikit, maka kamu bisa segera mengelap kering dengan cepat. Akan tetapi, jika tumpahan minyak jumlahnya cukup banyak, kamu akan sedikit mengerahkan tenaga untuk mengelap kering lantai tersebut. Kamu bisa menggunakan koran bekas terlebih dahulu sebelum mengelapnya dengan kain pel.

Walaupun tampaknya remeh, tumpahan minyak memiliki potensi bahaya yang cukup menjadi perhatian, seperti terpeleset dan terjatuh. Apabila posisi korban yang terpeleset dan terjatuhnya salah, maka dapat berakhir kematian.

Penting untuk semua petugas yang ada di dapur untuk mengetahui cara mengendalikan tumpahan minyak goreng di lantai. Mengapa ? Sebab untuk meminimalkan potensi bahaya yang ada, juga menghindari datangnya hama. 

Hama yang menyukai bau bekas minyak goreng ialah kecoa. Kecoa akan datang dengan senang hati apabila ada bekas tumpahan minyak yang tidak di bersihkan dengan baik dan benar. Untuk mencegah agar tumpahan minyak tidak menimbulkan bahaya, yang perlu di lakukan di antaranya sebagai berikut :

1. Membersihkan tumpahan minyak dengan koran bekas terlebih dahulu. Koran di nilai mampu menyerap minyak sehingga lebih mudah di bersihkan. Setelah itu, pel lantai dengan air bersih berdesinfektan.

2. Membersihkan lantai dapur setiap sebelum dan setelah memasak.

3. Menggunakan alat pelindung diri berupa sepatu safety anti licin.

4. Memberi safety sign "lantai licin" setelah membersihkan lantai.

Yang di atas merupakan beberapa hal yang bisa di sampaikan pada saat safety talk atau toolbox meeting. Tentu saja hal tersebut tidak bisa di terapkan untuk tumpahan minyak pada pengeboran atau produksi minyak dan gas (baca juga: Materi Safety Talk Pencegahan Keracunan Makanan).

Baiklah, sekian materi safety talk mengenai tumpahan minyak (spill oil). Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat, wassalamu'alaykum...
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Mengenai Tumpahan Minyak (Spill Oil)"