IBX5B54BCC389CD2 Materi Safety Talk Mengenai Dehidrasi - Lulusandiploma.com

Materi Safety Talk Mengenai Dehidrasi


Assalamu'alaykum...

Teman - teman lulusandiploma yang bekerja sebagai HSE Officer mungkin sedikit kesulitan untuk mencari bahan atau materi safety talk untuk pekerjaan keesokan hari atau bahkan hari ini. Ada begitu banyak materi toolbox meeting yang bisa teman - teman sampaikan. Teman - teman dapat memberikan materi tentang kesehatan. Untuk kali ini, lulusandiploma akan mengulas materi safety talk tentang dehidrasi.

Baca Materi Safety Talk Mengenai House Keeping

Air adalah kebutuhan yang paling penting bagi seluruh makhluk hidup, baik itu manusia, hewan dan tumbuhan. Bahkan hewan bersel satu juga akan membutuhkan air untuk bertahan hidup. Pernah di katakan bahwa manusia mampu bertahan hidup tanpa makan selama empat puluh hari, namun akan mati jika tidak mengonsumsi air selama tiga hari.

Baca Materi Safety Talk Mengenai Safety Driving

Tidak akan terkejut jika kita mengetahui bahwa Bumi di ciptakan sebagian besar terdiri dari air. Bahkan tubuh manusia lebih dari separuhnya terdiri dari air juga. Sepenting itu air bagi makhluk hidup, maka akan sangat merugikan kesehatan jika tubuh kita kekurangan air.

Baca Tugas / Tanggung Jawab HSE Food and Beverages

Saat bekerja atau beraktivitas, tubuh kita akan mengeluarkan zat sisa berupa keringat. Ketika tubuh bekerja selama beberapa waktu, tubuh akan merasa lelah. Ternyata dehidrasi saat bekerja bisa menyebabkan kecelakaan kerja di lokasi pekerjaan. Dehidrasi itu sendiri dapat menyebabkan menurunnya tingkat kefokusan kita terhadap pekerjaan. Hal ini berpengaruh pula terhadap produktivitas kinerja kita di lokasi.

Baca Materi Safety Talk Mengenai Permit To Work

Adapun beberapa manfaat air bagi tubuh manusia, di antaranya sebagai berikut :

1. Tubuh Terasa Lebih Sehat

Mengonsumsi air minum dengan cukup akan membuat tubuh lebih sehat dari sebelumnya. Mengapa ? Hal ini di sebabkan oleh fungsi air di dalam tubuh manusia, yaitu air akan membantu mendistribusikan nutrisi ke seluruh tubuh manusia, sehingga nantinya akan meringankan kerja ginjal. Nah, untuk mencegah adanya gangguan, kesehatan pada ginjal, sebaiknya teman - teman mengonsumsi air putih dengan cukup.


2. Mencegah Keriput

Salah satu manfaat air bagi tubuh juga untuk mencegah keriput, karena air membantu menjaga kulit agar tetap tampak awet muda. Teman - teman tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk datang ke tempat perawatan, bukan ?


3. Mempertahankan Bentuk Tubuh

Air ternyata bisa di gunakan untuk program diet. Air sendiri tidak memiliki kalori yang membuat tubuh teman - teman akan menggendut. Air di ciptakan untuk terbebas dari lemak, bebas pula dari kolesterol jahat dan juga bisa membantu menguraikan lemak yang tersimpan di dalam tubuh. teman - teman bisa langsing jika mengganti konsumsi minuman soda dengan air putih. Bisa hemat !


4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain berfungsi mendistribusikan nutrisi ke seluruh tubuh, air juga berfungsi untuk membantu pembuangan racun hasil metabolisme tubuh seperti feses. Dengan mengonsumsi air yang cukup, kamu bisa menghindari penyakit - penyakit yang menyerang sistem pencernaan seperti penyakit magh dan sembelit.



Di sarankan teman - teman lulusandiploma untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas atau 2 liter dalam waktu satu hari. Teman - teman dapat membiasakan diri dengan mengganti minuman favorit teman - teman yang berupa kopi, teh manis atau sejenis alkohol, dengan minuman air putih yang tentunya  lebih sehat dan mengandung segudang manfaat. Hal ini juga untuk mengurangi tingkat terjadinya kecelakaan di lingkungan kerja akibat berkurangnya konsentrasi karena dehidrasi.

Baca Materi Safety Talk Mengenai Tumpahan Minyak (Spill Oil)

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaykum...

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel