IBX5B54BCC389CD2 Materi Safety Talk Mengenai House Keeping - Lulusandiploma.com

Materi Safety Talk Mengenai House Keeping

Assalamu'alaykum...

Mungkin sebagian dari teman - teman lulusandiploma sudah pernah mendengar mengenai materi - materi safety talk atau safety meeting atau toolbox meeting dan lain sebagainya. Dari sekian banyaknya materi safety talk, ada baiknya teman - teman lulusandiploma menyampaikan materi mengenai house keeping yang baik di area kerja.

Baca juga Materi Safety Talk Mengenai Safety Driving

Sebenarnya house keeping itu apa sih ?

House keeping itu sendiri termasuk ke dalam pembenahan area kerja agar semua pekerja dapat beraktivitas dengan aman, nyaman dan tanpa cidera. Pembenahan area kerja merupakan hal yang sangat penting. Bukan hanya di rumah, pentingnya pengaturan tata letak sangat berpengaruh di tempat kamu bekerja.

Lalu apakah yang akan terjadi apabila di area kerja kamu di dapati house keeping yang buruk ?
Tentunya dapat menyebabkan cidera atau kecelakaan kerja. House keeping tampaknya memang sepele, namun akan fatal akibatnya jika sampai terjadi kecelakaan kerja akibat house keeping yang buruk.

House keeping bisa di mulai dari ruangan kerja kamu. Seperti tata letak meja, kursi dan lemari yang tidak menghalangi pintu masuk ke dalam ruangan. Adapun seperti kabel listrik yang tergeletak tidak rapih di lantai, bisa kamu alihkan dengan membuat jalur khusus kabel listrik di dinding menggunakan paku tembok.

Jika kamu bekerja di lapangan terbuka seperti pada lokasi - lokasi RIG di darat (onshore), kamu bisa mendiskusikan masalah house keeping dengan pihak logistik dari perusahaan tempatmu bekerja. Seperti penempatan pipa - pipa produksi yang sebaiknya berada di luar gudang, karena untuk memudahkan saat pengambilan dan penyimpanan. Lalu seperti penempatan bahan - bahan kimia yang mudah berubah fasa, kamu bisa simpan di dalam gudang. Untuk peralatan yang berukuran besar dan berat, bisa kamu letakkan di area terbuka, namun untuk menghindari rusaknya peralatan tersebut, kamu bisa buatkan semacam atap non permanen di atasnya guna melindungi dari terik matahari dan turunnya hujan.

Baca juga Tugas/Tanggung Jawab HSE Food And Beverages

House keeping juga dapat kamu lakukan dengan menyusun peralatan berdasarkan ukuran, fungsi dan tipenya. House keeping yang baik akan memudahkan kamu untuk mencari dan menemukan benda yang kamu inginkan di gudang penyimpanan.

Apabila di area kerja kamu tidak memiliki house keeping yang baik, dapat terjadi hal - hal sebagai berikut :

1. Pekerja cidera karena terjatuh, tersandung dan terantuk benda yang di letakkan begitu saja

2. Kesulitan menemukan benda yang di cari di karenakan penempatan di lakukan sembarangan

3. Menurunkan produktivitas kerja, karena waktu yang ada, di habiskan untuk mencari benda

4. Mengurangi nilai produktivitas kerja individu, karena poor house keeping di perusahaan sebelumnya

5. Kinerja kamu sebagai karyawan akan di nilai buruk, baik oleh atasan maupun karyawan yang lain

6. Di khawatirkan akan menjadi kebiasaan yang buruk untuk perusahaan selanjutnya yang menjadi incaran kamu 


Hal - hal yang dapat kamu lakukan agar terciptanya house keeping yang baik di area kerja kamu, akan kami ulas sebagai berikut :

1. Mulailah dari diri sendiri menjaga kebersihan dan kerapihan. Buatlah cleaning schedule.

2. Beritahu kepada seluruh karyawan, bahwa pemeliharaan house keeping adalah tanggung jawab setiap personel. Karena jika hanya satu atau dua orang saja yang mengemban pembenahan, maka hasilnya tidak akan maksimal.

3. Lakukan pemisahan antara benda - benda yang berbahaya dan mudah terbakar.

4. Perapihan dan penyusunan area gudang penyimpanan dan lakukan inventory oleh pihak yang bersangkutan.

5. Lebih teliti saat akan memulai pekerjaan, dengan menilai potensi bahaya apa saja yang akan muncul saat aktivitas di mulai.

6. Melakukan safety talk mengenai good house keeping agar pekerja selalu ingat.

7. Membuat laporan apabila terjadi cidera dan kecelakaan kerja akibat house keeping yang buruk, agar segera di lakukan tindakan perbaikannya.

 
Baiklah, itu saja sedikit materi safety talk mengenai house keeping dari lulusandiploma. Di harapkan teman - teman dapat menerapkan house keeping baik di tempat tinggal maupun di area kerja masing - masing. House keeping yang baik akan mencerminkan terjalinnya kerja sama yang baik pula antar pekerja yang ada di dalamnya.
Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaykum...

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel