IBX5B54BCC389CD2 Bahan Materi Safety Talk Untuk Pekerjaan Pengelasan - Lulusandiploma.com

Bahan Materi Safety Talk Untuk Pekerjaan Pengelasan

Safety Talk PT. Bina Bahana Gemilang

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, Safety Safety Safety! Yesssss! Semangat Pagi! pagi ini saya akan mengangkat materi mengenai keselamatan dan kesehatan kerja pada pekerjaan pengelasan, apakah bapak-bapak sekalian tahu apa saja bahaya yang ada dari pekerjaan ini?

Ya benar, bahaya yang terdapat pada pekerjaan pengelasan adalah percikan api, pencemaran udara, shock listrik / kesetrum, gas bertekanan, radang mata karena sinar dan potensi peledakan dan kebakaran untuk pekerjaan pengelasan ini juga adalah resiko yang akan dihadapi dalam pekerjaan ini. Baca juga cara melindungi diri dari sakit

Kita harus memberikan perhatian khusus dalam aspek keselamatan dan kesehatan kerja untuk mengurangi bahaya dan resiko yang mungkin akan terjadi pada pekerjaan pengelasan ini.

Alat pelindung diri seperti pelindung mata, helm, sarung tangan las dan pelindung muka harus selalu digunakan! Pelindung muka ini juga harus menutupi seluruh bagian wajah dan mata serta alat ini dipergunakan kepada operator las dan pekerja yang membantu pekerjaan pengelasan.

Material, Zat-zat atau barang yang mudah terbakar harus disingkirkan terlebih dahulu dari area pengelasan, lalu mintalah gas test kepada HSE yang bertanggung jawab dan pastikan sebelum memulai pekerjaan ini tidak ada kandungan gas dilokasi, baca juga: materi Safety Talk mengenai keselamatan kerja penggunaan forklift

Bila pekerjaan pengelasan ini dilakukan ditempat yang tinggi, buatlah alat pijak dan pakailah body harness, serta buatlah rambu pengaman yang menjelaskan bahwa setiap orang harus menjauh dari lokasi tersebut karena lokasi sedang digunakan untuk pekerjaan high risk, hal ini untuk menghindari orang terkena percikan api atau kerak las dari atas.

Bersangkutan pada hari ini yaitu pekerjaan bapak-bapak sekalian adalah pengelasan diruang tertutup, sebaiknya sebelum bekerja bapak harus hubungi saya atau HSE yang lain untuk melakukan gas test dan meminta pemantauan atau pengawasan untuk bapak-bapak yang bekerja agar pekerjaan lebih kondusif dan lebih aman, hubungi kepala kerja agar menyediakan alat bantu pernafasan yang dibutuhkan, dan sediakan harness pengaman untuk menghubungkan ke tali pengaman.

Mungkin sampai sini masih ada yang kurang jelas dan bila ada pertanyaan saya persilahkan bapak-bapak tunjuk tangan dan ajukan pertanyaan tersebut.

Bila tidak ada, saya akhiri safety talk singkat hari ini, semoga bapak-bapak bisa bekerja dengan aman dan selamat sehingga tidak ada kecelakaan kerja, mari sebelum kita memulai pekerjaan sebaiknya kita berdoa menurut keyakinan agar pekerjaan dilancarkan, berdoa dimulai, baca juga: kumpulan bahan materi Safety Talk harian

Demikianlah artikel mengenai Materi Safety Talk Harian Pengelasan | lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "Bahan Materi Safety Talk Untuk Pekerjaan Pengelasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel