Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Mengenai Akses Area Kerja Yang Aman

tool-box-talk
Bertemu lagi dalam program safety talk yang setiap hari kita laksanakan, semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah subhanahu wata a'la, selalu diberikan kesehatan, keselamatan bahkan keamanan saat kita bekerja. Pada kesempatan kali ini saya ingin mengangkat materi safety talk mengenai bagaimana akses area kerja yang aman.

Untuk rekan-rekan yang menghadiri safety talk pada pagi hari ini apakah ada yang dapat menjelaskan apa yang dimaksud dari akses area kerja itu? ya akses area kerja adalah jalur atau jalan yang disediakan sebagai lajur mobilisasi pekerja, karyawan bahkan orang lain. Dalam kegiatan konstruksi akses harus disediakan dengan rapih agar tidak mengganggu segala aktifitas serta harus disiapkan dan ditentukan dengan baik.

Lalu bagaimana bila akses tersebut kurang baik? apa saja resiko yang dapat ditimbulkan? potensi bahaya yang dapat timbul antara lain yaitu; tersandung, terjatuh, tergores benda, tertabrak, tertusuk, kejatuhan benda bahkan tersengat listrik dari sumber listrik yang menghalangi jalur atau akses mobilisasi.

Maka dari itu rekan yang hadir dalam safety talk pagi ini diharapkan untuk memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dari setiap aktvitas mobilisasi entah itu untuk tenaga kerja, alat, bahan atau yang lain sebagainya (baca juga :Kumpulan Contoh Materi Toolbox Meeting)

1. Akses harus aman bebas dari gangguan atau hambatan seperti peletakan material yang tidak rapi, kabel dan socket yang melintang dilantai, tumpukan sampah dan lain lain.

2. Akses harus dibuat dengan mempertimbangkan kemudahan gerak pekerja, mobilisasi material, alat transportasi serta kemudahan dalam proses evakuasi apabila terjadi keadaan darurat atau mendesak.

3. Akses harus dilengkapi dengan rambu petunjuk jalur evakuasi atau keadaan darurat.

4. Apabila terdapat pekerjaan pada malam hari, maka akses harus dilengkapi dengan penerangan yang cukup.

5. Apabila terdapat pekerjaan yang dilakukan disekitar atau di atas akses area kerja, maka sepanjangan pekerjaan tersebut harus dilengkapi dengan rambu rambu peringatan dan keselamatan.

6. Akses harus dalam keadaan bersih dan aman.

7. Merencanakan penempatan material yang rapi dan bersih.

8. Membuat program serta melakukan housekeeping dengan baik dan konsisten.

9. Membuat program dan melakukan simulasi keadaan darurat untuk mengevaluasi keadaan akses area kerja.

Rekan-rekan yang hadir dalam safety talk ini harus mengimplementasikan 9 cara kerja aman yang telah dijelaskan tersebut, jangan lupakan mengenai aspek kepedulian yaitu ingatkan bila salah tegur bila lupa. Jangan sampai kita semua yang hadir safety talk membiarkan potensi bahaya tanpa melakukan tindakan pencegahan (baca juga: Materi Safety Talk tentang Hak Menghentikan Pekerjaan)

Mungkin dari materi safety talk yang telah saya paparkan dirasa cukup, apabila ada kesalahan murni datangnya dari saya dan semua kebenaran datangnya dari Allah subhanahuwata a'la. Tetap semangat saat bekerja, perhatikan imun tubuh diri kita masing-masing, koordinasikan apabila ada kendala dilapangan. Nindya toward the excelent!
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Mengenai Akses Area Kerja Yang Aman"