IBX5B54BCC389CD2 Contoh Safety Talk Harian - Lulusandiploma.com

Contoh Safety Talk Harian

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, Semangat Pagi! SAFETY! SAFETY! SAFETY!

Pagi ini saya akan menyampaikan pesan keselamatan dan kesehatan kerja melalui safety talk / tool box meeting / briefing harian yang secara rutin dilakukan untuk menjalankan salah satu program yang telah kami buat.

pertamina-tbbm-banjarmasin

Tergesa-gesa bisa mencelakakan diri kita, dari pengalaman kita semua, terburu-buru dan tergesa-gesa pada pekerjaan ternyata sangat kecil sekali pengaruhnya terhadap peningkatan produksi kita ini, apapun alasannya terburu-buru atau tergesa-gesa akan cenderung membuat kita malah melakukan suatu tindakan yang tidak aman yang dapat mencelakakan diri kita sendiri, saya akan memberikan contoh kecil dari hal yang biasa dilakukan karna perbuatan yang tergesa-gesa:


1. Tidak memakai pelindung mata / kacamata karena berfikiran bahwa pekerjaan ini hanya sebentar saja dilaksanakan.

2. Tidak bergegas memasang log out tag out saat melaksanakan perbaikan mesin, karena berfikiran bahwa perbaikan yang dilaksanakan tidak memakan waktu yang lama.

3. Membawa benda yang berat tanpa merencanakan terlebih dahulu rute yang akan dilaluinya untuk mengangkat beban tersebut.

4. Membiarkan sampah atau limbah yang berada di lokasi kerja, karena berharap pekerja lain yang melihat akan segera membersihkannya.

5. Tidak memakai peralatan / perkakas yang sesuai saat mengerjakan suatu pekerjaan ringan, karena berfikiran bila mengambil peralatan / perkakas terlebih dahulu akan memakan waktu yang lebih banyak.

6. Saat berangkat kerja kita mengendarai kendaraan dengan kecepatan yang tinggi karena takut terlambat kerja, hal ini malah mengesampingkan upaya keselamatan pada dirinya.

7. Berjalan atau turun tangga dengan berlari karena takut ketinggalan yang akan diambilnya tanpa memikirkan resiko bahaya yang akan terjadi pada dirinya. Baca juga cara melindungi diri anda dari sakit ditempat kerja

Dari contoh pekerjaan yang sudah saya sebutkan satu persatu tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa mengambil jalan pintas boleh saja tetapi mengambil jalan pintas yang beresiko, sama sekali tidak akan menghemat waktu bapak-bapak sekalian, hal ini sama sekali tidak sebanding dengan resiko yang akan dihadapi.

Karena melakukan suatu pekerjaan lebih cepat itu memang salah satu hal yang penting dari segi waktu, tetapi hal mengenai keselamatan dan kesehatan kerja anda juga harus diperhatikan, dan apabila bapak-bapak punya suatu ide untuk melakukan jalan pintas agar pekerjaan terlaksana lebih cepat, usahakan terlebih dahulu bicarakan kepada pengawas lapangan apakah cara tersebut bisa dilakukan atau tidak.

Dan untuk bapak-bapak pengawas dilapangan, ini adalah tanggung jawab pengawas kerja untuk melaksanakan ketentuan dan peraturan keselamatan kerja proyek ini, termasuk juga melaporkan dan mengambil tindakan apabila ada kondisi yang tidak aman.

Bekerja seaman mungkin setiap saat, laporkanlah kondisi yang tidak aman kepada pengawas lapangan dan petugas safety, patuhilah semua peraturan keselamatan yang sudah diterapkan diproyek ini, hindarilah berbuat yang tidak aman, kecerobohan dan pelanggaran terhadap keselamatan kerja adalah tindakan yang tidak dapat ditolerir, dan yang terakhir pergunakanlah perlengkapan keselamatan kerja seperti alat pelindung diri / apd sesuai.

Demikianlah artikel mengenai Contoh Materi Safety Talk Harian | lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "Contoh Safety Talk Harian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel