IBX5B54BCC389CD2 Safety Talk Harian Mengenai Pertolongan Pertama - Lulusandiploma.com

Safety Talk Harian Mengenai Pertolongan Pertama

safety-talk-pertamina-tbbm

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, Safety Talk yang dilaksanakan oleh kontraktor Pertamina (Persero) TBBM Banjarmasin.

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, Selamat Pagi! Saya bangga kepada bapak-bapak sekalian sudah berkomitmen untuk menerapkan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan cara selalu datang tepat pada waktunya untuk menghadiri Brifieng / Safety Talk Harian yang kita laksanakan setiap pagi sebelum memulai pekerjaan.

Materi Safety Talk Harian kita pagi ini yaitu bagaimana cara kita memberikan pertolongan pada korban bila suatu saat terjadi kecelakaan kerja:

Perlu bapak-bapak sekalian ingat terlebih dahulu, sebelum kita menolong korban pastikan sebelumnya bahwa bila kita menolong korban kita bukanlah seorang yang akan menjadi korban selanjutnya. Banyak dari kita tidak memikirkan hal ini saat melihat ada korban, otomatis kita reflek mengeluarkan sifat yang sok pahlawan tanpa memeriksa apakah tempat tersebut sudah aman atau masih dalam keadaan berbahaya. Baca juga cara menjaga kesehatan saat anda bekerja

Lalu pastikan bila kita melihat korban jangan panik, jangan bersifat gegabah tapi cekatan dalam menanganinya, sebelum kita membantu korban pastikan terlebih dahulu kita meminta bantuan kepada yang lainnya dengan cara berteriak atau meminta tolong.

Setelah kita sudah meminta bantuan langkah kita selanjutnya yaitu menjauhkan bahaya dari korban atau menjauhkan korban dari kecelakaan yang akan terjadi berikutnya supaya sang korban aman dari bahaya yang akan terjadi dan juga kita penolong dapat lebih konsentrasi saat menangani korban.

Tetapi hindari memindahkan korban bila keadaan tidak begitu darurat, bila kita tidak faham betul dengan teknik memindahkan korban hal ini dapat memperparah keadaannya contohnya si korban mengalami patah tulang belakang, nah bila kita memindahkannya pasti dapat memperparah keadaaan dirinya.

Lalu perhatikan denyut jantung dan pernafasan si korban, bila kiranya pernafasan korban berhenti segeralah lakukan pernafasan buatan, dan perhatikan tanda-tanda shock pada korban, tidurkan korban dengan posisi menghadap ke atas dan kepala lebih rendah dari anggota tubuh lainnya, bila korban mengeluari cairan dari mulutnya rubah posisi korban dengan badan telungkup dengan posisi kepala lebih rendah dari posisi tubuh lainnya, cara ini dilakukan untuk mengantisipasi muntahan masuk ke hidung atau ke mulut lagi.

Dan yang terakhir setelah dilakukan pertolongan pertama segera bawa korban ke klinik atau rumah sakit terdekat dan perlu diingat bahwa pertolongan pertama hanyalah untuk mengurangi kecelakaan bukan menyembuhkan, selanjutnya kita serahkan kepada tenaga medis atau seorang yang kompeten dalam hal ini.

Dan setiap pertolongan pertama pasti berbeda beda tergantung kecelakaan kerja / jenis kecelakaan apa yang dialaminya namun pada dasarnya pertolongan pertama harus dilaksanakan dengan cara sistimatis terpacu pada DR CAB / Danger, Response, Compression, Airway dan Breathing.


Mungkin sampai sini saja penjelasan mengenai Pertolongan Perttama Pada Kecelakaan dalam safety talk kita hari ini, selanjutnya akan saya serahkan kepada Supervisor untuk pembagian tugas bapak-bapak sekalian untuk hari ini dan cara teknis pengerjaaanya.

Pesan dari saya selalu berhati hati saat bekerja, ikuti prosedur yang ada dan pastikan kita bekerja dengan aman agar kita bisa pulang dengan selamat, saya akhiri safety talk singkat hari ini, wabillahi taufikwalhidayah assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, SAFETY FIRST!
Demikianlah artikel Safety Talk Harian Mengenai Pertolongan Pertama | lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "Safety Talk Harian Mengenai Pertolongan Pertama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel