IBX5B54BCC389CD2 Materi Safety Talk Mengenai Penyebab Terjadinya Kecelakaan - Lulusandiploma.com

Materi Safety Talk Mengenai Penyebab Terjadinya Kecelakaan

safety talk

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, Semangat Pagi! Safety Safety Safety! Pagi ini melalui safety talk yang selalu rutin kita lakukan sebelum memulai pekerjaan, saya ingin menyampaikan materi mengenai penyebab terjadinya kecelakaan ditempat kerja.

Apakah bapak-bapak sekalian sudah mengetahui efek apa saja yang akan terjadi bila kecelakaan kerja menimpa diri kita? Ya benar, apabila kecelakaan terjadi pada diri kita dapat menyebabkan kerugian baik berupa cacat fisik, kerugian material, kerugian harta benda dan kerugian lainnya yang tidak bisa saya sebut satu persatu karna saking banyaknya.

Saya akan mengangkat 5 penyebab umum yang sering menyebabkan kecelakaan kerja:

1. Terburu-buru dalam melaksanakan pekerjaan : Suatu hal yang terburu-buru tanpa memikirkan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja adalah suatu yang akan merugikan diri kita sendiri, alasannya apabila kita terburu-buru pekerjaan yang tadinya mudah akan menjadi terasa sulit dan pekerjaan yang tadinya aman akan menjadi beresiko, mengejar target dari penyelesaian pekerjaan boleh saja tetapi pesan saya jangan pernah sekali-kali mengebelakangkan faktor keselamatan dan kesehatan kerja, Baca juga: Materi Safety Talk Harian Mengenai Bahaya Tergesa-Gesa Dalam Bekerja

2. Kurang konsentrasi dalam bekerja : Mungkin penyebab yang utama dari tidak konsentrasi dalam bekerja yaitu kita mempunyai segudang masalah yang ada dirumah, lalu dari masalah tersebut kita selalu memikirkannya sampai ke lokasi kerja, saran dari saya apabila bapak-bapak sekalian mempunyai masalah, jangan sampai masalah tersebut membebani pekerjaan kita. usahakan buang jauh-jauh terlebih dahulu masalah dirumah saat kita bekerja, karena apabila kita memikirkan masalah tersebut ditempat kerja dapat membuat pekerjaan kita hancur berantakan dan menghilangkan konsentrasi dalam bekerja, tanamkan rasa tanggung jawab pada hati kita masing-masing dan selalu utamakan keselamatan kerja anda.

3. Tidak peduli akan kebersihan lokasi kerja : Masih banyak saya lihat kurang kepeduliannya kita kepada lingkungan disekitar, pernah saya mendapati salah seorang diantara kita terus saja bekerja, padahal lokasi kerjanya sedang berantakan, sampah dimana-mana dan peralatan berserakan, melalui safety talk pagi ini saya ingin menekankan bahwa keselamatan kerja bukan dimulai dari diri orang lain, tetapi keselamatan dan kesehatan kerja dimulai dari diri kita sendiri, kepedulian terhadap lokasi kerja kita sendiri saja masih acuh, bagaimana kita mau menanamkan kepedulian terhadap orang lain? Baca juga: Menjaga kesehatan saat anda bekerja

4. Tidak mementingkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja : Sebenarnya setiap saat melakukan safety talk saya selalu mengingatkan dalam hal ini, bekerjalah sesuai prosedur karena suatu prosedur dibuat agar memperoleh hasil kerja yang paling efektif

5. Terlalu percaya diri : Percaya diri memang bisa kita bilang baik, hal ini adalah suatu peluang keberhasilan dari pekerjaan yang sedang kita laksanakan, namun berbeda dengan istilah terlalu percaya diri, apabila kita berlebihan hal ini dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan terjadi, bisa menimbulkan perselisihan dengan rekan yang lainnya, dapat mewujudkan suasana kerja yang tidak harmonis dan yang lainnya, apabila terlalu percaya diri tumbuh pada diri bapak-bapak sekalian, saya ingatkan! berhati-hatilah! karena hal ini adalah sebuah sikap yang dapat mendorong terjadinya kecelakaan ditempat kerja.

Mungkin sampai sini saja materi safety talk pagi ini, apabila ada pertanyaan silahkan ajukan sebelum saya tutup pembahasan ini, pesan dari saya alat yang rusak dapat diperbaiki namun apabila diri bapak-bapak yang rusak? tidak akan bisa! Tetaplah bekerja dengan aman karna keluarga yang kita cintai sedang menunggu kepulangan kita dirumah.

Sebelum kita memulai pekerjaan dan saya tutup safety talk pagi ini, alangkah baiknya kita berdoa menurut kepercayaan kita masing-masing agar pekerjaan kita hari ini dilancarkan, sesuai target, kita bekerja dengan aman sampai pulang dengan selamat, berdoa dimulai, Baca juga: Kumpulan Materi Safety Talk

Demikianlah artikel mengenai Materi Safety Talk Penyebab Terjadinya Kecelakaan Kerja | lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "Materi Safety Talk Mengenai Penyebab Terjadinya Kecelakaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel