Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Mengenai Budaya Kedisiplinan

safety-talk

Bertemu lagi pada kesempatan kali ini dalam agenda safety talk yang setiap hari kita laksanakan, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, keselamatan dan keamanan saat kita bekerja. Pada pagi hari ini materi safety talk yang akan kita angkat mengenai bagaimana kita menerapkan prilaku disiplin yang tercanang didalam salah satu tujuan kita. 


Pesan dari tool box talk / safety talk pagi ini dimulai dari pengertian disiplin atau kedisiplinan adalah suatu ketaatan serta kepatuhan yang dilakukan seseorang, serta sebuah kesadaran untuk mau dan mampu mengendalikan diri dalam melakukan suatu peraturan yang telah ditetapkan. Kita dapat meningkatkan disiplin pada diri sendiri bahkan perusahaan sudah menerapkan program agar seluruh karyawan ikut dan dapat melaksanakan perubahan untuk kedisiplinannya.


Dalam buku panduan HSE Nindya Karya (Persero) halaman sepuluh dan sebelas bahwa telah ditetapkan pedoman baku agar proyek dapat mengatur seluruh karyawan untuk menerapkan Program kedisiplinan yang sudah menjadi Budaya yang dinamakan Budaya 678 dengan tata kelola jam sebagai berikut ;

  1. Pukul 05.30 jadwal karyawan menerapkan olahraga pagi
  2. Pukul 06.00 selesai olahraga bersama dan waktunya karyawan bersiap dan berseragam
  3. Pukul 06.30 karyawan sarapan bersama
  4. Pukul 07.30 melakukan brifing keselamatan / safety talk / tool box talk
  5. Pukul 08.00 seluruh karyawan mulai bekerja dan harus sudah dilapangan

Dari aturan tersebut kita dituntut untuk mengatur pola kerja dimulai dari pertama kali bangun tidur, melakukan brifing / safety talk sampai memulai aktifitas pekerjaan, semua ini bertujuan untuk mengatur kedisiplinan kita, pola hidup kita agar menerapkan prilaku yang sehat serta agar kita dapat mengemban segala amanah yang telah diberikan oleh perusahaan (baca juga : Kumpulan Materi Safety Morning Talk)


Diharapkan untuk rekan sekalian bisa mengerti apa itu budaya, apabila sudah menjadi budaya berarti tidak perlu untuk diingatkan lagi untuk senam, tidak perlu untuk dipaksa lagi ikut safety talk dan tidak perlu untuk diteriakkan lagi apabila sudah memasuki waktu yang sudah ada.


Awal penerapan budaya 678 kita semua dipaksa untuk ikut berpartisipasi, kita merasa terpaksa untuk ikut senam, kita dituntut untuk bisa mengikuti safety talk, kita terbiasa menjalankannya setiap hari dan sekarang pola jam 678 sudah menjadi budaya pada proyek Irigasi Batang Asai ini.


Dari safety talk ini saya sampaikan sekali lagi, manfaat lain dari penerapan budaya kedisiplinan ini adalah sebagai bentuk kasih sayang kita kepada diri masing masing agar tubuh kita lebih sehat dan bugar, kita bisa lebih dekat dengan Allah subhanahuwata a'la karena sebelum kita melakukan senam pagi kita bisa solat berjamaah, membuat mental kita lebih sehat dan positif, dan bangun dan beraktifitas pagi hari dapat membuka pintu rejeki.


Namun tidak semua kebiasaan yang kita lakukan dapat diterima oleh seluruh karyawan, ada juga yang kesal saat saya bangunin senam, ada juga yang emosi saat saya ingatkan mengikuti safety talk dan lain sebagainya. Saya minta kita harus ambil nilai positif dan hikmahnya. Dari kebiasaan yang kita lakukan disanalah orang dapat menilai siapakah diri kita yang sebenarnya.


Dipaksa, terpaksa, bisa, terbiasa dan sekarang menjadi Budaya, tetap semangat dalam menjalani aktifitas yang kita akan laksanakan, tetap antisipasi segala risiko yang mungkin timbul, lakukan pengendalian pada setiap sumber bahaya yang kita lihat. Ingat tujuan kita yaitu toward the excellent, safety first dan zero accident.


Pemaparan materi safety talk mengenai budaya kedisiplinan saya rasa cukup, kita lanjut mengenai pemaparan rencana pekerjaan yang akan dilaksanakan pada hari ini, potensi bahaya yang ada serta bagaimana kita melakukan pekerjaan tersebut dengan aman.

Baca juga: Materi Safety Talk tentang Potensi Bahaya Minyak

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Mengenai Budaya Kedisiplinan"