Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Mengenai Minyak Panas

Assalamu'alaikum...
Safety talk atau safety morning adalah rutinitas yang di laksanakan sebelum pekerjaan di mulai. Di industri catering, safety talk juga menjadi kewajiban yang harus di aplikasikan. Safety morning biasanya di pimpin oleh supervisor, HSE, atau bisa di lakukan penyampaian materi secara bergilir antar pekerja dengan harapan dapat memberikan pengalaman bagi setiap pekerja mengenai keselamatan dalam bekerja.



Minyak adalah bahan yang sangat penting dan sering di gunakan sesering mungkin di dalam industri catering, terutama di dapur. Minyak panas sangat berbahaya, apabila suhu pada minyak terlalu tinggi, dapat menjadi penyebab kebakaran. Percikan minyak panas yang menyentuh kulit juga akan menyebabkan luka bakar. Percikan minyak yang tumpah ke lantai pun berbahaya karena akan menyebabkan terpelesetnya pekerja saat sedang beraktivitas di dapur.

Pencegahan yang dapat di lakukan ketika menggunakan minyak panas bisa dengan aktivitas berikut :
- Memastikan temperatur yang tepat untuk menggoreng yakni 180 derajat.
- Memastikan api dan kompor menyala dengan baik.
- Tidak menggunakan, mengosongkan atau menyaring minyak dengan temperatur di atas 45 derajat (membahayakan).
- Memeriksa terlebih dahulu kondisi tabung gas jika menggunakan tabung gas.
- Membersihkan area memasak sebelum dan setelah memasak.
- Memastikan lantai tempat memasak kering.
- Apabila ada tumpahan minyak, maka dapat menggunakan koran terlebih dahulu agar minyak terangkat, setelah itu di bersihkan dengan mengepel lantai.

Baca juga Kumpulan Bahan Safety Talk

Selain itu, pencegahan bahaya minyak panas dapat di lakukan dengan menggunakan alat pelindung diri seperti celemek, seragam lengan panjang, safety shoes dan hair net atau topi koki.

Perlu menjadi perhatian pada umumnya minyak memerlukan waktu 7 menit untuk memanaskan dan memerlukan waktu 7 jam untuk pendinginannya. Untuk itu berhati - hatilah setelah menggunakan wajan bekas penggorengan, karena ketika tersentuh kulit bisa menyebabkan luka bakar yang cukup serius.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum...
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Mengenai Minyak Panas"