IBX5B54BCC389CD2 Bahan Materi Safety Talk Harian Tentang Penggunaan APAR - Lulusandiploma.com

Bahan Materi Safety Talk Harian Tentang Penggunaan APAR

lulusandiploma - Assalamualaykum Warahmatullahi Wabarakatu! Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua, seperti biasanya saya tidak henti hentinya mengingatkan pesan pesan Keselamatan dan Kesehatan Kerja melalui Safety Talk pagi ini.

Topik Safety Talk yang akan kita bahas pagi ini yaitu bagaimana cara kita menggunakan APAR atau Alat Pemadam Api Ringan yang benar bila seandainya suatu saat ditempat kerja kita ini terjadi kebakaran.

Mungkin diantara kita semua yang berkumpul disini, sudah ada yang bisa menggunakan alat tersebut bahkan sudah pernah mempraktekannya entah saat pelatihan atau langsung menggunakannya pada saat kebakaran.

Bila tidak keberatan bolehlah saya minta salah satu dari bapak-bapak sekalian yang berada disini untuk maju untuk mempraktekkannya langsung untuk melancarkan briefing safety talk pagi ini.

safety-talk-tbbm-banjarmasin
Safety Talk saat di Pertamina TBBM Banjarmasin

Yap bapak silahkan terlebih dahulu memperkenalkan diri dan langsung memegang APAR untuk menjelaskan cara penggunaan alat tersebut.

Yang pertama, bila suatu saat terjadi kebakaran langkah yang kita ambil yaitu berteriak atau memberitahu rekan kerja lainnya bahwa Keadaaan Darurat sedang terjadi, hal ini bertujuan untuk mengingatkan supaya rekan-rekan kita juga bisa ambil tindakan dalam hal ini.

Lalu sebelum kebakaran kian membesar, langkah kedua kita mencari Alat Pemadam Api Ringan disekitar lokasi, tapi ingat! jangan salah memilih jenis APAR karna alat ini memiliki 4 jenis yang pada setiap jenisnya memiliki fungsi untuk memadamkan api dari macam-macam jenis kebakaran.

Saya akan mengulas sedikit jenis jenis APAR;
1. Alat Pemadam Api Ringan jenis air
Bapak bapak pasti sudah tau dengan jenis yang satu ini, jenis ini adalah yang paling cocok dan sering digunakan untuk memadamkan api, tapi jangan sekali kali kita menggunakan alat ini untuk memadamkan api yang bersumber dari jaringan listrik, nanti bukannya api itu mati kita malah tersengat aliran listrik bahkan apipun bisa bertambah besar.

2. Alat Pemadam Api Ringan jenis foam/busa
Nah jenis yang ini didalamnya berisi bahan kimia yang berasal dari foam/busa, APAR ini cocok untuk memadamkan api yang bersumber dari bahan yang buka logam seperti kain, karet, kertas dan yang lainnya serta jenis ini juga cocok untuk memadamkan api yang bersumber dari bahan cair seperti minyak, alkohol dan lain sebagainya.

3. Alat Pemadam Api Ringan jenis serbuk kimia / Dry Chemical Powder
Kalo APAR yang satu ini pasti kita udah gaasing lagi, karena diproyek dan sebagian besar perusahaan pasti menyediakan jenis ini karena apar jenis ini adalah yang bisa dibilang serbaguna, apar ini bisa memadamkan hampir semua jenis kebakaran seperti kebakaran yang bersumber dari bahan logam, bahan cair dan instalasi listrik tapi jenis ini tidak disarankan dipakai pada perusahaan indsutri, karena apabila digunakan dan disemprotkan pada mesin itu berefek pada kerusakan.

4. Alat Pemadam Api Ringan jenis Co2
Jenis APAR yang terakhir ini berisi bahan karbon dioksida, nah karbon dioksida ini cocok untuk memadamkan jenis kebakaran yang bersumber dari bahan cair seperti minyak yang sudah saya jelaskan juga memadamkan api yang bersumber dari instalasi listrik.

Bila kita sudah memahami jenis jenis Alat Pemadam Api Ringan, nanti seandainya terjadi kebakaran dilokasi kerja kita ini jangan sampai salah menggunakannya ya.


Untuk cara penggunaanya bisa langsung dipraktekan oleh bapak yang sudah bersedia maju kedepan untuk menjelaskan kepada teman-teman bagaimanasih cara penggunaanya, tapi sebelum dimulai saya punya ilmu sedikit untuk bapak-bapak sekalian agar mempermudah daya ingat kita dalam proses penggunaan APAR, kita ingat saja dengan singkatan ini T-A-T-A atau bisa disingkat dengan tarik, angkat, tekan dan ayunkan!

1. Tarik / Pull
Tarik pin disamping tangkai apar, bapak bisa lihat sendiri seperti apa pin tersebut, pin ini berada disebelah tangkai dan cara menariknya pun tidak begitu keras.

2. Angkat/ Aim
Angkat apar dengan badan yang sigap, ingat jangan panik saat mengangkatnya karena kepanikan membuat seorang tidak konsentrasi, nanti bisa-bisa cuma mengangkat apar saja tiba-tiba kita terjatuh karena pingsan karena kepanikan tersebut.

3. Tekan / Squeeze
Tekan apar untuk mengeluarkan isi dari alat pemadam api ringan tersebut dengan cara yang sigap.

4. Ayunkan / Sweep
Ingat ya yang diayunkan adalah selang aparnya bukan apar itu sendiri! ayunkan selang apar dari pangkal kiri api menuju pangkal kanan api atau ayunkan selang apar dari pangkal kanan api menuju pangkal kanan api, Jangan terlalu dekat dengan api jaga jarak biar kita juga memadamkannya dengan cara yang aman.

Nah terimakasih bapak yang sudah bersedia maju mempraktekkan bagaimana cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan untuk mengantisipasi kita semua bila suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan terutama kebakaran, semoga dari briefing safety talk pagi ini kita selalu waspada akan bahaya bahaya disekitar yang selalu mengintai kita, pesan dari saya selalu berhati-hati saat bekerja, selalu gunakan alat pelindung diri sesuai dengan pekerjaanya dan selalu ikuti prosedur yang ada, Salam Safety!

Demikianlah artikel mengenai Bahan Materi Safety Talk Harian Mengenai Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan / APAR | lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "Bahan Materi Safety Talk Harian Tentang Penggunaan APAR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel