Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Mengenai Manual Handling

safety-talk
Safety talk pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai manual handling atau yang sering kita ketahui dengan pengangkatan manual, Bertemu lagi hari ini dalam agenda safety talk / tool box talk / safety morning mudah-mudahan rekan semuanya selalu dalam perlindungan Allah subhanahu wata a'la, selalu diberikan keselamatan saat kita bekerja dan semoga selalu diberikan kesehatan dan semangat kita tetap terjaga saat bekerja.

Dari yang hadir safety talk pagi ini apakah ada yang mengetahui penjelasan secara khusus seperti apa sih sebenarnya manual handling itu? Manual handling adalah memindahkan suatu benda secara manual ataupun dengan alat bantu. Aktivitas manual handling mencakup mengangkat, menarik, mendorong, meluncurkan, menggelindingkan, menumpuk, membawa dan menahan.

Manual handling juga mencakup aktivitas yang membutuhkan gerakan berulang-ulang seperti mengemas barang, mengetik, kegiatan perakitan dan pembersihan, baik menggunakan perkakas kerja manual ataupun mesin.

Lalu apa saja potensi yang dapat timbul dari pekerjaan yang dilakukan secara manual ini? Dari safety talk yang kita lakukan pagi ini kita bisa mengetahui dan bisa mendapatkan banyak pelajaran banyak pembelajaran dari menukar fikiran satu sama lainnya (baca juga: Kumpulan Contoh Topik Safety Talk)

Jadi potensi yang dapat ditimbulkan dari pekerjaan manual handling yaitu; radang otot bahkan keseleo, gangguan sendi, gangguan tulang, cedera otot, sakit leher, cedera pada jaringan lunak seperti ligamen dan tendon, hernia abdominalis serta sakit kronis.

Apabila potensi bahaya tersebut timbul dan dirasakan pada diri kita berarti ada yang salah dalam metode pekerjaan yang kita laksanakan, kita harus mencegah dari sekarang sebelum merasakan hal tersebut daripada kita harus merasakan kerugian dari pekerjaan manual handling ini.

Rekan-rekan yang hadir dalam safety talk pagi haru ini bagaimana sebenarnya yang harus kita lakukan agar tidak terjadi kerugian pada diri kita dari pekerjaan ini? apakah dari yang hadir safety talk pagi ini dapat menjelaskan kedepan mengenai cara kerja yang aman dari pekerjaan pengangkatan manual?

Cara Kerja Aman

  1. Punggung tegak lurus terhadap pinggang saat mengangkat
  2. Angkat beban dengan kedua tangan terapit rapat secara vertikal dan letakkan diatas perut
  3. Beban diangkat dan diturunkan secara perlahan dengan tenaga yang berasal dari kaki bukan dari punggung
  4. Jaga punggung tetap dalam keadaan tegak lurus saat berbelok dan bergeraklah secara perlahan.

Alat pelindung diri yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini yaitu rekan rekan dapat menggunakan APD wajib yang telah ditetapkan perusahaan seperti helm, rompi dan sepatu safety serta alat pelindung diri tambahan sarung tangan, body harness, pelampung dan kacamata safety (baca juga: Materi Safety Talk tentang Akses Kerja Aman)

Mungkin dari pemaparan safety talk pagi ini dengan materi manual handling saya rasa sudah cukup jelas, selanjutkan kita akan membahas mengenai rencana kerja pada hari, apa saja potensi bahaya dan dapat timbul serta bagaima cara yang aman saat melakukan pekerjaan. Semoga materi safety talk yang saya bawakan dapat bermanfaat saya akhiri dengan wabilllahitaufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Mengenai Manual Handling"