IBX5B54BCC389CD2 Materi Safety Talk Mengenai Bahaya Selalu Mengintai Kita - Lulusandiploma.com

Materi Safety Talk Mengenai Bahaya Selalu Mengintai Kita

safety talk

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, pagi ini saya akan menyampaikan materi safety talk mengenai bahaya yang ada dilokasi kerja kita ini, sebelum saya masuk ke materi mari kita ungkapkan rasa semangat dengan cara berteriak sekencang mungkin, agar apa yang ada difikiran kita yang terganjal bisa segera terobati, Semangaat Pagii!

Seharusnya kita bersyukur dengan program keselamatan dan kesehatan kerja yang sedang diterapkan perusahaan kita seperti safety talk pagi ini yang sedang kita laksanakan, dari program k3 ini kita diajarkan kedisiplinan, diajarkan selamat, diajarkan kebersihan, diajarkan kekompakan dan diajarkan lain sebagainya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Bapak-bapak sekalian, untuk mempersingkat waktu baiknya saya langsung masuk ke materi mengenai bahaya apa saja yang ada dilokasi kerja kita ini, perlu diketahui, bahwa setiap sebelum pekerjaan dilaksanakan pastinya supervisor, pengawas lapangan atau saya, terlebih dahulu menganalisa mengenai bahaya dari pekerjaan yang akan dilaksanakan melalui job safety analysis atau jsa.

Job safety analysis atau jsa ini dibuat untuk merancang planning mengenai apa saja pekerjaan yang akan dilaksanakan, apa saja bahaya yang ada dari pekerjaan tersebut dan bagaimana bahaya tersebut bisa dikendalikan.

Saya akan jabarkan sedikit untuk jsa dari pekerjaan yang hari ini akan bapak-bapak laksanakan;

Yang paling pertama pekerjaan yang akan dilaksanakan yaitu menyiapkan peralatan kerja, resiko bahaya yang ada terpeleset, tersandung, terbentur, kejatuhan peralatan dan yang lainnya, Baca juga cara selalu sehat di lokasi kerja dan penanggulangan dari bahaya tersebut antara lain dengan cara melakukan safety talk, penggunaan alat pelindung diri, selalu berhati hati saat bekerja dan housekeeping. Mungkin untuk pekerjaan yang satu ini bapak-bapak sekalian sudah menganggap enteng, namun yang terpenting pokok permasalahannya yaitu saya hanya mengingatkan agar selalu waspada apapun pekerjaan kita, karna kecelakaan bisa datang kapan saja, dimana saja dan menimpa siapa saja.

Selanjutnya salah satu pekerjaan yang akan dilaksanakan hari ini yaitu melakukan pengelasan pipa hydrant untuk area filling shed, bahaya yang sudah dijabarkan seperti kebakaran, peledakan, percikan api, terkena bunga las, terhirup asap las, limbah dari kawat las, terbentur dan yang lainnya, untuk pengendalian bahaya dari pekerjaan pengelasan ini antara lain dengan melaksanakan safety talk atau briefing sebelum memulai pekerjaan, nah dari point pertama saat ini kita sudah laksanakan dan saya mengingatkan agar selalu berhati-hati saat bekerja, jauhi prilaku yang tidak aman agar kita terhindar dari kecelakaan kerja.

Pengendalian yang berikutnya yaitu dengan menyediakan alat pemadam api ringan dilokasi kerja, Baca juga: Materi Safety Talk Mengenai Cara Penggunaan APAR , lalu membuat tirai air disekeliling area kerja pengelasan, menyediakan kotak p3k, penggunaan alat pelindung diri, berhati-hati saat bekerja, menyediakan dan membuang limbah kawat las dipembuangan limbah B3, housekeeping dan yang lainnya.

Inti dari materi yang saya bahas di safety talk ini, agar bapak-bapak sekalian selalu waspada akan bahaya yang ada dan agar bapak-bapak mengetahui mengenai apa saja bahaya yang ada dilokasi kerja kita sekarang ini,

Jangan ambil resiko apabila pekerjaan yang akan kita laksanakan belum diidentifikasi dan dianalisa oleh pengawas lapangan, sebelum memulai pekerjaan alangkah baiknya bapak tanyakan terlebih dahulu kepada pengawas lapangan mengenai persoalan ini, apakah sudah dibuat job safety analysis untuk pekerjaan yang akan dilaksanakan.

Selalu ingatkan, selau aman, selalu semangat dan selalu safety dimanapun kita berada, jangan sampai kita meninggalkan anak istri dirumah hanya untuk kecelakaan kerja.

Mungkin sampai sini saja safety talk pagi ini, harapan saya dan bapak-bapak sekalian datang dengan sehat, bekerja dengan aman dan pulang dengan selamat, apabila dari penyampaian saya ada kata-kata yang kurang sopan dan tidak enak didengar saya minta mohon maaf, dan sebelum kita memulai pekerjaan alangakah baiknya kita berdoa menurut kepercayaan dan keyakinan masing-masing supaya pekerjaan kita hari ini dilancarkan dan sesuai target, berdoa dimulai. silahkan baca mengenai: Kumpulan Materi Safety Talk.

Demikianlah artikel mengenai Materi Safety Talk Harian Mengenai Bahaya Yang Selalu Mengintai Diri Kita | lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "Materi Safety Talk Mengenai Bahaya Selalu Mengintai Kita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel