IBX5B54BCC389CD2 Safety Talk Harian Pekerjaan Konstruksi Pengecoran - Lulusandiploma.com

Safety Talk Harian Pekerjaan Konstruksi Pengecoran

Safety talk atau tool box meeting atau hse talk atau juga bisa kita sebut briefing harian merupakan suatu penerapan program keselamatan dan kesehatan kerja dalam perusahaan, kali ini saya akan membagikan pengalaman menyampaikan materi safety talk harian yang bertema pada keselamatan kerja konstruksi berfokus pada pekerjaan pengecoran.


Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, semangat pagi!!!
Pagi ini kita di pertemukan kembali dalam agenda rutin Keselamatan dan Kesehatan Kerja yaitu Safety Talk harian, berhubung hari ini pekerjaan kita ada yang merakit besi dan ada yang ngecor jalan, materi yang akan saya angkat pagi ini yaitu mengenai keselamatan kerja konstruksi dalam pekerjaan pengecoran.

Untuk bapak-bapak sekalian yang hari ini bertugas dalam pembesian, selalu berhati hati saat bekerja dan selalu gunakan Alat Pelindung Diri terutama sarung tangan, karena dalam pekerjaan pembesian ini kita sudah tidak asing lagi dengan goresan, tertusuk bahkan luka sobek ditangan, sarung tangan yang kita pakai walaupun tidak bisa mencegah terjadinya kecelakaan, tetapi bisa mengurangi luka pada diri kita. Baca juga cara melindungi diri anda dari sakit

Lalu pada saat pengangkatan besi wiremash atau material lainnya, bila kita kesulitan saat mengangkatnya jangan lakukan pekerjaan itu sendiri, mintalah bantuan kepada rekan kerja kita yang lainnya atau bapak-bapak bisa request pada saya dan pengawas lainnya untuk penambahan team pada pekerjaan tersebut.


Dan untuk bapak-bapak yang hari ini bertugas dalam pekerjaan pengecoran jalan, saya selalu ingatkan bahaya apa saja yang timbul dari semen yang kita pakai tersebut dan cara pertolongan pertamanya bila kita terkena paparannya, sekali lagi saya jabarkan:

1. Bila semen tersebut mengenai mata kita maka dapat menyebabkan iritasi bahkan sampai kebutaan akibat luka dari bahan kimia semen tersebut, dan untuk mengantisipasinya bila terkena mata bilas segera mata kita dengan air dan secara terus menerus sekiranya kurang lebih sampai 15 menit.

2. Bila terlalu lama kulit kita terkena semen yang kita pakai sekarang maka dapat menyebabkan kulit kering, pecahnya kulit dan yang lebih parah semen ini bisa menembus kulit kita sampai bagian dalam bila kita terlalu lama terpapar dari semen tersebut, dan untuk mengantisipasinya jangan terlalu lama kontak dengan semen dan cuci kulit kita menggunakan sabun atau deterjen dan bila semen sudah menembus kebagian dalam kulit segera bawa ke klinik terdekat.

3. Bila kita terhirup semen ini, yang akan dirasakan oleh tubuh kita yaitu menyebabkan organ dalam terutama paru-paru kita luka, melumpuhkan paru paru dan menyebabkan iritasi lendir, kerongkongan dan sistim pernapasan kita, bila kita tidak sengaja terhirup semen ini dan menimbulkan batu yang tidak reda-reda segera bawa ke klinik terdekat karena hal ini memerlukan perhatian medis.

4. Bila semen ini tidak sengaja tertelan oleh kita sangat berbahaya untuk tubuh, dan cara pertolongan pertamanya jangan dipaksa untuk muntah dan usahakan langsung meminum air yang banyak lalu segera panggil atau bawa ke dokter terdekat.

Mungkin hal ini bisa mengingatkan bapak-bapak sekalian agar selalu waspada karena mungkin hal-hal tersebut terjadi pada diri kita, Ingat jangan gegabah dalam bekerja, selalu gunakan Alat Pelindung Diri / APD sesuai pekerjaan kita dan ikutilah prosedure atau instruksi kerja yang ada.

Sekian penjelasan mengenai keselamatan kerja konstruksi pengecoran yang bisa saya sampaikan melalui safety talk pagi ini, sebelum kita memulai pekerjaan alangkah baiknya kita berdoa menurut kepercayaan kita masing-masing agar kita selalu diberi kesehatan, datang dengan sehat, bekerja dengan aman dan sampai pulang dengan selamat, berdoa dimulai.
Demikianlah artikel mengenai Safety Talk Harian Pekerjaan Konstruksi Pengecoran | lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "Safety Talk Harian Pekerjaan Konstruksi Pengecoran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel