Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal dan Jawaban Biologi SMA Kelas 2 - Bagian 6


1. Bagaimana tubuh manusia mencerna makanan ?
Jawaban :
Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan melalui serangkaian proses. Makanan terlebih dahulu akan di ubah menjadi bentuk yang dapat di serap oleh sel tubuh menggunakan organ pencernaan. Makanan yang telah di cerna nantinya akan di simpan atau bisa langsung di gunakan oleh tubuh melalui organ gerak.

2. Apa saja fungsi makanan bagi tubuh manusia ?
Jawaban :
- Sumber energi
Sumber energi bagi manusia berasal dari makanan, terutama yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein.
- Penyusun komponen tubuh
Tubuh manusia terdiri dari susunan sel yang membentuk jaringan kemudian organ dan seterusnya. Sel tubuh manusia yang rusak atau mati, akan segera di gantikan oleh sel yang baru. Cara untuk mendapatkan sel yang baru yakni dengan di perlukannya makanan dari luar tubuh.
- Melindungi tubuh
Lemak memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari udara dingin. Adapun vitamin dapat berguna sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Mineral mampu menjaga keseimbangan tekanan osmosis sel. Protein menjadi sumber antibodi yang bisa menetralkan senyawa asing.

3. Apakah keuntungan dan kerugian adanya kolesterol dalam tubuh kita ?
Jawaban :
Kolesterol itu sendiri merupakan lemak tubuh yang di bentuk oleh organ hati. Alaminya, kolesterol terbentuk pada otak, saraf, kulit, otot, jantung, usus dan aliran darah. Normalnya kolesterol memiliki fungsi bagi tubuh, yakni membangun dan memelihara membran sel, menyaring molekul yang masuk dan yang tidak ke dalam sel, terlibat dalam produksi hormon seks dan membantu produksi empedu.
Kolesterol di butuhkan oleh tubuh < 200 mg/dl. Jika di dalam tubuh terdapat kolesterol melebihi 240 mg/dl maka kerugian yang di dapat ialah tubuh bisa menjadi sarang bagi penyakit kardiovaskular.

4. Sebutkan alat - alat pencernaan pada manusia !
Jawaban :
Mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, rektum dan anus.

5. Apa itu apendisitis ?
Jawaban :
Apendisitis atau radang usus buntu ialah gangguan pada sistem pencernaan yang terjadi apabila terdapat sisa - sisa makanan yang masuk ke dalam usus buntu, tetpatnya ke dalam umbai cacing. Sisa makanan tersebut terjebak dan tidak dapat keluar dari umbai cacing sehingga menumpuk dan lama kelamaan membusuk. Pada inilah terjadi peradangan pada umbai cacing atau di kenal dengan istilah radang usus buntu. Untuk menangani peradangan ini, harus di lakukan operasi oleh tenaga medis guna membuang umbai cacing yang membusuk tersebut.

6. Menurutmu apa saja pemicu dari penyakit magh ?
Jawaban :
Sering telat makan, pola makan yang tidak teratur, mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat mengganggu kinerja lambung seperti kopi, stress.

7. Mengapa protein di butuhkan bagi pertumbungan anak ?
Jawaban :
Karena fungsi dari protein itu sendiri sebagai zat pembangun sel yang tentunya sangat di butuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.


Baca juga Soal dan Jawaban Biologi SMA Kelas 2 - Bagian 5
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Soal dan Jawaban Biologi SMA Kelas 2 - Bagian 6"