Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Toolbox Meeting Pagi

Materi toolbox meeting merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan setiap pagi, tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran bagi tiap insan yang bekerja pada perusahaan untuk menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja di tiap aktivitas.

Selain dari pada itu, toolbox meeting pagi juga menyampaikan materi yang berisikan tentang informasi terbaru tentang langkah pekerjaan yang akan dilakukan pada hari tersebut. Itulah mengapa toolbox meeting sangat penting dilaksanakan setiap sebelum pekerjaan dilakukan.

Pada penjelasan sebelumnya, Lulusan diploma memberikan materi toolbox meeting lengkap yang bisa Anda akses pada artikel berikut ini tentang : 46+ Materi Safety Talk

Mengapa saya membahas toolbox meeting namun yang diberikan contoh adalah materi safety talk? Sebenarnya apakah ada persamaan dari kedua pengertian tersebut?

Materi tool box meeting


Perbedaan ToolBox Meeting dan Safety Talk

Sebenarnya tidak ada perbedaan dari kedua kata tersebut, hanya saja penggunaan kata tersebut sesuai dengan prosedur yang ada pada perusahaan yang menerapkan program K3 tersebut.

Ada juga perusahaan yang memiliki prosedur tentang keduanya, mereka beranggapan bahwa yaitu toolbox meeting dan safety talk itu berbeda. Perbedaan tersebut antara lain:

Toolbox meeting dilakukan setiap satu minggu sekali, kegiatan tersebut harus dihadiri oleh seluruh karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut dari jajaran managerial sampai pekerja harian.

Safety talk dilakukan setiap hari, dimana kegiatan tersebut dilakukan oleh pengawas pekerjaan dan dihadiri oleh setiap pekerja yang akan melaksanakan pekerjaan. Topik safety tool box yang disampaikan adalah tentang langkah-langkah pekerjaan dihari tersebut, potensi bahaya yang akan terjadi serta pengendaliannya.

Namun dari perbedaan toolbox meeting dan safety talks diatas, tidak dapat dijadikan acuan yang mutlak. Karena setiap perusahaan memiliki pandangan yang berbeda akan hal tersebut.

Anda harus mengikuti kebijakan yang ada pada perusahaan tempat dimana Anda bekerja, jangan samakan perusahaan lama dengan perusahaan yang baru apabila berbeda pandangan dalam penilaian kegiatan tersebut.

Contoh Materi Toolbox Meeting Pagi

Saat ini kita masuk pada pembahasan materi toolbox meeting. Pada pembahasan diatas saya telah memaparkan perbedaan toolbox meeting dengan safety talk. Silahkan Anda simak untuk contoh pembawaannya yang dapat Anda sampaikan dilokasi kerja masing-masing:

Assalamualaykum, semangat pagi dan salam sehat untuk Anda semua. Pagi ini berikan saya kesempatan untuk menyampaikan materi toolbox meeting tentang pekerjaan yang akan kita laksanakan pada hari ini.

Apakah dari rekan Anda masih ada yang belum hadir dalam kegiatan toolbox meeting pagi ini? apabila masih ada yang tidak hadir dan nantinya saya menemukan orang tersebut melaksanakan pekerjaan akan saya berikan sanksi yang tegas.

Mengapa saya begitu tegas kepada Anda untuk menghadiri toolbox meeting setiap pagi? Ya! Karena ini adalah amanah perusahaan kepada saya serta ini juga menjadi pesan yang ada didalam undang undang keselamatan kerja.

Apa amanah yang saya emban tersebut? bahwasanya Anda semua yang akan melaksanakan pekerjaan wajib untuk tau apa saja potensi bahaya serta pengendalian yang ada dari pekerjaan yang akan kita lakukan.

Oke langsung saja untuk penyampaian materi toolbox meeting pagi ini. Untuk pekerjaan hari ini yang akan kita laksanakan yaitu pembesian tubuh tunnel.

Nah apakah Anda mengetahui apa saja potensi bahaya dari pekerjaan yang akan kita laksanakan tersebut?

Potensi bahaya yang mungkin terjadi dari pekerjaan pembesian tubuh tunnel antara lain yaitu:

  • Ada potensi bahaya tersandung
  • Terpeleset
  • Terjepit
  • Kejatuhan benda
  • Kekurangan oxygen
  • Keracunan gas berbahaya di dalam ruang terbatas
  • Serta potensi bahaya lainnya.

Nah maka dari itu, Anda semua harus tetap waspada akan potensi bahaya yang mungkin terjadi dari pekerjaan yang akan kita laksanakan tersebut.

Silahkan tetap mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan, lakukan program K3 yang diwajibkan untuk dilaksanakan sebelum Anda memasuki area tunnel seperti :

  • Mengikuti toolbox meeting
  • Melakukan pemeriksaan kesehatan harian (daily check up)
  • Memastikan pekerjaan sudah dilakukan identifikasi
  • Izin kerja telah dipasang pada papan permit
  • Melaporkan diri kepada standby person sebelum memasuki area
  • Jangan lupakan sebelum melaksanakan pekerjaan, pastikan area kerja aman
  • dan Berdoalah sebelum melakukan semuanya.

Mungkin untuk materi toolbox meeting safety yang bisa saya sampaikan kepada Anda pagi ini cukup. Jangan sampai Anda lalai dalam melakukan suatu pekerjaan dan keluar dari prosedur yang ada.

Tetap semangat, tetap optimis, kita berdoa sama sama dalam kegiatan toolbox meeting ini supaya pekerjaan yang telah direncanakan semua bisa berjalan dengan lancar. Berdoa dimulai.

Mungkin diatas adalah materi toolbox meeting yang dapat Lulusan diploma rangkum secara singkat, semoga bermanfaat!

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Toolbox Meeting Pagi"