Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Penyebab Umum Sakit Kepala

sakit-kepala

Pada kesempatan kali ini lulusandiploma.com akan membahas tentang 6 Penyebab Umum Sakit Kepala. Apa yang anda lakukan pertama kali yang terpikirkan di dalam benak anda jika anda mengalami sakit kepala? Tentu saja anda pasti mencari obat sakit kepala.

Rata-rata orang di seluruh Indonesia, bahkan di seluruh dunia melakukan hal yang sama dengan anda. Jadi yang harus anda ketahui, bahwa obat sakit kepala hanya untuk meredakan nyeri kepala anda sementara, tetapi anda harus mengetahui penyebabnya. Jika tidak, mungkin setelah minum obat anda sembuh, namun keesokan harinya atau seminggu kemudian, jika anda mengulangi penyebabnya, anda akan mengalami sakit kepala lagi.

Dan jika anda mengkonsumsi obat terus menerus, yang ditakutkan adalah efek samping dari obat tersebut, mari kita bahas secara rinci satu per satu apa saja penyebab umum timbulnya sakit kepala.

1. Kurang tidur dan beristirahat.
Mungkin bagi anda yang suka begadang dan bagi anda yang kurang tidur, saat kita tidur tubuh kita melakukan recovery, jadi saat kita stress seharian, tubuh akan mengalami banyak kerusakan. Saat tidur tubuh anda akan melakukan recovery (perbaikan) begitu pula dengan otak anda.

Di otak anda ada yang namanya neuron atau syaraf-syaraf di otak anda pada cortex cerebral atau cortex di otak anda, neuron akan dipulihkan kembali dengan sendirinya saat tidur. Jadi bukan berarti saat anda makan dipuliihkan, tetapi saat anda tidur.

Makanan itu hanya mengisi nutrisi bagi perbaikan otak dan tubuh anda. Tetapi proses perbaikannya adalah di saat anda tidur. percuma anda mengisi bahan bakunya tetapi tidak anda istirahatkan.

2. Stress.
Stress ini boleh saya katakan semua orang di dunia ini pasti pernah mengalami stress, namun yang terpenting adalah bukan seberapa besar stress yang anda hadapi. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana anda memanajemen stress anda, cara anda merespon stress ini yang terpenting.

Sakit kepala yang dihasilkan oleh stress paling banyak adalah TTH atau Tension Type Headadche, jadi tipe sakit kepala seperti ini mungkin beberapa dari anda pernah merasakannya yaitu dari belakang kepala anda sampai ke pundak dan leher itu kaku semua.

Kalau anda pegang rasanya seperti papan, kaku sekali dan sangat keras. Jika terjadi seperti ini, ototnya terlalu tegang dan otomatis pembuluh darah dan syaraf disitu akan tertekan.

Banyak dari mereka akhirnya mencari obat untuk relaksasi, sebenarnya penyebab utamanya adalah karena stress anda dan hal ini banyak saya jumpai pada pelajar atau mahasiswa yang akan menghadapi ujian, misalnya lehernya terasa kaku,
atau para pebisnis dan pekerja kantoran yang akan menghadapi klien pada keesokan harinya, atau mendapatkan sebuah proyek yang lebih besar mereka tegang akhirnya tidak bisa tidur pada malam harinya.

3. Kekurangan cairan atau dehidrasi.
Mungkin anda bertanya-tanya apa hubungannya dehidrasi dengan sakit kepala?
Tubuh kita sebagai manusia itu kurang lebih 70% terdiri dari cairan, jadi air di dalam tubuh kita itu sangat berperan penting untuk melancarkan sirkulasi dan metabolisme di dalam tubuh.

Jika anda kekurangan cairan maka sirkulasi dan metabolisme di dalam tubuh anda akan terganggu, begitu pula dengan peredaran nutrisi dan peredaran oksigen ke otak anda karena sekali lagi 70% tubuh kita adalah cairan. Jika peredaran terganggu maka otak anda yang membutuhkan suplai oksigen dan nutrisi tadi akan mengalami gangguan.

Perlu diingat bahwa tubuh anda memerlukan cairan dan jumlah cairan ini sudah pernah saya bahas sebelumnya yaitu sekitar 40 cc per kilogram berat badan dalam kondisi cuaca lebih panas atau anda sedang berolahraga, maka anda boleh menaikkan jumlah cairan anda.

4. Pilek atau flu.
Jadi, mereka yang pilek akan mengalami sakit kepala. Mengapa? Karena biasanya pilek itu paling banyak disebabkan oleh infeksi virus yang akan menyebabkan peradangan, Jika tubuh mengalami peradangan biasanya akan mengalami sakit di seluruh sendi termasuk kepala anda.

Jika hal ini terjadi maka yang anda butuhkan adalah beristirahat lebih banyak serta konsumsi lebih banyak air putih dan vitamin C anda bisa mendapatkannya dari sayuran dan buah-buahan atau mungkin anda bisa mendapakannya dari makanan tambahan seperti suplemen.

5. Sakit gigi.
Banyak orang bilang lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, saya tidak tahu ini benar atau tidak karena saya tidak mengalaminya. Jadi sakit gigi itu sangat erat kaitannya dengan sakit kepala. Mengapa? Karena sangat dekat posisinya dan syarafnya saling terhubung.

Banyak orang di Indonesia, mungkin di seluruh dunia yang sangat malas untuk kontrol gigi dan menjaga kebersihan gigi mereka akhirnya sampai berlubang dan kalau sudah berlubang itu sakit sekali. Anda sampai tidak bisa tidur, tutup mulut saja setengah mati mengunyah makanan juga susah.

Jadi saya sarankan kepada anda semua yang membaca artikel saya ini, anda bisa kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali anda juga harus berusaha untuk menjaga kebersihan mulut anda karena dengan melakukannya maka anda mengurangi resiko terjadinya gigi berlubang.

6. Mengkonsumsi makanan dingin terlalu cepat. Mengkonsumsi makanan atau minuman dingin terlalu cepat.
Ada orang yang mengatakan begini makanan atau minuman dingin jika masuk ke dalam tubuh suhunya akan kembali normal seperti tubuh kita, benar. Saya tidak menyalahkan itu. Tapi ingat, tubuh harus memecah ATP (Adenosin Trifosfat) untuk menghasilkan energi sehingga bisa menormalkan kembali suhu yang terlalu dingin tadi dan ingat bahwa itu butuh waktu. Jika anda mengkonsumsinya terlalu cepat, maka akan mengganggu sistem tubuh dan syaraf-syaraf anda.

Syaraf ini juga berhubungan dengan syaraf di otak anda. Sehingga jika terganggu anda akan mengalami sakit kepala. Biasanya tidak terlalu lama tetapi jika anda sering melakukannya otomatis tidak baik juga bagi tubuh anda.

Apa yang lulusandiploma.com bahas tadi merupakan 6 penyebab umum mengapa anda sakit kepala. Pesan saya disini adalah : Ketahuilah penyebab mengapa anda sampai sakit kepala dan bukan berarti begitu anda sakit kepala harus langsung mencari obat.

Mungkin anda membeli di apotek terdekat atau di toko terdekat dan langsung mengkonsumsinya setiap kali sakit kepala, banyak masyarakat kita yang akhirnya mendapatkan efek buruk dari obat sakit kepala yang diminum setiap hari.

Mungkin dosis pertama 1 tablet akhirnya naik 2 tablet, 3 tablet, karena terjadi resisten di dalam tubuh mereka. lulusandiploma.com harapkan anda semua dapat mengkonsumsi obat dengan bijak dan anda dapat mengetahui penyebab mengapa anda bisa sakit kepala.
Kami selalu mendoakan agar anda semua tetap sehat.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "6 Penyebab Umum Sakit Kepala"