Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

STRUKTUR DAN FUNGSI SEL #lulusandiploma


Terdepan dua kelompok utama sel, yaitu sel prokariotik dan eukariotik. Pada sel prokariotik, materi genetik tersebar didalam suatu badan serupa inti yang tidak dikelilingi oleh membrane. Sel eukariotik, sebaliknya, memiliki inti sel yang sangat kompleks dengan selubung inti yang terdiri dari dua membran.

Sel-sel pada tubuh hewan dan tumbuhan termasuk dalam golongan sel eukariotik. Mikroorganisme yang eukariotik misalnya protozoa, protista, dan semua jamur. Ada juga mikroorganisme yang prokariotik, misalnya bakteri dan alga hijau-biru.

Sel bakteri dan alga hijau-biru pada hakikatnya sama dengan sel tumbuhan, kecuali tidak adanya kloroplas, nukleous dan mitokondria. Klorofil tersebar didalam protoplasma. Nukleous tidak terlihat sebab bahan nukleous tersebar didalam protoplasma dan belum diselubungi membran.
.
Struktur
Prokariotik
Eukariotik
Membran nucleus
-
+
Membran plastida
-
+
Nukleus
-
+
Plastida
-
+/-
Mitokondria
-
+
Badan Golgi
-
+
DNA
+
+
RNA
+
+
Histon
-
+
Pigmen
+
+

Demikianlah artikel mengenai Struktur Dan Fungsi Sel #lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "STRUKTUR DAN FUNGSI SEL #lulusandiploma"