Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Rangkuman Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas 12





RANGKUMAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN
1. Pertumbuhan dapat diartikan sebagai proses pertambahan biomassa atau ukuran (berat, volume atau jumlah) yang sifatnya irreversible (tidak dapat balik).
2. Perkembangan dapat diartikan sebagai proses perubahan menuju kedewasaan.
3. Ada dua macam tipe perkecambahan, yaitu perkecambahan epigeal (kotiledon terangkat ke atas tanah) dan perkecambahan hypogeal (kotiledon tetap berada di dalam tanah).
4. Faktor lingkungan yang memengaruhi perkecambahan suatu biji, antara lain air, aerasi (oksigen), cahaya dan suhu.
5. Pertumbuhan primer merupakan aktivitas meristem apikal. Meristem apikal adalah meristem yang terdapat pada ujung akar atau pucuk batang.
6. Pada pertumbuhan sekunder, kambium membelah kearah luar dan kearah dalam. Kearah dalam membentuk xilem dan kearah luar membentuk floem.
7. Hormon yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman disebut fitohormon, antara lain auksin, giberelin, sitokinin, etilen dan asam absisat.
8. Tumbuhan memerlukan nutrisi untuk kelangsungan hidupnya. Nutrisi atau zat-zat makanan tersebut diperlukan sebagai sumber energi dan sebagai bahan penyusun komponen-komponen sel bagi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Demikian sedikit rangkuman dari bab pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda :-)
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Rangkuman Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas 12"