Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Informasi Gizi Seimbang yang Relevan dengan Zaman Milenial

Assalamu'alaikum...
Gizi seimbang - merupakan kebutuhan asupan makanan dan minuman yang di butuhkan oleh tubuh manusia demi terciptanya metabolisme tubuh yang sehat dan sistem imun yang baik. Guna mencapai gizi seimbang, tentu harus di lakukan usaha yang lebih demi terpenuhinya asupan nutrisi yang di perlukan oleh tubuh.

Seperti yang kita tahu, ketika sekolah dulu sering terdengar gizi seimbang berupa empat sehat lima sempurna. Nah, menurut Menkes RI ada gizi seimbang yang telah relevan dan sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Apa sajakah itu ? Mari simak uraiannya berikut ini :


1. Membiasakan Sarapan Pagi

Sarapan pagi sangat baik bagi sistem pencernaan manusia, karena ketika di pagi hari dengan aktivitas yang begitu banyak, akan memerlukan energi yang cukup besar. Sarapan pagi juga bisa menghindari penyakit magh karena termasuk menjaga pola makan yang teratur.

2. Cuci Tangan 

Mencuci tangan sangat penting sebelum dan setelah makan. Tangan merupakan pintu gerbang masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Cucilah tangan di air mengalir dengan menggunakan sabun, karena kuman dapat mati dengan sabun.

3. Konsumsi Aneka Ragam Makanan Pokok

Makanan pokok bagi orang Indonesia adalah nasi. Namun kamu bisa mengganti menunya dengan mencoba roti atau gandum.

4. Buah dan Sayur

Kedua bahan ini mengandung banyak protein, mineral dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh.

5. Lauk Pauk Berprotein Tinggi

Lauk seperti ikan, daging, telur dan kacang - kacangan bisa kamu jadikan sebagai sumber protein bagi tubuh.

6. Membatasi Makanan Berlemak, Asin dan Manis

Sudah menjadi pengetahuan bagi hampir semua orang bahwa makanan manis, asin dan berlemak bisa menjadi pendonor pertama bagi tubuh untuk mendapatkan penyakit - penyakit kardiovaskular. Tentu saja di perbolehkan, namun alangkah lebih baik untuk di kurangi atau menjadi makanan selingan saja.

7.  Konsumsi Air yang Cukup

Tubuh memang sangat membutuhkan air. Tanpa air, manusia bisa mati dehidrasi. Cukupilah kebutuhan air minum dengan minimal 8 gelas per hari. Hal ini berpengaruh juga pada kinerja ginjal.

8. Miliki Berat Badan Ideal

Saat ini hampir setiap perempuan di dunia menginginkan tubuh yang kurus. Akan tetapi jika aktivitas fisik yang kita lakukan tidak seimbang dengan berat badan kita, akan sangat berbahaya bagi kondisi tubuh kita. Kita akan mudah merasa kelelahan dan bisa menyebabkan ketegangan otot. Memiliki berat badan ideal adalah yang terbaik.

9. Membaca Label Pada Makanan Kemasan

Selain memperhatikan label Halal dan label kadaluarsa, kamu bisa memperhatikan informasi gizi yang tersedia pada kemasan makanan. Dengan begitu kamu bisa menghitung kalori yang masuk ke dalam tubuhmu melalui makanan atau minuman itu.

10. Bersyukur

Ini adalah hal yang paling penting ketika sedang ada makanan atau pun tidak ada makanan untuk di makan. Karena beryukur akan menambahkan rahmat Allah pada kita.

Demikianlah 10 informasi gizi seimbang yang telah di sesuaikan dengan kehidupan zaman sekarang. Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum...
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "10 Informasi Gizi Seimbang yang Relevan dengan Zaman Milenial"