Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Dasar Teori Untuk Proposal Tugas Akhir Judul Bentonite Lumpur Properties

Bahan lumpur tergolong water base mud yang di gunakan dalam penelitian laboratorium ini, terdiri dari tiga fasa, yaitu air, benda padat kolodial aktif, bentonite dan bahan kimia organik dan anorganik.



Susunan mineral dari bentonite mentah terlebih dahulu di analisis dengan bantuan alat difraksi sinar X (XRD) dan alat termal diferential (DTA). Selain itu, dianalisis beberapa sifat kimianya. Bentonite yang tersusun dari ca-montmorilonite dengan ciri - cirinya yang baik, dapat di gunakan sebagai bahan lumpur pemboran.

Penelitian ini merupakan suatu studi pendahuluan mengenai peranan ca-montmorilonite dalam menentukan sifat - sifat fisik lumpur bentonite. Di pelajari pengaruh perlakuan bahan polimer dan soda abu dalam jumlah tertentu terhadap lumpur ca-bentonite sehingga di peroleh beberapa sifat rheologi terpenting yang memenuhi syarat yangg di tentukan oleh American Petroleum Institute (API). Standart no.13 A (Team API 1990). Pemberian addictives tersebut kepada bentonite juga di perika sifat - sifat termalnya dengan DTA.

Bahan Lumpur Water base mud

Bahan lumpur tergolong water base mud terdiri dari empat fasa dasar, yaitu air, benda padat koloidal aktif bentonite, benda padat inert (barite), dan bahan kimiawi (Mc Gray dan Cole, 1975).

Fungsi Air

Fungsi air adalah untuk mensuspensikan bentonite yang di kandungnya. Selain itu cairan berfungsi untuk memberikan viskositas yang dapat di ubah untuk memperoleh setiap sifat rheology yang di inginkan serta memberikan tekanan hidraulik kepada dasar lubang pemboran (Chilingarian dan Vorabutr, 1981).

Sudut Pandang Bentonite

Bentonite adalah suatu bahan yang mempunya dua macam arti yang berbeda. Yang satu melihatnya sebagai deposit montmorilonite komersial karena bersifat mengembang, mempunyai viskositas dan gel strength. Sedangkan yang kedua memandangnya sebagai suatu lapisan batuan genetik yang terbentuk oleh perubahan abu vulkanik menjadi mineral lempung montmorilonite (Eslinger dan Pavear, 1988).

Sifat - sifat Rheology Dalam Bentonite

Apparent Viscosit
Pembacaan jarum pada 600 rpm/2

Plastic viscosity
(Pembacaan jarum pada 600 rpm) - (Pembacaan jarum pada 300 rpm)

Yield point
Pembacaan jarum pada 300 rpm - Plastic viscosity

Gel strength (lb/100ft^2)
Ditentukan dua kali, setela di diamkan selama 10 detik dan 10 menit. Perbedaan dalam kedua harga tersebut merupakan suatu ukuran thixotrophy dari sistem lumpur.

Baca juga Contoh Pendahuluan Untuk Proposal Tugas Akhir Judul Gas Lift

Sifat filtrat dan mud cake di tentukan dengan menggunakan alat filter press.
Filtrat = 2 x volume filtrat yang terkumpul antara menit ke 7.5 sampai dengan menit ke - 30.
Mud cake di tetapkan ketebalannya dalam mm.
Moisture (%berat) di tentukan dengan formula :
Moisture (%berat) :
400 = (Berat contoh awal - berat contoh kering) / Berat contoh awal, berat dalam gram

Persentase residu pasir yang berukuran lebih dari 75 mikrometer / 200 mesh (wet screen analisis) di tentukan dengan formula :
Residu berat :
400 = Berat residu / Berat contoh, berat dalam gr
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Contoh Dasar Teori Untuk Proposal Tugas Akhir Judul Bentonite Lumpur Properties"