Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pertanyaan Interview dan Jawabannya untuk Fresh Graduate

Pertanyaan Interview dan Jawabannya untuk Fresh Graduate - Lulusan diploma mengetahui pertanyaan interview dan jawabannya banyak dicari bagi kebanyakan pelamar kerja terutama bagi kalian fresh graduate atau masih baru menghadapi dunia kerja baik lulusan dari bangku SMP, SMA ataupun Perkuliahan. Pencari kerja pastinya sudah mempersiapkan apa saja yang harus dipelajari saat menghadapi wawancara kerja, tidak lain tujuan yang dimaksud dalam menyiapkan artikel mengenai pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate karena ingin menambah wawasan kalian serta gambaran apa saja sebenarnya yang ditanyakan pada saat interview kerja.

Dari suatu pengalaman interview kerja yang dilakukan membuat anda bisa menilai sebenarnya apa tujuan recruiter mengadakan agenda ini, fikiran kita mengapa harus demikian dan apakah tidak seharusnya kita melamar lalu besoknya langsung bekerja.

Usut demi usut dari beberapa wawancara kerja yang Lulusandiploma jalani ternyata tujuan recruiter mengadakan test masuk kerja adalah untuk mengetahui pribadi pelamar apakah dirinya layak, pantas dan memahami mengenai tugas dan tanggung jawab jobdesk yang dilamar. 

Bagi yang sudah mengikuti seleksi kerja biasanya pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate ini menjadi pengalaman yang luar biasa untuk dipelajari agar interview selanjutnya bisa menjawab dengan benar.

Tidak semua fresh graduate memiliki daya tarik yang sama, pastinya diantara kita ada juga yang sudah berkali-kali mengirimkan lamaran kerja namun hasilnya tidak ada panggilan sama sekali (baca juga: Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan). Berikut beberapa tips agar cepat dipanggil kerja.

Sebelum kita melihat mengenai beberapa pertanyaan interview dan jawabannya untuk freshgraduate alangkah baiknya pahami terlebih dahulu bagaimana agar kita lolos akan seleksi yang bersifat administrasi sehingga dapat dipanggil wawancara. 

1. Berdoa Agar Cepat Dipanggil Kerja

BERDOA
Sebelum melakukan ikhtiar alangkah baiknya memulai dengan mengingat Allah subhanahu wata a'la agar tujuan untuk membahagiakan orangtua, keluarga dan sanak saudara dalam mencari pekerjaan bisa terlaksana sehingga dapat mengharumkan nama baik mereka dalam kesuksesan.

Doa agar cepat dipanggil kerja yaitu dengan rutin dan terus menerus agar apapun hajat yang diinginkan bisa tercapai, dari HR Ahmad : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima. Lalu tambahkan dengan permohonan dari diri sendiri contohnya; ya Allah semoga hamba dapat diterima bekerja di PT. dan bisa menjawab dalam menghadapi pertanyaan interview, bantulah hamba yang fresh graduate ini ya Allah ......

2. Buat CV Yang Menarik

BUAT-CV
Dalam mencari pekerjaan harus memiliki CV Yang Menarik serta tingkat kepekaan yang sangat tinggi, karena apabila anda merasa biasa saja serta santai dalam persaingan dengan banyak orang diluar sana maka kecil kemungkinan bagi kalian untuk diterima bekerja pada perusahaan yang kalian minati.

Tugasmu membuat CV atau curiculum vitae semenarik mungkin agar recruiter bisa menilai bahwa anda memiliki banyak pengalaman, cukupnya ilmu dan layak untuk bekerja pada perusahaan yang sedang ia kelola. Cari tau terlebih dahulu dalam hal ini atau anda juga bisa melihat artikel yang sudah kami buat mengenai Contoh CV dan Surat Lamaran Kerja.

3. Caritahu Informasi Mengenai Lowongan Kerja

LOKER
Bagi fresh graduate tidak ada salahnya untuk menggali informasi mengenai lowongan kerja yang terupdate, kalian bisa mencari lowongan tersebut di sosial media seperti facebook, twitter, whatsapp dan telegram karena dari sana banyak rekan seperjuangan lainnya menshare beberapa lowongan kerja yang mungkin sesuai pada diri anda.

Selain mencari di sosial media, jalinlah silaturahmi dengan angkatan atas atau yang memiliki banyak relasi agar kita mudah menggali informasi terupdate mengenai lowongan kerja. Jangan sampai ketinggalan satu langkah dari rekan pencari kerja lainnya, karena banyak diluar sana yang memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan pekerjaan.

4. Kirim CV dan Lamaran Sebanyak Mungkin

KIRIM-LAMARAN
Pengalaman saya dahulu pada saat sebulan sebelum lulus dari bangku perkuliahan aktif dalam mencari lowongan kerja melalui internet dan sosial media lalu mengirimkan lamaran kerja melalui email. Saya menganggap hal ini sangatlah penting bagi kalian fresh graduate karena dari usaha yang satu banyak menimbulkan panggilan kerja dari berbagai perusahaan.

Apabila sudah mengirim banyak lamaran dan sampai sekarang masih belum dipanggil interview, berarti ada yang salah dari curiculum vitae atau cv kalian, silahkan di update lagi dan dipelajari mengenai bagaimana membuat cv yang baik dan benar, kalian dapat membaca artikel mengenai Contoh CV Agar di Panggil Interview

5. Belajar Mengenai Pertanyaan Interview dan Jawabannya

PERTANYAAN-INTERVIEW
Yang kelima yaitu kita harus belajar dalam menghadapi berbagai pertanyaan interview dan jawabannya khususnya bagi kalian yang masih lulusan baru atau fresh graduate. Karena kunci keuksesan seseorang bukan dinilai dari keberuntungan melainkan kesungguhan dalam menggapai sebuah impian.

Pertanyaan Interview dan Jawabannya untuk Fresh Graduate

Dalam hal ini ada beberapa hal harus dipelajari dimulai dari pertanyaan terkait diri sendiri, pengetahuan bahkan pengalaman yg kalian miliki. Baca juga : Pertanyaan Interview dan Jawabannya dan Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik. Semua tergantung dari recruiter dengan tujuan dan apa yang akan dicari tau mengenai diri anda. Berikut beberapa pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate yang telah Lulusandiploma.com rangkum;

1. Pertanyaan interview; "Coba ceritakan sedikit tentang diri anda"

Silahkan kalian ceritakan apa saja yang menjadi nilai lebih yang dimiliki, usahakan jawaban interview yang kalian ucapkan jelas, padat, singkat dan berbobot.

Contoh jawaban interview
Sebelumnya terimakasih telah memberikan waktu bapak/ibu menyempatkan waktu untuk saya mengikuti interview. Nama saya Sandi Okta Prayoga, baru lulus Diploma III jurusan Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kebakaran, saya seorang yang memiliki semangat tinggi, mudah bergaul dan pekerja keras.

2. Pertanyaan interview; "Apa saja ilmu yang anda dapatkan dibangku kuliah"

Nah jangan bingung apabila ditanyakan oleh recruiter dengan pertanyaan seperti ini, ia hanya ingin menguji apakah pribadi anda adalah yang paling cocok untuk mendapatkan karir tersebut atau orang lain.

Contoh jawaban interview
Saya bisa memahami ilmu mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja seperti bagaimana merencanakan suatu program, bagaimana cara mengimplementasikan program yang sudah saya buat tersebut serta bagaimana cara mengevaluasi ketidaksesuaian aatau kekurangan dari program yang sudah dibuat.

Keselamatan dan kesehatan kerja bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman sehingga tidak ada kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja yang timbul serta dapat menyebabkan kerugian pada perusahaan.

3. Pertanyaan interview; "Mengapa anda melamar pada bagian ini"

Kasih alasan kepada recruiter mengenai alasan kalian dalam melamar pada bagian ini, bisa dijawab dengan to the point dan tidak usah bertele-tele agar ia tahu keseriusan dan skill yang anda miliki.

Contoh jawaban interview
Karena posisi yang saya lamar sangat cocok dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang saya miliki, saya melamar pada bagian safety man dan saya memahami mengenai jobdesk seorang safety man antara lain; memitigasi resiko, melakukan perencanaan pengendalian, melakukan safety talk dan komunikasi keselamatan lainnya agar terciptanya lingkungan kerja yang aman dan tidak ada kecelakaan ditempat kerja.

4. Pertanyaan interview; "Apa kelebihan anda"

Bagi kalian para freshgraduate tidak ada salahnya jawab pertanyaan yang telah disajikan rekruiter dengan lugas dan lantang agar meyakinkan denganya bahwa anda benar-benar memiliki kelebihan tersebut.

Contoh jawaban interview
Saya adalah pekerja keras, mudah bersosialisasi dan bergaul serta saya adalah seorang yang mudah memberikan ide atau gagasan mengenai masalah yang ada.

5. Pertanyaan interview "Apa kekurangan anda"

Apabila ditanyakan perihal apakah kekurangan anda, jangan jawab dengan kepolosan contohnya saya malas bekerja, sering tidur dan lain sebagainya. Seringkali para fresh graduate tidak memikirkan hal ini, baiknya menjawab dengan penuh makna yang bisa membangkitkan pula mengenai skill yang kalian miliki.

Contoh jawaban interview
Pribadi saya memiliki kekurangan yang kadang sering lupa, namun untuk mengantisipasi agar kekurangan yang saya miliki tidak berdampak pada pekerjaan untuk hal penting biasanya saya sering mencatatnya. Selain dari pada itu sayapun memasang reminder pada handphone agar kekurangan bisa dijadikan skill tambahan seolah saya tidak pernah lupa akan semua hal.

6. Pertanyaan interview; "Apabila diterima, bagaimana cara anda bersosialisasi dengan karyawan lain"

Sosialisasi adalah cara rekruiter menilai kalian para fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, ini adalah penilaian mengenai pribadi pelamar apakah benar-benar cocok dengan kriteria dan jobdesk yang akan dilamar tersebut.

Contoh jawaban interview
Apabila saya diterima bekerja saya akan melakukan perkenalan terlebih dahulu kepada rekan lainnya yang sudah lama, lalu saya akan memulai pembicaraan dengan bertukar cerita dan pengalaman agar lebih dekat kepada rekan kerja serta menanyakan hal-hal seputar pekerjaan dan kondisi perusahaan agar lebih mengetahui lebih jauh mengenai apapun yang harus saya kerjakan.

7. Pertanyaan interview; "Apa yang anda ketahui tentang Perusahaan ini"

Fresh graduate yang lama menganggur dirumah biasanya mencari tahu mengenai beberapa Perusahaan yang sedang dilamarnya, mungkin pertanyaan ini tidak terlalu membingungkan untuk dijawab.

Contoh jawaban interview
Perusahaan ini bergerak pada bagian konstruksi yang pekerjaannya terkait dengan bidang pembangunan konstruksi gedung dan irigasi serta penyedia jasa. Dari dahulu saya sudah mengidamkan masuk pada perusahaan ini dan saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk bergabung agar saya dapat berkontribusi mengaplikasikan ilmu yang saya miliki.

8. Pertanyaan interview; "Apa yang anda ketahui tentang Jobdesk yang dilamar"

Sebelum melakukan wawancara kerja alangkah baiknya kalian para fresh graduate belajar terlebih dahulu mengenai tugas dan tanggung jawab atau jobdesk apa saja yang harus dilakukan dari lamaran yang kalian ajukan.

Contoh jawaban interview
Jobdesk yang saya lamar yaitu HSE Officer yang betugas sebagai pelopor keselamatan dan kesehatan kerja, ia dituntut untuk menerapkan segala program yang berkaitan dengan bagaimana caranya meminimalisir segala potensi bahaya yang ada lingkungan kerja agar tidak terjadi kecelakaan yang ditimbulkan akibat kerja yang dapat merugikan perusahaan.

9. Pertanyaan interview; "Bagaimana anda menyelesaikan suatu masalah dalam pekerjaan"

Bagi semua fresh graduate yang memiliki banyak masalah sekarang adalah saatnya kalian mengungkapkan bagaimanya menyelesaikan suatu masalah tersebut dengan baik dan terselesaikan, karena recruiter ingin tau mengenai pribadi kamu apakah layak untuk dijadikan calon karyawan pada perusahaan yang sedang ia kelola.

Contoh jawaban interview
Apabila ada masalah dalam pekerjaan saya akan mengatasinya dengan mengkomunikasikan apapun yang dihadapi dengan atasan langsung, karena sebuah koordinasi yang baik adalah kunci agar masalah yang kita hadapi bisa terselesaikan.

10. Pertanyaan interview; "Apabila anda diminta masuk kerja sedangkan pada hari itu sedang libur, apa yang anda lakukan"

Jangan sampai kalian bilang tidak ataupun menanyakan berapa uang lembur yang berlaku di Perusahaan tersebut, karena rekruiter akan menilai kalian para fresh graduate bekerja hanya karena uang bukan karena keihlasan dan perjuangan.

Contoh jawaban interview
Saya akan melakukan koordinasi dengan atasan mengenai jobdesk apa yang harus saya lakukan pada hari tersebut, dan saya pasti akan siap kapanpun perusahaan membutuhkan tenaga dan skill yang saya miliki.

11. Pertanyaan interview; "Apa anda bersedia bekerja lembur'

Pokonya seandainya rekruiter mengajukan pertanyaan seperti ini jangan sampai bilang tidak ya, fikirkan penilaian anda dimatanya. Usahakan bilang ya tanpa kecuali apapun.

Contoh jawaban interview
Ya saya siap apapun kondisinya, karena saya adalah orang yang sangat suka bekerja dengan target dan tujuan yang akan dicapai.

12. Pertanyaan interview; "Kenapa kami harus menerima kamu diperusahaan ini"

Kalian para pencari kerja lulusan baru atau fresh graduate harus menemukan jawaban yang paling tepat agar segala kontribusi yang akan kamu jalankan dapat diketahui oleh rekruiter.

Contoh jawaban interview
Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk perusahaan agar segala ilmu yang saya miliki menjadi salah satu kunci untuk mengembangkan daya jual Perusahaan agar lebih baik.

13. Pertanyaan interview; "Apa rencanamu 5 tahun kedepan"

Hidupmu harus memiliki perencanaan yang benar-benar, bahkan sebuah perusahaan sering menanyakan mengenai rencanamu pada 5 tahun kedepan. Usahakan kalian para fresh graduate tidak kebingungan pada masalah ini, semua rencana akan hadir pada benakmu dan mulai sekarang belajarlah menjadi seorang perenca.

Contoh jawaban interview
Dalam target 5 tahun kedepan saya pasti menjadi seorang Manajer HSE, saya yakin pelatihan dan masukan yang akan diberikan perusahaan pasti akan menjadikan saya menjadi pribadi yang sangat berkembang dalam menerapkan beberapa keahlian yang saya miliki.

14. Pertanyaan interview "Apa yang dapat kamu berikan kepada perusahaan"

Tunjukan bahwa bekerjanya kamu diperusahaan dapat melakukan kontribusi bisa naik mengingat daya saing global yang terus berkembang.

Contoh jawaban interview
Apabila diterima bekerja pada perusahaan ini saya berharap bisa menjalankan target kerja yang telah diberikan serta meraih penghargaan untuk perusahaan dari mentri ketenagakerjaan republik Indonesia terkait keselamatan dan kesehatan kerja.

15. Pertanyaan Interview "Bagaimana cara kamu dalam menghadapi tekanan"

Tidak ada salahnya kalian ungkapkan beberapa pengalaman mengenai tekanan yang diberikan oleh guru atau dosen pada masa sekolah dahulu bagi kalian para fresh graduate.

Contoh jawaban interview
Sebenarnya tidak ada kesulitan dalam menghadapi tekanan saat bekerja, kita hanya fokus dalam pekerjaan tersebut agar target yang telah diberikan bisa terimplementasi dan sesuai dengan rencana.

16. Pertanyaan interview; "Lingkungan kerja seperti apa yang kamu sukai"

Sebelum menjawab alangkah baiknya ditelaah agar singkron dengan jabatan yang kalian lamar, jangan sampai seorang fresh graduate yang melamar sebagai admin namun menjawab lapangan adalah tempat kerja yang paling disenanginya.

Contoh jawaban interview
Saya menyukai bekerja dilapangan karena ilmu dari lapangan menurut saya sangat berharga dan lebih satu tingkat dengan teori serta ilmu yang saya dapatkan saat di bangku perkuliahan harus dibuktikan melalui implementasi dilapangan.

17. Pertanyaan interview; "Berapa gaji yang kamu harapkan"

Jangan salah memilih kata ya dalam menjawabnya, sebagai fresh graduate harus berhati-hati karena hal ini sangat sensitif dengan hasil penilaian rekruiter kepada anda.

Contoh jawaban interview
Saya berharap diberikan gaji lebih dari UMR yang sekarang berlaku, namun semua balik lagi dengan kebijakan perusahaan. Saya yakin kinerja yang saya berikan pasti akan dinilai perusahaan dan lambat laun gaji saya bisa lebih dari yang diharapkan.

18. Pertanyaan interview; "Apa prinsip hidup anda"

Siapapun pasti memiliki prinsip hdup yang berbeda-beda, tidak ada salahnya ungkapkan apapun prinsip dan komitmen anda.

Contoh jawaban interview
Apapun yang dapat saya bantu pasti akan saya lakukan sebelum seorang meminta bantuan, dan apapun yang bisa saya kerjakan sendiri sebisa mungkin saya tidak akan merepotkan orang lain.

19. Pertanyaan interview: "Apa yang paling anda tidak suka berhubungan dengan pekerjaan"

Para fresh graduate jangan jawab aneh-aneh ya, nanti recruiter memutar mutar pertanyaan ini terus apabila kalian menjawab dengan jawaban yang salah.

Contoh jawaban interview
Saya kesulitan untuk mengkondisikan rencana kerja yang kadang berubah.

20. Pertanyaan interview; "Bagaimana anda menghadapi kesulitan tersebut"

Segala kesulitan pasti ada kemudahan, optimis fresh graduate harus to the point menjawab dengan jawaban win win solution.

Contoh jawaban interview
Apabila rencana kerja yang mendadak berubah pertama saya harus mengkordinasikannya kepada atasan untuk menannyakan tugas mana yang lebih urgent untuk dikerjakan terlebih dahulu. Pastinya instruksi yang diberikan oleh atasan dapat dijadikan pegangan untuk kita mengerjakan suatu tugas.

21. Pertanyaan interview; "Kapan anda dapat mulai bergabung pada perusahaan ini"

Ini adalah pertanyaan yang paling fresh graduate tunggu, karena kemungkinan apabila recruiter sudah menanyakan ini kemungkinan kita diterima bekerja sudah berkisar 65%.

Contoh jawaban interview
Sebenernya kalo dibolehkan, hari ini pun saya siap untuk mulai bekerja. Karena ini adalah suatu harapan yang dari dulu saya impikan untuk bergabung pada perusahaan ini.

Kesimpulan

Pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate diatas paling sering ditanyakan pada saat wawancara kerja. Ada kalanya pertanyaan tersebut dapat berubah-ubah semua tergantung pada rekruiter Perusahaan, tugas anda adalah fahami dan pelajari mengenai pertanyaan dan jawaban interview tersebut. Sekian artikel ini semoga dapat bermanfaat, saya akhiri dengan wabillahitaufik walhidayah wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Pertanyaan Interview dan Jawabannya untuk Fresh Graduate"