Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Safety Talk Ringan Perawatan Genset

 Safety talk ringan harus selalu di jalankan sebelum melakukan segala pekerjaan yang akan di laksanakan, terutama pekerjaan ringan yaitu menyampaikan safety talk dalam penggunaan genset yang aman. Alasannya kamu harus mengetahui potensi bahaya dan pengendalian apa saja yang harus di terapkan agar pekerjaan tersebut bisa berjalan dengan aman.

Biasanya seorang pengawas harus sudah memitigasi segala aspek risiko yang mungkin timbul dari pekerjaan yang akan di lakukan, sehingga semua yang telah di mitigasi tersebut dapat di sampaikan pada kegiatan safety talk harian supaya setiap pekerja dapat mengetahuinya.

Sekarang ini hampir semua perusahaan telah menjadikan safety talk sebagai program khusus yang wajib dilaksanakan, semua tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh karyawan bekerja dengan aman dan menjamin terciptanya keselamatan dan kesehatan di tempat kerja.

Seringkali pemateri sering kebingungan tentang materi safety talk ringan apa yang akan disampaikan, apalagi bila safety talk di adakan setiap hari satu kali dan membuat pemateri tersebut kehabisan ide apa yang akan di bawakan.

Mungkin pada kesempatan sebelumnya, Lulusandiploma telah merangkum berbagai macam Materi Safety Talk yang bisa kalian dapatkan untuk mempermudah kegiatan tersebut agar dapat berjalan dengan lancar.

Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan contoh safety talk ringan dalam penggunaan genset yang aman di lokasi kerja supaya pekerjaan yang akan di laksanakan dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja. Berikut adalah safety talk ringan penggunaan genset.

Contoh Materi Safety Talk Ringan

materi safety nindya karya

Safety talk ringan yang akan kita rangkum yaitu dengan materi perawatan genset pada lingkungan proyek maupun perusahaan sekalian (baca juga: Safety Talk Covid-19). Berikut kami sampaikan contoh safety talk tersebut.

Assalamualaykumm, selamat pagi rekan seluruh tim proyek yang telah hadir dalam kesempatan safety talk pagi hari ini.

Kali ini izinkan saya selaku pembawa materi akan menyampaikan tentang cara penggunaan genset yang aman agar pekerjaan tetap berjalan dengan aman dan sesuai prosedur yang ada.

Sebenarnya apa saja persyaratan bekerja dengan aman saat menggunakan genset? Dan apa saja potensi bahaya yang mungkin terjadi? Apakah rekan yang hadir safety talk ada yang mengetahuinya?

Ada beberapa potensi bahaya yang dapat terjadi dan bisa berakibat fatality dalam pekerjaan penggunaan genset seperti kesetrum, kebakaran, ledakan, asap, keracunan gas dan lainnya.

Bagaimana sih langkah yang tepat supaya dalam perawatan dan penggunaan genset kita benar dan tetap aman? Ini yang harus rekan semua lakukan pada saat melakukan penggunaan:

1. Pemanasan genset

Lakukan pemanasan genset supaya mesin yang dipergunakan lebih handal, selain dari pada itu untuk yang pertama tips menggunakan genset agar tetap baik saat di pergunakan, cobalah dengan memulai pemeriksaan kecil dari komponen genset yang ada.

2. Periksa aki genset

Nah rekan sekalian yang hadir dalam kesempatan safety talk kali ini bisa mengambil inti permasalahan dalam pemeriksaan genset dengan melakukan pengecekan aki, tujuannya agar tidak ada kabel yang longgar dan koneksi yang terputus supaya tidak ada kendala saat proses penghidupanya.

3. Periksa sistem kontrol

Tata cara kerja aman yang ketiga dalam penggunaan genset yaitu dengan memeriksa sistem kontrol agar melancarkan penyalur. Lakukan pemeriksaan tersebut dengan mengikuti panduan pada genset dan secara berkala. Jangan lupa juga apabila ada perubahan pada sistem kontrol kembalikanlah pada posisi awal.

4. Periksa bahan bakar

Point keempat sebelum penggunaan genset dilaksanakan, pastikan bahan bakar telah tersedia dan mencukupi untuk planning pemakaian jangka panjang. Jangan sampai genset saat beroperasi lalu kehabisan bahan bakar karena dapat merusak sistem mesin yang ada.

5. Periksa sistem pembuangan

Kelima dalam melakukan perawatan genset cobalah memulai dengan pemeriksaan sistem pembuangan, apakah pembuangan dari genset tersebut berlebih dan asap yang dikeluarkan terlalu hitam. Karena apabila hal tersebut terjadi biasanya ada perubahan pada mesin atau kerusakan pada genset tersebut.

6. Periksa indikator mesin

Dalam langkah selanjutnya pada perawatan mesin genset kamu bisa memeriksa indikator mesin dengan melakukan pengecekan suhu radiator dan tekanan oli, selain dari pada itu kamu juga harus mendengar dan peka terhadap bunyi genset, bisa saja bunyi yang berubah ada potensi kerusakan.

7. Perawatan pelumas

Nah rekan semua harus peka juga terhadap perawatan pelumas, pastikan oli mesin genset tetap dalam indikator yang normal. Jangan sampai kekurangan oli karena bisa berakibat kerusakan dan membutuhkan biaya yang lebih banyak.

8. Perawatan sparepart genset

Nah dalam perawatan sparepart rekan semua bisa menggantinya dengan yang lebih layak apabila genset dipergunakan dengan kurun waktu yang sangat lama. Silahkan di baca buku panduan pabrik agar peralatan yang dimiliki tetap terawat dan terjaga.

9. Perawatan sistem pendingin

Nah point yang kesembilan dalam melakukan inspeksi genset kalian harus memastikan sistem pendingin tetap layak dan tidak ada kerusakan. Apabila ada maintenance pastikan juga dilakukan dengan hati hati supaya tidak ada indikator yang terlewat.

10. Menjaga kebersihan genset

Nah untuk menjaga peralatan yang akan kita pergunakan agar tetap aman, jagalah kebersihan pada genset terutama dari oli, bensi, debu, kotoran maupun sesuatu yang dapat mengganggu ketidaksesuaian pada genset tersebut.

Dari materi safety talk kesepuluh tips diatas dalam melakukan perawatan genset semoga bisa diterapkan saat akan mengoperasikannya. Harus adanya kesadaran tim agar pekerjaan yang akan dilaksanakan berjalan aman.

Mungkin dari safety talk ringan ini yang telah saya sampaikan semoga bisa diterima dengan baik oleh rekan semua dan dijadikan pembelajaran. Semoga rekan safety talk ringan ini diberikan kesehatan dan dalam perlindungan Allah subhanahu wata a'la saat bekerja.

Itulah safety talk ringan perawatan genset yang bisa Lulusan diploma sampaikan, harapan kami dapat membantu para praktisi HSE untuk menyampaikan motivasi keselamatan dan kesehatan kerja agar terciptanya lingkungan kerja aman.

Ohiya satu lagi yang tertinggal, dalam penyampaian safety talk usahakan pada kegiatan akhir diiringi dengan doa bersama. Semoga artikel safety talk ini bermanfaat, akhir kata saya ucapkan wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Safety Talk Ringan Perawatan Genset"