Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Potensi Bahaya Forklift [Materi Safety Talk Ringan]

 Potensi bahaya forklift harus dijelaskan kepada karyawan agar mereka lebih berhati hati dan tetap waspada pada saat mengoperasikan forklift. Potensi bahaya forklift bisa dijelaskan dalam memaparkan materi safety talk ringan yang rutin dilaksanakan sebelum memulai pekerjaan.

Selain karyawan lebih berhati hati saat bekerja, materi tentang potensi bahaya forklift juga efektif disampaikan saat membawakan materi safety talk ringan supaya karyawan bisa ikut berperan dalam upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penerapan keselamatan dilokasi kerja.

Selain potensi bahaya forklift, Lulusan diploma juga telah merangkum artikel yang lebih banyak tentang Safety Talk yang bisa didapatkan pada Kumpulan Materi Safety Talk Ringan. Tujuan kami agar rekan lebih terbantu saat memaparkan kepada karyawan.

Materi Safety Talk Ringan tentang Potensi Bahaya Forklift

Materi safety talk ringan
kegiatan safety talk proyek irigasi batang asai 22/07.22

Safety talk ringan sebenarnya banyak materi yang bisa disampaikan, salah satunya adalah dalam pekerjaan penggunaan forklift yang memiliki beragam potensi bahaya. Anda sebagai pengawas harus peka terhadap apapun potensi bahaya forklift yang ada, supaya pengendalian dapat direncanakan.

Berikut adalah contoh penyampaian potensi bahaya forklift yang bisa dibawakan saat melakukan kegiatan safety talk.

Assalamualaykum, semangat pagi. Semoga keselamatan selalu bergandengan dalam kegiatan kita. Materi safety talk ringan yang akan saya bawakan adalah tentang potensi bahaya forklift. Mungkin kita semua telah familiar mengenai risiko yang dapat timbul tersebut.

Disini saya hanya ingin mengingatkan kembali, karena tugas saya sebagai pengawas salah satunya yaitu untuk menerapkan aspek keselamatan serta mencari cara agar setiap pekerjaan dilaksanakan dengan aman.

Apa saja potensi bahaya forklift? Coba saya minta perwakilan dari operator maju kedepan untuk membntu saya dalam memaparkan akan hal tersebut.

Macam Macam Potensi Bahaya Forklift

Ada beberapa potensi bahaya yang dapat terjadi apabila pekerjaan berkaitan dengan forklift, risiko tersebut antara lain:

  1. Terjatuh saat ingin menaiki forklift
  2. Menabrak orang atau barang saat mengoperasikan forklift
  3. Tertabrak forklift saat berjalan pada area kerja
  4. Forklift terguling, terjungkal, dan slip
  5. Posisi tubuh yang terlalu lama saat mengendarai forklift
  6. Minyak yang bocor dari forklift
  7. Tersengat hewan saat mengoperasikan forklift
  8. Stress akibat terlalu lama mengoperasikan forklift
  9. Fatigue

Penyebab

Dari potensi bahya yang disebutkan tersebut pastinya ada penyebab sehingga risiko tersebut muncul. Ada beberapa penyebab yang paling dasar, antara lain: 

  1. Belum dilakukan pelatihan penggunaan forklift pada operator
  2. Lingkungan kerja kurang aman
  3. Tidak dilakukan inspeksi pada forklift
  4. Design forklift yang kurang baik sehingga terdapat cacat pada alat
  5. Saat mengoperasikan forklift tidak mengikuti prosedur yang ada
  6. Tidak tersedianya rambu
  7. Prilaku yang tidak aman dari operator forklift
  8. Kondisi tidak aman pada lingkungan kerja
  9. Pekerjaan yang berulang
  10. Tidak diterapkannya sistem manajemen K3 pada perusahaan

Nah dari segala penyebab dan potensi bahaya forklift yang disebutkan diatas dapat menjadi antisipasi kita semua agar dalam melaksanakan kegiatan tetap mengutamakan aspek keselamatan. Harus selalu ingat bahwa ada seorang yang dirumah sedang menunggu kabar dari Anda.

Pengendalian bahaya

Selain dari pada itu harus ada tindakan pengendalian yang dilakukan oleh karyawan yang bekerja berkaitan dengan forklift. Selain waspada pengendalian yang harus dilakukan antara lain:

  1. Telah dilakukan pemeriksaan forklift sebelum dipergunakan
  2. Memastikan area kerja (akses forklift) serta lingkungan aman dari bahaya
  3. Operator yang mengoperasikan forklift telah diikutsertakan training serta memiliki SIO
  4. Penyedian rambu serta memerhatikan rambu yang ada
  5. Harus dilakukan briefing kepada karyawan yang terlibat mengenai potensi bahaya yang mungkin terjadi dalam pekerjaan yang dilaksanakan
  6. Memerhatikan posisi duduk saat mengoperasikan forklift
  7. Melakukan manajemen fatigue dasar seperti melakukan pengecekan fatigue
  8. Menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja dalam pelaksanaan kegiatan pengoperasian forklift
  9. Karyawan yang terlibat dalam pekerjaan ini harus sudah dinyatakan fit untuk bekerja

Nah dari pemaparan pagi ini dalam materi safety talk ringan dalam pengoperasian forklift dan bekerja pada lingkungan tersebut, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran saya yaitu tetaplah bekerja dengan aman, perhatikan potensi bahaya dari forklift yang mungkin terjadi serta jangan lupa berdoa.

Sekian safety talk hari ini. Wassalamulaykum warahmatullahi wabarakatu. Semangat pagi!

Meminimalisir Potensi Bahaya Forklift Yang Efektif

Ada beberapa cara yang efektif untuk meminimalisir potensi bahaya forklift. Semua itu dapat Anda lakukan supaya penerapan keselamatan kerja berjalan sesuai, serta karyawan dapat merasakan rasa aman saat melaksanakan pekerjaan. Beberapa cara tersebut antara lain :

Identifikasi risiko

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah melakukan upaya untuk mengelola risiko yang ada agar bisa dicegah supaya tidak ada kecelakaan kerja, Anda bisa melakukannya dengan terstruktur, kesisteman dan terencana.

Beberapa cara yang bisa dilakukan dalam melakukan identifikasi risiko yaitu dengan menjabarkan melalui dokumen IBPR, JSA, HIRADC atau dokumen lain yang berkaitan.

Tentukan pengendalian

Tetapkan pengendalian yang harus dilakukan agar potensi bahaya yang telah diidentifikasi tersebut dapat terminimalisir. Anda juga perlu menerapkan program yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja dalam melaksanakan sebuah pengendalian.

Evaluasi ketidaksesuaian

Selalu evaluasi apabila ada kekurangan maupun ketidaksesuaian yang ada dalam identifikasi, pengendalian serta program yang telah dilaksanakan. Semua itu bertujuan agar segala yang diterapkan selalu memberikan perkembangan.

Libatkan karyawan

Yang terakhir yaitu Anda harus melibatkan seluruh karyawan sehingga semua penerapan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar. Karena dalam penerapan K3 tidak hanya dilakukan oleh sebagian orang namun untuk keseluruhan orang yang ada pada lingkungan tersebut.

Semoga artikel yang telah Lulusan diploma berikan terutama mengenai materi safety talk dapat bermanfaat! Silahkan cantumkan saran dikolom komentar agar kami bisa memperbaiki apabila ada kesalahan (baca juga: Materi safety briefing untuk pengawas).

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Potensi Bahaya Forklift [Materi Safety Talk Ringan]"