Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Briefing untuk Para Pengawas

 Materi safety briefing yang dilaksanakan setiap hari biasanya dipimpin oleh para pengawas lapangan yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan tersebut. Supervisor bertanggung jawab penuh terhadap terlaksananya penerapan sistem manajemen K3 pada tiap pelaksanaan pekerjaan.

Mungkin masih banyak yang menganggap bahwa materi safety briefing adalah tanggung jawab seorang petugas K3. Padahal yang lebih mengetahui akan potensi bahaya serta rencana kerja yang akan dilaksanakan adalah seorang pengawas itu sendiri.

Maka dari itu supervisor sebenarnya yang sangat pantas dalam membawakan materi safety briefing tersebut, dan petugas K3 tugasnya memastikan bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh Perusahaan.

Materi safety briefing untuk para pengawas ini adalah lanjutan dari Materi Toolbox Meeting Pagi yang sebelumnya kami paparkan.

Tips Membawakan Safety Briefing

Materi Safety Briefing
Safety Briefing PT Nindya Karya (Persero) proyek D.I Rentang

Ada beberapa tips saat membawakan materi safety briefing, semua itu harus dilakukan oleh supervisor agar pekerja memahami setiap apa yang kita sampaikan. Berikut beberapa tips untuk Anda saat membawakan pesan keselamatan untuk para pekerja.

(1) Bawakan safety briefing terkait pekerjaan yang akan dilaksanakan

Tips pertama yang harus dilakukan saat menyampaikan materi safety briefing adalah dengan memaparkan materi yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilaksanakan. Anda bisa menjabarkan tentang beberapa peraturan, metode kerja maupun hal lainnya.

Tujuan dari penyampaian tersebut adalah untuk memudahkan para pekerja yang ikut dalam safety briefing tersebut untuk mudah memahami apa yang Anda sampaikan. Biasanya pekerja lebih tanggap apabila Anda menjelaskan tentang pengetahuan yang berkaitan dengan keseharian yang dirinya kerjakan.

(2) Ajak komunikasi dua arah

Siapa sangka, ternyata komunikasi dua arah saat membawakan materi safety briefing dapat membuat pekerja mengerti akan apa yang Anda sampaikan. Cobalah sesekali membuat sesi tanya jawab pada kegiatan tersebut sehingga mereka dapat lebih fokus dengan apa yang disampaikan.

Safety briefing juga butuh masukan yang disampaikan oleh pekerja. Anda dapat mengajak para pekerja membawakan materi tentang sumber bahaya yang mereka temukan saat berada pada area kerja. Supaya tiap karyawan dan pekerja juga bisa untuk melakukan identifikasi bahaya agar semua level ikut terlibat sesuai dengan ISO 45001.

(3) Sanpaikan rencana kerja

Anda perlu menyampaikan rencana kerja yang akan dilaksanakan pada hari tersebut. Tujuannya adalah agar pekerja mengetahui metode kerja yang harus dilakukan sehingga segala aktivitas tersebut dapat dijalankan dengan aman.

Tujuan lain dalam penyampaian rencana kerja adalah agar pekerja bisa sigap dan mengetahui akan jobdesk yang akan mereka laksanakan. Serta untuk memaparkan risiko yang mungkin terjadi pada pekerjaan tersebut.

(4) Sampaikan potensi bahaya dari pekerjaan tersebut

Nah materi safety briefing yang paling penting untuk disampaikan yaitu dengan menginformasikan tentang potensi bahaya. Anda harus mengingatkan kepada tiap pekerja maupun karyawan agar selalu tetap waspada pada tiap pelaksanaan.

Pekerja juga harus peka terhadap apapun yang mungkin terjadi dalam perjaan mereka terutama yang dapat merugikan dirinya serta perusahaan. Tujuan dalam penyampaian ini juga untuk menambah kesadaran kepada mereka bahwa ada hal penting yang harus dijaga dalam pekerjaan.

(5) Sesekali berikan reward

Bagi supervisor yang mungkin kebingungan mendapatkan pekerja yang selalu tidak fokus apabila Anda sedang membawakan materi safety briefing. Mungkin pemberian reward bisa merubah pola fikir mereka agar sadar betapa pentingnya apa yang disampaikan pada pertemuan tersebut.

Metode safety briefing ini juga sama seperti pola komunikasi dua arah yang mengajak mereka untuk kontribusi dalam setiap program keselamatan yang dijalankan tersebut.

Selain memberikan reward, Anda juga bisa menyampaikan kinerja pekerja yang paling buruk dalam penerapan tersebut. Tunjuk saja siapa yang menurut penilaian Anda paling tidak perduli agar mereka bisa memperbaiki diri untuk selalu bekerja dengan aman.

(6) Tidak terlalu lama

Jangan sampaikan safety briefing dengan materi yang terlalu lama. Anda perlu mengingat bahwa yang hadir tersebut bukan hanya satu orang yang pastinya mereka memiliki sifat yang berbeda satu sama lainnnya.

Mungkin menurut Anda penyampaian yang disampaikan dengan lengkap dan panjang itu adalah baik. Namun tidak bagi orang yang mendengarkannya, mereka pasti ada rasa jenuh saat pembawaan yang terlalu lama.

Contoh Materi Safety Briefing

Safety Briefing
Safety Briefing PT Nindya Karya (Persero) proyek Batang Asai

Berikut adalah materi safety briefing untuk para pengawas yang bisa Anda sampaikan di lokasi masing masing.

Semangat pagi! Terimakasih telah hadir untuk mengikuti kegiatan kita setiap hari ini yaitu safety briefing. Terimakasih juga telah sadar mengenai betapa pentingnya penerapan keselamatan pada tiap kegiatan yang dilaksanakan.

Saya sangat senang apabila rekan semuanya perduli, contoh kecilnya dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) serta selalu menjaga kebersihan lingkungan kerja kita.

Tidak banyak orang yang mau perduli akan hal tersebut, mereka beranggapan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja hanyalah sebatas peraturan yang harus dipenuhi.

Saya sangat bersyukur di Perusahaan ini ternyata semua pekerja yang ada dibawah tanggung jawab saya memiliki tingkat kesadaran yang tinggi serta antusiasnya begitu wah terhadap keselamatan.

Melalui materi safety briefing kali ini saya ingin mengingatkan suatu hal yang perlu Anda perhatikan pada pekerjaan yang akan kita lakukan pada hari ini.

Hari ini kita akan melaksanakan pekerjaan dewatering pada area tunnel atau terowongan, dimana Anda semua pasti mengetahui apa saja risiko yang mungkin terjadi.

Beberapa risiko yang mungkin terjadi pada pekerjaan kita antara lain:

  • Saat kita memasuki area tunnel atau terowongan, ada potensi berbahaya dari udara yang akan kita hirup, contohnya :
    • Kekurangan o2
    • Kandungan gas beracun
  • Longsor pada area struktur tunnel yang belum dishocrete
  • Kesehatan tidak fit saat bekerja di ruang terbatas
  • Binatang berbisa
  • Terjatuh
  • Terpeleset
  • Terkena benda pukul
  • Etc

Dari potensi bahaya tersebut yang selalu diulang pada materi safety briefing yang saya bawakan. Tujuan saya adalah agar rekan semuanya selalu waspada akan semua hal yang mungkin terjadi tersebut.

Sebelum Anda bekerja, pastikan semua pengendalian yang dicantumkan pada job safety analysis telah dilakukan, contoh kecilnya dengan :

  • Sebelum Anda memasuki tunnel pastikan pengecekan kesehatan harian telah dilaksanakan. Anda harus cek tensi terlebih dahulu kepada petugas HSE. Pesan saya jangan ada yang akal akalan, itu semua penting untuk menjamin kesehatan Anda tetap terjaga sebelum bekerja.
  • Kedua yaitu dengan memastikan blower telah dihidupkan sebelum Anda masuk pada area tunnel.
  • Sudah dilakukannya pengecekan kandungan udara pada area tunnel menggunakan gas detector.
  • Dokumen permit, izin kerja dan monitoring gas telah dibuat.
  • Selalu komunikasi apabila menemukan sumber bahaya yang dapat merugikan diri kita, rekan dan perusahaan.

Dari materi safety briefing pagi ini yang telah saya sampaikan, harapan saya adalah Anda tetap optimis dengan target yang telah kita rencanakan, tetap bekerja dengan aman dan jangan lupakan keselamatan.

Anda harus ingat, pesan keselamatan bukan hanya disampaikan melalui materi safety briefing. Namun Anda juga harus menyampaikan pesan tersebut kepada rekan disekeliling yang bekerja kurang aman.

Alangkah baiknya sebelum saya tutup safety briefing kita berdoa bersama supaya pekerjaan yang akan kita lakukan semuanya bisa lancar dan kita semua selalu diberikan keselamatan dan kesehatan.

Selesai

Semoga materi safety briefing singkat tersebut dapat bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jangan lupa baca juga beberapa rekomendasi dari kami tentang 46+ Materi Safety Briefing yang telah Lulusan diploma rangkum secara lengkap.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Briefing untuk Para Pengawas"