Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Magang di PGN (Perusahaan Gas Negara)

Magang di PGN adalah suatu pengalaman berharga yang pernah Lulusan diploma dapatkan, dahulu saat melakukan magang di Pertamina Gas Negara saya tidak mengetahui apa apa dengan yang namanya dunia kerja. Fikiran masih bertanya seperti apa sih kerja itu.

Nah perjalanan magang di PGN (Pertamina Gas Negara) akhirnya dimulai, saya baru mengetahui ternyata seperti itulah bekerja. Cukup lelah, capek dan juga penuh makna. Saat itu magang di perusahaan gas negara ternyata di gaji, sayangnya dahulu hanya melakukan magang dalam sebulan.

Dalam fikiran, seandainya saya mengajukan magang di pertamina gas negara lebih dari waktu tersebut, pastinya saya akan digaji cukup banyak. Nah berikut beberapa pengalaman saya bagaimana sampai bisa diterima magang di PGN.

Untuk mengikuti artikel tentang cara magang di PGN kamu bisa melihat daftar isi dibawah ini. Segera daftarkan agar perjalanan kalian untuk menyelesaikan kuliah bisa berjalan dengan mudah. Jangan sampai kamu menunggu.

Alasan Memilih Magang di PGN

magang pgn
Perusahaan Gas Negara (PGN)

Apabila ditanya mengapa magang di Perusahaan Gas Negara, pastinya saya akan menjawab gakefikiran. Awalnya saya mencari sana sini dimana Perusahaan yang menerima mahasiswa magang, ternyata ada informasi dari rekan kampus bahwa PGN membuka lowongan tersebut.

Saya mencoba untuk searching di Internet perusahan perusahaan, nah ketemu deh tuh berbagai perusahaan yang membuka lowongan untuk mahasiswa magang.

Saya langsung mencari tahu keberadaan kabar tersebut benar adanya atau tidak, mencari email email perusahaan yang bersangkutan.

Dan berbagai macam balasan email dari perusahaan tersebut tertuju kepada saya, saya baca dan saya pilih yang sesuai dengan kriteria,

Ternyata PT. Perusahaan Gas Negara inilah yang masuk dalam kategegori saya; sebagaimana juga mengingat prestasi dan nama perusahaan ini yang begitu wah dan menjanjikan. Disini saya merasa begitu beruntung, mengapa? ya karna saya merasa sangatlah dimudahkan oleh Allah untuk bisa melaksanakan Tugas Akhir di perusahaan besar ini.

Cara magang di PGN

Kerja prakterk lapangan 

Ada beberapa cara agar kamu bisa magang di Pertamina Gas Negara, salah satunya dengan menghubungi pihak perusahaan dan menanyakan. Apakah pada perusahaan tersebut masih menerima mahasiwa magang.

Apabila kalian telah berhasil berkomunikasi dengan perusahaan, pastikan juga berapa lama waktu yang di syaratkan untuk magang pada perusahaan tersebut. Biasanya setiap perusahaan memiliki aturan magang yang berbeda.

Untuk lebih lanjut mengenai cara magang di PGN, silahkan simak beberapa ulasan di bawah ini yang telah Lulusan diploma berikan.

1. Mempersiapkan proposal Magang

Langkah awal yang saya lakukan adalah menyiapkan judul proposal yang akan diajukan; judul proposal ini sangat penting karna sebagai bahan pertimbangan perusahaan akan kelayakan kita diterima dan sebagai acuan dibagian manakah kita akan ditempatkan. 

Kali ini topik Tugas Akhir saya yaitu Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan judul yang saya pilih adalah Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Dalam Pekerjaan Perawatan Jaringan Pipa Gas Pada Pekerjaan Sistim Valve dan Bak Valve di PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.

Dengan proposal magang yang telah di approve oleh dosen pembimbing, kamu bisa mengrimkan pengajuan magang sehingga proses selanjutnya bisa kalian lakukan. Jangan sampai kamu mengurus proposal tersebut mepet dengan waktu semester akhir ya.

2. Buat daftar riwayat hidup yang baik

Untuk yang kedua saya sarankan untuk membuat dafar riwayat hidup yang baik dan benar, karena cv tersebut bisa menentukan kalian apakah layak untuk magang di PGN. Yang penting jangan terlihat terlalu simple ya.

Kita jarang sekali menganggap bahwa daftar riwayat hidup di proposal magang itu penting, namun ternyata yang dilihat pertama kali yaitu judul magang dan data diri yang kamu punya. Itulah mengapa Lulusan diploma menganggap daftar riwayat hidup sangat bermanfaat.

Untuk kamu yang mau melihat contohnya, Lulusan diploma sudah merangkum Contoh Daftar Riwayat Hidup pada artikel tersebut untuk dijadkan contoh rekan untuk mengisi kelengkapan dan agar diterima untuk magang.

3. Telfon ke nomor Perusahaan

Dahulu sebelum magang di Pertamina Gas Negara, langkah tiga yang saya lakukan mencari info tentang PGN. Apabila diangkat oleh customer service kita mengajukan untuk ngomong kepada pihak HR karena ingin menanyakan perihal magang.

Namun apabila cs bisa masuk dengan kita dan menjawab pertanyaan yang kamu mau tentang penerimaan magang, setidaknya langsung saja ditanyakan kepada cs tersebut dan kamu tidak perlu lagi untuk berbicara dengan HR.

Pengalaman Lulusan diploma sih seperti itu agar dapat keterima magang di PGN. Biar dianggap ada komunikasi antara kamu dan Perusahaan. Komunikasikan dulu agar kepastian magang di Pertamina Gas Negara bisa terealisasikan.

4. Kirim proposal via email

Langkah empat adalah kirim e-mail atau telfon terlebih dahulu ke contact perusahaan, tanyakan via email atau telfon ke perusahaan dengan bahasa kita seperti "apakah perusahaan ini membuka kesempatan magang ya bapak/ibu? karena saya ingin mengajukan proposal".

Untuk mendapatkan informasi lengkap PT. Perusahaan Gas Negara kalian bisa membuka webnya lansung PT. PGN. Dan sebelum mengirim kalian harus benar benar memastikan bahwa perusahaan ini bisa menerima mahasiswa untuk magang.

Selain dari pada itu, kamu juga harus menanyakan terlebih dahulu perihal jangka waktu pelakssanaan, dan kapan mereka bisa menerima kita. Biasanya anda diminta menunggu kurang lebih 6 bulan dari waktu pertama mengirim proposal.

5. Menunggu balasan dari PGN

Langkah lima bila perusahaan sudah menanggapi melalui telfon perihal magang di PGN, dan kiranya masih ada peluang kita untuk melakukan Magang disini, kita harus buru buru mengirimkan proposal tersebut ke alamat perusahaan.

Seperti yang telah saya paparkan sebelumnya bahwa kamu biasanya disuruh menunggu kurang lebih 6 bulan semenjak mengirim proposal. Tetap sabar dan terus semangat ya. Yang penting kamu sudah dapat kejelasan untuk magang di PGN.

6. Komunikasi

Langkah keenam setelah proposal sudah kita kirimkan dan telah mendapat balasan untuk waktu magang di PGN, saran saya jangan dengan gampangnya anda menganggap enteng dan hanya menunggu panggilan untuk jadwal anda keterima magang / tidaknya,

Kejar terus itu HRD, telfon tiap hari dan tiap waktu yang dijanjikan perusahaan kepada kita untuk mendapatkan kabar atas kejelasan diterima atau tidaknya kita untuk bisa melaksanakan Magang di Pertamina Gas Negara.

7. Diterima magang di PGN

Magang PGN
Pengalaman kerja praktek lapangan di PGN
 

Akhirnya telah sekian lama menunggu akhirnya waktu yang di tunggu tiba. Saya melakukan kegiatan magang Perusahaan Gas Negara dan begitu menyenangkan, banyak sekali pengalaman yang didapatkan, saya ditempatkan pada divisi HSSE.

Pada saat magang di PGN, setiap hari saya dikantor. Ada tugas yang yang disuruh oleh pembimbing. Dan saat magang pun sesekali saya disuruh ikut meeting terkait judul yang saya buat. Nah cobalah untuk kirim proposal magang di PGN.

Hal yang paling tidak bisa terlupakan adalah saat ORMAS mendatangi tempat kami bekerja dan langsung memberhentikan proses pekerjaan yang sedang kami kerjakan, dalam hati bertanya 'ada apa ini' sampai ada sesi adu mulut hingga hampir terjadi perkelahian.

perusahaan gas negara
Pengalaman magang di PGN Jakarta

Selama Magang saya mendapatkan teman-teman baru, entah dari karyawan atau dari institusi yang berbeda, walaupun baru mengenal keakraban cepat terjadi karna kita berada dalam satu wilayah pekerjaan tersebut. 

Huaaah pokonya rasa senang atau sulit selalu dijadikan bahagia saat magang. Begitu juga halnya karyawan Divisi HSSE PT. Perusahaan Gas Negara suasananya hangat penuh kekeluargaan, semua senior rela membimbing dan membantu kami dalam segala hal, sehingga komunikasi bisa terjalin dan tetap terbina.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Cara Magang di PGN (Perusahaan Gas Negara)"