IBX5B54BCC389CD2 K3 - Skripsi / Tugas Akhir Pencegahan Kecelakaan Kerja - Lulusandiploma.com

K3 - Skripsi / Tugas Akhir Pencegahan Kecelakaan Kerja



PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA DALAM PERAWATAN
JARINGAN PIPA GAS PADA PEKERJAAN VALVE DAN BAK VALVE  
DI PTPERUSAHAAN GAS NEGARA (PERSERO) Tbk.
UNIT PT. PGAS SOLUTION - AREA JAKARTA

LAPORAN TUGAS AKHIR
Oleh
SANDI OKTA PRAYOGA
NIM. 111202129



K3




PROGRAM STUDI FIRE AND SAFETY
AKADEMI MINYAK DAN GAS BALONGAN
INDRAMAYU
2016






ABSTRAK
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Migas, PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk selalu di hadapkan pada risiko bahaya yang sangat tinggi. Tidak bisa di elakkan bahwa peran keselamatan dan kesehatan kerja akan sangat berpengaruh dalam setiap kegiatan operasi yang di laksanakan. Pada perawatan dan pengoprasian valve dan bak valve memiliki potensi bahaya peledakan dan kebakaran bahkan kematian yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja. 

Tujuan umum Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk pada perawatan sistim valve dan bak valve. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mengetahui program, prosedur dan implementasi pencegahan kecelakaan kerja dari pekerjaan perawatan valve dan bak valve.

Menurut Mangkusaputro tahun 1999, pencegahan kecelakaan kerja adalah kesiagaan karyawan atau para karyawan untuk menjalankan tugasnya atau menyelesaikannya, sesuai dengan aturan kerja yang benar sehingga ia dapat menyelesaikan tugas tersebut dengan efektif dan aman. Undang-undang No.1 tahun 1970 sudah menetapkan syarat keselamatan dan kesehatan kerja yang berkaitan dengan pencegahan pekerjaan ditempat kerja.

Pengendalian yang dilakukan pada pekerja perawatan valve dan bak valve yaitu memakai alat pelindung diri yang sudah disediakan yaitu werpack dan safety shoes, safety helmet, memakai masker yang khusus jika terjadi kebocoran gas pada pipa, kegiatan jalan kaki harus lebih berhati-hati jika jalur dipinggir jalan raya, kegiatan jalan kaki dilakukan ditrotoar, bekerja dengan hati hati, menaikan atau menurunkan peralatan di lakukan berdua atau lebih, memonitor para pekerja agar tidak menimbulkan kecelakaan dan selalu dilakukan tool box meeting sebelum memulai bekerja.

Hasil Tugas Akhir di PT. Perusahaan Gas Negara menunjukkan bahwa PT. Perusahaan Gas Negara sudah menerapkan segala kebijakan untuk mengimplementasi keselamatan dan kesehatan kerja berjalan denngan baik. Dan dari data sekunder di dapat beberapa dokumen diantaranya Work Instruction (WI), Form tindak lanjut pengendalian risiko serta form identifikasi bahaya dan pengendalian risiko (IBPR). 

Penerapan prosedur dalam perawatan jaringan pipa gas pada pekerjaan valve dan bak valve sudah sesuai dengan prosedur yang di tetapkan. Pengendalian yang dilakukan pada pekerja perawatan valve dan bak valve yaitu dengan memakai alat pelindung diri yang sudah disediakan yaitu werpack dan safety shoes, safety helmet, memakai masker yang khusus jika terjadi kebocoran gas pada pipa. Implementasi keselamatan dan kesehatan kerja pun sudah dilakukan PT. Perusahaan Gas Negara pada pekerja perawatan sistim valve dan bak valve dengan baik dan sudah taat prosedur. 


SILAHKAN DOWNLOAD DISINI:
1.  COVER
2.  ABSTRAK
3. PENGESAHAN
4.  RIWAYAT HIDUP
5.  KATA PENGANTAR
6.  BAB I
7.  BAB II
8.  BAB III
9.  BAB IV
10. BAB V
11.  BAB VI
12.  DAFTAR PUSTAKA

1 Response to "K3 - Skripsi / Tugas Akhir Pencegahan Kecelakaan Kerja"

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel