IBX5B54BCC389CD2 Materi Biologi Mengenai Karbohidrat - Lulusandiploma.com

Materi Biologi Mengenai Karbohidrat


Karbohidrat sangat vital untuk proses-proses fisiologi didalam sel makhluk hidup. Berdasarkan fungsinya, karbohidrat dapat dikelompokkan menjadi :

-          Karbohidrat sederhana sebagai sumber energy didalam sel

-          Karbohidrat rantai panjang sebagai cadangan energi

-        Karbohidrat rantai panjang sebagai komponen struktural organel dan bagian sel lainnya

Karbohidrat terdiri dari unsur karbon (C), oksigen (O2), dan hidrogen (H). Rumus  molekul hidrokarbon adalah Cn(H2O)n. pada tumbuhan, karbohidrat dibentuk oleh sel-sel hijau daun (kloroplas yang mengandung klorofil) melalui proses fotosintesis. Karbohidrat digolongkan menjadi monosakarida, disakarida, dan polisakarida.

a.       Monosakarida

Monosakarida adalah karbohidrat sederhana yang namanya ditentukan oleh jumlah atom C pada molekulnya. Contoh monosakarida adalah triosa, pentosa dan heksosa.

1)      Triosa, memiliki 3 atom C, terdapat didalam sel sebagai hasil atau metabolit pada oksidasi heksosa dan pentosa. Contohnya adalah gliseraldehid dan dihidroksi aseton.

2)      Pentosa, memiliki lima atom C, terdapat pada asam nukleat (DNA dan RNA) dan beberapa koenzim. Contohnya adalah ribosa, deoksiribosa dan ribulosa.

3)      Heksosa, memiliki enam atom C. Contohnya adalah glukosa, fruktosa, dan galaktosa.

b.      Disakarida

Disakarida adalah karbohidrat yang jika dihidrolisis akan menghasilkan dua molekul monosakarida yang sama atau berbeda. Contohnya adalah sukrosa (gula tebu) yang terdapat pada sel batang tebu dan laktosa (gula susu) yang terdapat pada kelenjar susu (kelenjar mamae).

c.       Polisakarida

Polisakarida memiliki rumus molekul (C6H10O5)n . ada dua macam polisakarida, yaitu homopolisakarida dan heteropolisakarida. Homopolisakarida dibentuk oleh monosakarida yang sama, sedangkan heteropolisakarida dibangun oleh bermacam-macam monosakarida, nitrogen amino dan sulfur.

1)      Amilum (zat pati), merupakan hasil fotosintesis

2)      Glikogen, terdapat didalam sel-sel hati dan sel-sel otot

3)      Inulin, terdapat pada sel akar tumbuhan tertentu sebagai cadangan makanan

4)      Lignin, terdapat pada sel xilem

5)      Selulosa, terdapat pada dinding sel tumbuhan tingkat tinggi dan berfungsi sebagai pelindung sel.

Contoh heteropolisakarida :

1)      Kitin, terdapat pada kulit antrhopoda, misalnya jangkrik, kumbang dan belalang

2)      Heparin, terdapat didalam sel hati, sel paru-paru dan sel dinding arteri sebagai zat antikoagulasi.

Demikianlah artikel mengenai Materi Biologi Tentang Karbohidrat #lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "Materi Biologi Mengenai Karbohidrat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel