Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Biologi Mengenai Sel #lulusandiploma


Pendahuluan

Bakteri antraks merupakan salah satu jasad renik mematikan yang dianggap sebagai “bubuk mesiu”-nya senjata biologi. Untuk menembakkan agen biologi tersebut, digunakan berbagai cara, misalnya dengan aerosol.

Ada dua faktor utama mengapa antraks digunakan sebagai senjata mematikan, yaitu :

1.      Dalam bentuk spora, Bacillus antracis mampu hidup lama dalam berbagai kondisi.

2.     Spora antraks dapat masuk kedalam tubuh manusia melalui tiga pintu, yaitu terhirup sewaktu bernapas, termakan dan melalui kulit yang terluka.

Komponen Kimia Sel


Bakteri antraks merupakan contoh makhluk hidup yang hanya terdiri dari satu sel. Seperti sel tumbuhan dan sel hewan, seluruh bagian sel merupakan senyawa kimia. Seluruh kegiatan kehidupan sel merupakan akibat dari reaksi-reaksi kimia yang berlangsung didalam sel. Senyawa kimia penyusun sel disebut protoplasma, yang merupakan substansi yang kompleks. Protoplasma terdiri dari unsur-unsur kimia. Meskipun sebagian besar protoplasma terdiri dari air, tetapi bahan yang memberi ciri pada strukturnya ialah protein. Unsur-unsur kimia penyusun protoplasma terdapat dalam bentuk senyawa kimia, baik senyawa organik maupun senyawa anorganik. Senyawa organik dalam protoplasma berupa karbohidrat, lemak, protein dan asam nukleat.

Kandungan Relatif Unsur-unsur Kimia yang terdapat didalam Tubuh ManusiaDemikianlah artikel mengenai 

Unsur
Simbol
% Berat
Oksigen
O
+- 65.0
Karbon
C
+- 18.5
Hidrogen
H
+- 9.5
Nitrogen
N
+- 3.3
Kalsium
Ca
+- 1.5
Fosfor
P
+- 1.0
Klor
Cl
+- 0.4
Sulfur
S
+- 0.3
Kalium
K
+- 0.2
Natrium
Na
+- 0.2
Magnesium
Mg
+- 0.1
Iodium
I
< 0.01
Besi
Fe
< 0.01
Fluor
F
< 0.01
Mangan
Mn
< 0.01
Unsur lain

< 0.01

Demikianlah artikel mengenai Materi Biologi Mengenai Sel #lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Biologi Mengenai Sel #lulusandiploma"