Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Dampak Bioteknologi Dalam Kehidupan





DAMPAK BIOTEKNOLOGI
1.    Gangguan Kesehatan
Penyisipan gen asing pada tanaman komoditas, seperti kedelai ataupun jagung, dapat menimbulkan protein yang bersifat alergen (menimbulkan reaksi alergi) pada sebagian orang.
2.    Terganggunya Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem
Kecenderungan masyarakat untuk hanya menanam tanaman varietas unggul, akhirnya menyebabkan tersingkirnya tanaman varietas lokal yang tidak unggul. Selain itu, protein insektisida  yang dibawa oleh tanaman transgenik dapat membunuh serangga nontarget sehingga akan mengganggu keseimbangan ekosistem.
3.    Ketergantungan Pada Teknologi
Apabila tidak menguasai perkembangan bioteknologi, sangat mungkin masyarakat kita akan selalu bergantung pada produk yang dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi besar. Misalnya petani akan selalu membeli benih setiap kali akan menanam semangka tanpa biji karena tidak mampu membuat benihnya sendiri.
4.    Munculnya Kontroversi
Rekayasa genetik dapat memunculkan kontroversi di masyarakat ketika terjadi penyisipan gn dari hewan ke tumbuhan atau dari manusia ke hewan. Apalagi, penyisipan gen berasal dari hewan yang diharamkan. kloning berbagai jenis hewan telah berhasil dilakukan, namun kloning manusia tentu akan menimbulkan masalah, baik itu ditinjau dari sudut sains, masyarakat maupun agama.
5.    Timbulnya Patogen Super
Lepasnya mikroba yang sudah direkayasa dapat menyebabkan terjadinya pertukaran genetic dengan mikroba pathogen sehingga pathogen tersebut mempunyai sifat yang membuatnya menjadi unggul, misalnya kebal terhadap antibiotic. Hal itu tentu akan menyulitkan dalam membunuh mikroba pathogen tersebut.

Demikian dampak dari bioteknologi bagi makhluk hidup, semoga artikel ini dapat bermanfaat :-)
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Dampak Bioteknologi Dalam Kehidupan"