IBX5B54BCC389CD2 K3 Dalam Mengoperasikan Forklift #lulusandiploma - Lulusandiploma.com

K3 Dalam Mengoperasikan Forklift #lulusandiploma

cara mengoperasikan forklift
Standard Operating Procedure tentang pengangkatan dengan menggunakan forklift.

  1. Yang pertama yaitu saat pengangkatan dengan memakai Forklift harus dikerjakan oleh seorang yang profesional dan berkompeten (memiliki sertifikat).
  2. Apabila seseorang tersebut tidak memiliki serttifikat atau Surat Izin Operator (SIO), walaupun seorang tersebut mempunyai kemahiran yang bagus dalam mengemudikan Forklift tapi tetap saja seorang tersebut telah melanggar peraturan yang berlaku  yaitu; seorang pekerja tersebut apabila bekerja mengendarai forklift diwajibkan untuk memiliki SIO karena untuk mendapatkan SIO seorang tersebut harus mengerti mengenai dasar - dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada saat mengoperasikan forklift.
  3. Apabila forklift tersebut tidak dioperasikan dengan baik menurut pengangkatan bebannya, maka forklift tersebut dapat membahayakan pekerja yang sedang mengoperasikannya.
  4. Siapapun seorang yang akan mengoperasikan forklift, dianjurkan dan diwajibkan untuk mendapatkan pelatihan.
  5. Saat mengoperasikan forklift kita harus memahami terlebih dahulu tentang berapa berat beban yang bisa di angkat oleh forklift tersebut.
  6. Beban berlebih saat mengoperasikan forklift adalah salah satu faktor yang dapat menimbulkan kecelakaan kerja pada forklift tersebut.
  7. Pengoperasian forklift harus benar benar sesuai kapasitas forklift itu sendiri.
  8. Batas beban maksimal dari forklift yang dipakai tidak boleh di lampaui, apabila kapasitas dilampaui maka dapat menyebabkan forklift tersebut terbalik atau bisa menyebabkan kecelakaan kerja yang berakibat fatal pada produksi yang di angkat itu jatuh dan akan mempengatuhi bagi perusahaan.
  9. Posisi barang yang akan di angkat oleh forklift harus stabil dan tidak menghalangi pandangan si pengendara atau operator forklift tersebut.
  10. Saat mengoperasikan forklift dalam pengangkatan drum harus extra hati hati, tidak boleh terjadi benturan selama pengangkatan.
  11. Untuk personil HSE di anjurkan untuk selalu memeriksa / inspeksi rutin terhadap forklift tersebut bahkan alat atau bahan yang berhubungan.
  12. Perawatan forklift sangat penting sekali untuk menunjang performa forklift agar tetap bisa dioperasikan dengan maksimal, lakukan perawatan ini secara terkontrol dan berkala agar tidak terjadi kerusakan secara mendadak.
  13. Inspeksi tahunan oleh inspector forklift juga harus dilakukan.
  14. Inspeksi dan inspector juga harus ada untuk menunjang masa berlaku mesin forklift tersebut dan masa berlaku service, masa berlaku ini diatur dalam undang - undang forklift yaitu; Inspector bertugas untuk mengecek secara keseluruhan dari performa sebagai pihak ke 3 yang akan menilai lamanya waktu mengoperasikan forklift.
Beginilah Standard Operating Procedur K3 Dalam Mengoperasikan Forklift, semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat untuk anda terutama bagi penulis. Akhir kata kami ucapkan terimakasih, tidak ada salahnya untuk share artikel ini ke rekan - rekan kita. Tetap semangat, semoga rizki cepat mendekati kita dan salam Safety!

0 Response to "K3 Dalam Mengoperasikan Forklift #lulusandiploma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel