IBX5B54BCC389CD2 Kumpulan Istilah K3 / Keselamatan dan Kesehatan Kerja - Lulusandiploma.com

Kumpulan Istilah K3 / Keselamatan dan Kesehatan Kerja

keselamatan dan kesehatan kerja


Daftar Istilah Yang Terkait Tentang K3 / Keselamatan dan Kesehatan Kerja;
  1. Accident / Kecelakaan adalah Sebuah kejadian tidak diinginkan yang mengakibatkan cedera fisik orang atau kerusakan harta benda atau lingkungan.
  2. Incident / Insiden adalah Sebuah kejadian tidak diinginkan yang bisa mengakibatkan kecelakaan.
  3. Near Miss / Nyaris adalah Sebuah kejadian tidak diinginkan, yang jika situasinya berbeda sedikit, bisa menyebabkan cedera orang, kerusakan harta benda, lingkungan, atau kerugian proses/produksi.
  4. Injury / Cedera adalah Insiden atau penyakit (terlepas dari tingkat keparahannya) yang membutuhkan pertolongan pertama atau pemeriksaan medis dan merupakan akibat dari pemaparan dan keikutsertaannya dalam lingkungan kerja BAT.
  5. Occupational Disease / Penyakit Akibat Kerja adalah Sebuah cedera atau masalah penyakit yang disebabkan oleh pemaparan berkala atau terus menerus terhadap lingkungan kerja BAT.
  6. Lost time Injuries (LTIs) / Cedera Kehilangan Jam Kerja adalah Sebuah cedera kehilangan hari kerja (LDI) adalah cedera akibat kerja yang menyebabkan karyawan tidak bisa masuk kerja sama sekali selama satu hari atau lebih.
  7. Cedera kerja terbatas (RWDI) adalah cedera akibat kerja yang menyebabkan; (1) karyawan sementara ditugaskan ke pekerjaan lain, (2) karyawan melakukan pekerjaan semula tapi harus dikurangi waktu kerjanya, atau (3) karyawan bekerja pada pekerjaan semula tetapi tidak bisa melakukan semua tugas-tugas pokoknya. Aktivitas pekerjaan terbatas terjadi jika karyawan, karena cedera akibat kerja yang dialaminya secara fisik atau mental tidak mampu melakukan semua atau bagian manapun dari tugas utamanya selam shift kerjanya.
  8. A medical treatment case (MTC) adalah Sebuah kasus perawatan medis adalah cedera akibat kerja, yang tidak diklasifikasikan sebagai cedera kehilangan jam kerja, tetapi menyebabkan perawatan medis yang bukan kategori P3K.
  9. A First Aid Treatment  adalah Sebuah kasus P3K adalah cedera akibat, yang tidak termasuk klasifikasi perawatan medis, tetapi membutuhkan pertolongan pertama (P3K).
  10. Day lost adalah Hari kerja hilang / jumlah aktual hari dimana seseorang tidak mampu bekerja karena cedera akibat kerja, yakni jumlah hari tidak bisa kembali ke tempat kerja (LDI) dan hari dimana ia bekerja terbatas (RWDI).

0 Response to "Kumpulan Istilah K3 / Keselamatan dan Kesehatan Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel