IBX5B54BCC389CD2 Tugas Akhir Inspeksi Sarana Kebakaran #lulusandiploma - Lulusandiploma.com

Tugas Akhir Inspeksi Sarana Kebakaran #lulusandiploma




INSPEKSI PERALATAN FIRE DETECTION DAN FIRE PROTECTION AKTIF DI PLTP PT. PERTAMINA GEOTHERMAL ENERGY KAMOJANG
LAPORAN TUGAS AKHIR

logo-akamigas-balongan
Oleh
Septo Wijaya
NIM  : 060032

PROGRAM STUDI FIRE AND SAFETY
AKADEMI MINYAK DAN GAS BALONGAN
INDRAMAYU
2010



Baca juga: Skripsi / Tugas Akhir Pencegahan Kecelakaan Kerja

ABSTRAK

Perusahaan dituntut untuk menjamin agar hasil-hasil produksi tetap lancar tanpa adanya hambatan atau kerugian-kerugian berupa kerusakan alat produksi, kehilangan jam kerja yang disebabkan oleh kecelakaan (dalam hal ini bahaya kebakaran) yang dapat mengganggu kelancaran operasi perusahaan, maka dari itu diperlukan suatu alat yang dapat mendeteksi dan memproteksi ketika ada bahaya kebakaran.

Di PLTP PT. Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang menggunakan smoke dan heat detector sebagai pendeteksi kebakaran, sprinkler dan CO2 system sebagai media proteksi kebakaran. 

Untuk mengoptimalkan fungsi dari peralatan pendeteksi dan proteksi kebakaran sebagai alat yang memberikan informasi adanya nyala api/bahaya kebakaran dan sebagai media pemadam kebakaran di suatu tempat di PLTP PT. Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang, maka salah satu usaha nyata yang dilakukan adalah diadakannya inspeksi. Inspeksi bertujuan untuk mencari dan menemukan faktor-faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Selanjutnya mengambil langkah-langkah pengamanan atau perbaikan yang cepat dan tepat.

Inspeksi dilakukan secara berkala, mingguan, bulanan maupun tahunan. Pada umumnya digunakan safety checklist untuk melakukan inspeksi karena merupakan cara paling efektif.

Pada dasarnya melakukan inspeksi tidaklah bertujuan untuk mengumpulkan kesalahan yang ditemui, maksudn utamanya adalah untuk meyakinkan apakah semua tata kerja dilaksanakan sesuai norma-norma keselamatan.

Demikianlah artikel mengenai Tugas Akhir Inspeksi Sarana Kebakaran - Akamigas Balongan, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu

0 Response to "Tugas Akhir Inspeksi Sarana Kebakaran #lulusandiploma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel