IBX5B54BCC389CD2 Skripsi / Tugas Akhir Implemetasi Emergency Response Plan #lulusandiploma - Lulusandiploma.com

Skripsi / Tugas Akhir Implemetasi Emergency Response Plan #lulusandiploma




IMPLEMENTASI EMERGENCY RESPONSE PLAN 
KICK DAN BLOW OUT PADA SAAT PEMBORAN 
DI RIG OW-700/40 LOKASI RDG-BM/1
PT PERTAMINA DRILLING SERVICE INDONESIA AREA JAWA - MUNDU

LAPORAN TUGAS AKHIR
logo akamigas balongan
Oleh   :
Biyan Wahyu Pratama Putra Lahay
NIM : 08020029

PROGRAM STUDI FIRE AND SAFETY
AKADEMI MINYAK DAN GAS BALONGAN
INDRAMAYU
2012

ABSTRAK

Kick adalah suatu kondisi dalam pemboran dimana fluida formasi masuk kedalam lubang sumur karena tekanan hidrostatik lumpur lebih kecil dari tekanan formasi. 

Apabila kondisi kick tidak dapat terkenqdali maka kondisi tersebut akan berubah menjadi blow out, yang akan menimbulkan kerugian perusahaan pada berbagai aspek, Suatu perusahaan khususnya rig pemboran membutuhkan perencanaan yang kompleks dan terstrukur untuk menanggulangi keadaan darurat tersebut.  

Salah satu bentuk dari perencanaan yang dimaksud adalah perencanaan keadaan darurat atau Emergency Response Plan (ERP).  

ERP merupakan perencanaan yang digunakan sebagai pedoman dalam menanggulangi keadaan darurat, Perencanaan yang terorganisir dengan baik  akan mencegah timbulnya kerusakan dan meminimalisir adanya kerugian apabila terjadi keadaan darurat di perusahaan.

Jangan ketinggalan info mengenai : Lowongan Kerja Seputar HSE

Penulis tertarik dengan bahasan mengenai kick dan blow out sehingga penulis mengambil tema dalam Tugas Akhir mengenai ERP saat kick dan blow out.  

Penulis melakukan penelitian ke PT PERTAMINA DRILLING SERVICE INDONESIA (PDSI) khususnya Rig OW-700/40 lokasi RDG-BM/1 (Randegan, Majalengka) dengan tujuan melihat terapan emergency response plan, prosedur yang digunakan oleh perusahaan, penyebab kegagalan dan kekurangan dalam implementasi ERP serta aspek yang dapat meningkatkan implementasi ERP.

Penulis melakukan penelitian di Rig OW-700/40 untuk melihat penerapan ERP kick dan blow out di lapangan, Penelitian dilakukan selama 1 bulan dimulai dari tanggal 3 Mei sampai dengan 31 Mei 2012.  

Untuk memudahkan proses pengumpulan data dan informasi terkait masalah ERP saat kick dan blow out, penulis menggunakan beberapa metodologi penelitian yakni metode observasi, literatur dan wawancara.  

ERP oleh PT PDSI diatur dalam prosedur tanggap darurat yang  mengadopsi dokumen ISO 18001 klausal 4.4.7 dan dilengkapi dengan prosedur mengenai identifikasi bahaya milik PT PDSI.  Penanganan kick oleh rig OW-700/40 direncanakan semaksimal mungkin, hal ini terlihat dari sarana dan prasarana yang dimiliki, crew yang terlatih serta diagram alir yang berfungsi sebagai panduan pekerja dalam penanggulangan kick. 


Selanjutnya mengenai kejadian blow out para pekerja diharuskan melakukan evakuasi ke muster point kemudian melakukan meeting untuk melakukan penanggulangan kejadian blow out tersebut.  

PT PDSI telah melakukan upaya yang maksimal dalam mencapai kesempurnaan ERP, hal ini dapat dilihat dari kontinuitas drill (latihan) yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Inti dari penyusunan Emergency Response Plan di perusahaan bertujuan agar seluruh personil dapat bekerja sama dalam tim untuk menanggulangi keadaan darurat dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing demi mencapai kesempurnaan implementasi Emergency Response Plan. 


Download Skripsi/Tugas Akhir Implemetasi Emergency Response Plan Akamigas Balongan Disini:
Demikianlah artikel mengenai Skripsi / Tugas Akhir Implemetasi Emergency Response Plan Akamigas Balongan, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "Skripsi / Tugas Akhir Implemetasi Emergency Response Plan #lulusandiploma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel