IBX5B54BCC389CD2 5 Tips Apabila Terjadi Kebakaran - Lulusandiploma.com

5 Tips Apabila Terjadi Kebakaran

api dan kebakaran

Siapasih yang menginginkan kebakaran dirumah atau dikantor kita terjadi? apalagi tempat tersebut adalah aset bagi kehidupan yang sangat berpengaruh bagi kehidupan sehari-hari. Semoga kita semua dapat terhindar dari musibah yang satu ini, dan tetap kita harus utamakan keselamatan dan kesehatan dirumah atau ditempat kerja.

Kebakaran adalah musibah yang dapat menyebabkan kerugian harta benda, kerugian fisik, kerugian mental, kehilangan barang yang sangat penting dan aset lainnya. Benda yang ada pastinya sangat cepat ludes dirayap si jago merah apalagi barang yang mudah terbakar, ditambah angin kencang dan cuaca yang panas membuat api menyebar begitu cepat.

Permasalahan yang sedang dialami kita semua yaitu mengenai ilmu tentang bagaimana kita tanggap apabila kebakaran terjadi dilingkungan kita,  bagaimana cara kita agar diri, harta, benda dan aset lainnya bisa terselamatkan. Mulai dari sekarang persiapkan ilmu mengenai teknik pemadaman api dan rencanakan matang-matang bagaimana penyelamatan diri dengan waktu sesingkat mungkin apabila terjaadi kebakaran.

Apabila kita sudah memahami bagaimana penyelamatan diri andaikan sewaktu-waktu terjadi kebakaran, maka tidak dipungkiri lagi hal itu dapat memperkurang angka kerugian kita seandainya terjadi kebakaran. Siapa juga sih yang mau terjadi kebakaran? namun persiapan yang matang memang perlu kita lakukan, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

1. Tetap tenang dan jangan panik

Panik adalah tindakan seseorang apabila melihat suatu kejadian yang diluar terkaan fikirannya, tindakan ini sering terjadi dan dapat menyebabkan kita gegabah dalam bertindak sesuatu.

Orang yang sedang didalam rumah pastinya akan serta merta kebingungan mencari jalan keluar agar dirinya selamat, padahal jalan keluar tersebut sudah sehari-hari kita lewati. Tapi tetap saja yang namanya orang panik kemungkinan besar bisa bingung apa yang harus dilakukannya saat itu.

Suatu hal yang harus dilakukan saat kebakaran terjadi yaitu tetap tenang dan jangan panik. Dengan fikiran yang tenang musibah yang sedang kita hadapi pasti ada jalan keluarnya, dan apabila tidak panik kitapun pasti punya rencana apasih yang harus kita lakukan saat ini.

Memang hal ini cukup berat dilakukan saat keadaan yang berat seperti terjadi kebakaran, namun alangkah baiknya kita atur diri kita agar tetap tenang supaya masalah yang sedang kita hadapi tidak semakin membesar.

2. Padamkan api apabila masih bisa diatasi

Seringkali kebakaran terjadi karena masalah konsleting listrik, dan api kian membesar disebabkan karena kita membiarkannya terlalu lama dan tidak sigap dalam menghadapinya.

Jika kebakaran sudah terjadi maka lakukanlah sesegera mungkin untuk memadamkan api sebelum api menyebar ke titik lainnya, tapi ingat jangan salah dalam teknik memadamkan api. Jangan sampai kita memadamkan api yang bersumber dari listrik namun kita padamkan memakai air. Baca : Cara penggunaan alat pemadam api ringan dan Cara pencegahan penanggulangan kebakaran

3. Beri instruksi anggota keluarga atau rekan kerja segera keluar ruangan dan menyelamatkan harta benda yang penting

Apabila kebakaran terjadi dikantor atau dirumah kita, segera berikan instruksi kepada seluruh yang ada dirumah atau kantor supaya segera keluar ruangan dan menyelamatkan barang berharga yang ada seperti izajah, perhiasan, berkas penting dan berkas lainnya.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh orang yang ada disekitar kita selamat dan meminimalisir kerugian. Jadi sebagai salah satu upaya kita yaitu dengan menyimpan barang berharga ditempat yang mudah dijangkau.

4. Matikan aliran listrik yang masih menyala

Segera matikan aliran listrik sebagai upaya kita menghindari kebakaran tambah membesar, kita bisa melakukannya dengan cara mematikan saklar yang berada didepan rumah.

Biasanya pihak PLN juga akan mematikan aliran listrik apabila disuatu tempat ada kebakaran karena untuk meminimalisir terjadinya kebakaran yang kian membesar dikarenakan aliran listrik tersebut. Namun tidak ada salahnya kita melakukannya terlebih dahulu sebelum PLN melakukan hal tersebut.

5. Segera hubungi pemadam kebakaran

Langkah kita yang terakhir dan pastinya akan dilakukan yaitu dengan menghubungi pemadam kebakaran sebelum si jago merah melahap seluruh isi dari rumah atau kantor kita. Mereka mempunyai tugas agar kebakaran tidak merembet kelokasi yang lebih besar sehingga kerugian yang didapatpun dapat diminimalisir.

Demikianlah artikel mengenai Tips Apabila Terjadi Kebakaran | Ahli K3 LulusanDiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "5 Tips Apabila Terjadi Kebakaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel