IBX5B54BCC389CD2 10 Cara Menurunkan Berat Dadan - Lulusandiploma.com

10 Cara Menurunkan Berat Dadan


Pada artikel kali ini saya akan membahas topik yang berbeda dengan artikel saya sebelumnya mengenai diem GM, pada artikel kali ini saya akan membahas cerita yang cukup viral di tahun ini yang membahas seorang cewek Korea yang berhasil menurunkan berat badan dari 100 kg menjadi 50 kg.

Topik saya pada artikel kali ini adalah Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan dari 100 kg Menjadi 50 kg. Jadi, ada 10 tips yang diberikan oleh Jinny tentang bagaimana dia bisa menurunkan berat badan dari 100 kg menjadi 50 kg.

1. Minum air sebanyak 3 sampai 5 liter.

Tentu saja ini sesuai dengan berat badan beliau pada saat itu, yakni 100 kg.
Air putih itu sangat penting bagi anda yang ingin melakukan diet, jadi selain untuk memperlancar metabolisme di dalam tubuh anda, air putih juga berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah anda.Dan selain itu, air putih juga dapat membantu anda untuk menahan rasa lapar.

Jadi kalau anda sedang program diet dan anda sedang mengatur jam makan anda, di sela jam makan anda mungkin anda merasa lapar namun belum jam makan anda.Maka anda bisa mengkonsumsi air putih lebih banyak pada jam tersebut sambil menunggu jam makan anda.

2. Tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam atau sodium.

Mengapa? Anda perlu mengetahui terlebih dahulu sifat garam. Sifat garam adalah menarik air.Jadi jika tubuh anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam/natrium tadi, maka tubuh anda akan lebih lama menyimpan cairan atau air di dalam tubuh anda dan akhirnya, lama kelamaan akan terjadi water resistant.

Pada beberapa orang jika melakukan hal ini dalam waktu berkepanjangan, maka ini akan mengganggu metabolisme tubuh anda. Selain itu jika anda mengkonsumsinya dalam jangka panjang, maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan anda. Salah satu penyakit yang dapat ditimbulkan adalah penyakit tekanan darah tinggi.

3. Mengurangi jumlah konsumsi nasi.

Tentu saja hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk dari karbohidrat. Saya akan memberikan gambaran untuk anda. Contoh paling gampang ketika anda makan nasi padang. Nasinya saja 1 porsi itu kurang lebih sekitar 350-400 kilo kalori.

Tentu saja Jinny mengurangi jumlah konsumsi nasi. Iam neggantinya dengan mengkonsumsi karbohidrat lain yang tinggi serat, karena kita tahu bahwa nasi putih itu seratnya sangat sedikit. Jadi, Jinny menggantinya dengan karbohidrat lainnya yaitu sweet potato atau kita di Indonesia menyebutnya dengan ubi jalar.Jadi anda yang sedang program diet boleh menggantinya dengan ubi jalar.
Atau karbohidrat jenis yang lainnya yang tinggi serat.

4. Jangan lupa memperbanyak makanan yang mengandung tinggi protein.

Mengapa? Anda bisa melihat kulit dan tubuh Jinny. Dari 100 kg turun menjadi 50 kg.Jika anda melakukan diet namun kekurangan protein, tentu saja kulit kulit anda akan kendur.Sedangkan kulit Jinny tetap kencang dan tidak kusam.

Tentu saja ini adalah peran dari protein.Protein disini dapat membantu untuk memulihkan kondisi anda dan memperbaiki sel-sel tubuh anda yang cedera ketika anda melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Dan untuk lebih lengkapnya, anda bisa melihat video saya. Yaitu "1 hal yang sangat penting dan harus ada di dalam makanan anda". Jadi, disitu anda bisa melihat bagaimana fungsi protein dan berapa dosis yang harus anda konsumsi sehari-hari.

5. Mengkonsumsi makanan mentah setiap hari.

Jadi di dalam menu makanannya, Jinny memasukkan 1-2 porsi makanan mentah setiap harinya.Disini saya akan membahasnya sedikit. Jadi, makanan mentah itu sangat baik bagi anda yang ingin melakukan program diet.Karena tinggi serat dan mengandung enzim. Kalau makanan tersebut dipanaskan lebih dari 48°C, maka enzim-enzim tersebut akan rusak.Enzim sangat baik untuk proses pencernaan anda.

6. Olahraga kecil setiap hari dan lakukan secara konsisten.

Disini yang terpenting adalah "KONSISTEN".Mengapa Jinny hanya melakukan olahraga kecil? Karena olahraga kecil ini dapat membantu memperbaiki dan dapat membantu memperlancar metabolisme di dalam tubuh anda, dan jika anda memilih olahraga yang berat, hal itu justru membuat tingkat stress anda semakin tinggi.Membuat anda tertekan.

Jika tingkat stress anda makin tinggi, maka anda akan kesulitan untuk melakukan program diet.Selain itu, jika anda melakukan olahraga yang sangat berat anda akan cenderung lebih merasa lapar. Maka setelah berolahraga maka anda akan menjadi makan lebih banyak. Mungkin 2x lipat hingga 3x lipat.Jadi usahakan anda tetap melakukan aktivitas fisik yang ringan saja tetapi KONSISTEN.

7. Makan makanan yang mengandung Lactobacillus.

Mungkin anda bertanya-tanya, apa sih Lactobacillus itu? Lactobacillus adalah bakteri baik di dalam usus besar kita. Mungkin anda pernah belajar biologi sebelumnya. Di dalam usus besar kita terdapat yang namanya flora normal. Salah satunya adalah Lactobacillus tadi. Lactobacillus dapat membantu anda mencerna makanan dengan lebih baik, dan juga dapat menjaga kondisi usus anda agar tetap baik.

8. Menghindari dan mengurangi makanan yang manis/tinggi gula.

Mengapa? Tentu saja sama dengan nasi tadi. Jadi, makanan yang mengandung tinggi gula itu sebenarnya tidak memiliki nilai gizi. Gula hanya memiliki nilai cita rasa saja.

Mungkin makanan manis rasanya lebih enak. Tetapi ingat, jumlah kalori yang anda makan dari makanan manis tersebut pasti akan bertambah. Apalagi bagi beberapa orang, setelah makan makanan manis, mereka akan susah untuk berhenti. Mereka cenderung untuk tambah lagi dan lagi. Sehingga mereka lupa kalau sedang diet. Jadi, saya sarankan anda untuk mencoba mengontrol diri agar tidak mengkonsumsi makanan manis terlalu banyak.

9. Tidak makan larut malam.

Jadi bagi anda yang sedang diet, disarankan terakhir makan adalah pada jam 7 malam. Mengapa kalau makan misalnya di atas jam 9, jam 10, atau bahkan di atas jam 11-12? Ketika anda makan misalnya di atas jam 9, misalnya makan midnight.Karena di saat malam, jam 2 pagi tepatnya. Tubuh membentuk suatu zat bernama zat BMAL1. Jadi, zat ini berfungsi untuk membentuk lemak di dalam tubuh anda.

Jadi jika anda makan di atas jam 9 bahkan tengah malam, maka  anda artinya menyiapkan bahan baku untuk zat tersebut membentuk lemak di dalam tubuh anda. Jadi seberapapun kerasnya olahraga anda, kalau anda di malam hari begadang dan makan, maka anda akan susah sekali mendapatkan badan yang ideal.Jadi saran saya adalah anda harus mengubah pola makan anda dan jangan makan terlalu malam.

10. Anda harus merencanakan pola makan dan dievaluasi setiap minggunya.

Ini penting bagi anda yang sedang melakukan program diet. Caranya adalah :
Yang pertama adalah anda harus mencatat makan sehari-hari anda dan goal (target) anda.
Kemudian, langkah berikutnya adalah : Lakukan breakdown pada goal (target) anda. Misalkan berat badan anda sekarang 100 kg, anda ingin mendapatkan berat badan 50 kg dalam jangka waktu berapa lama? Tidak mungkin dalam jangka waktu 1 bulan anda menurunkan 50 kg.
Anda harus merencanakan, misalnya alam waktu 1 tahun.
Anda harus breakdown hal tersebut.

Kemudian selain 10 tips dari Jinny tadi, Jinny juga memberikan satu pola pikir tentang bagaimana melakukan diet yang baik.
Mindsetnya adalah bagaimana mengubah pola pikir anda agar anda lebih mencintai diri anda. Jadi bukan hanya sekedar menurunkan berat badan 5 kg setiap bulan.

Jika anda hanya fokus menurunkan 5 kg atau sekian kg dalam 1 bulan, anda akan merasa tertekan dan anda akan merasa stress. Jika anda merasa stress, maka akan terjadi gangguan pada metabolisme tubuh anda dan anda akan sulit sekali mendapatkan tubuh yang ideal. Itu semua adalah tips dan saran dari beliau.

Semoga bagi anda yang melakukan program diet, anda bisa mengikuti 10 tips/10 langkah dari Jinny tadi.
Saya doakan anda semua dapat berhasil dalam menjalani Diet.

0 Response to "10 Cara Menurunkan Berat Dadan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel