IBX5B54BCC389CD2 Apakah Mengkonsumsi Cabe Itu Sehat - Lulusandiploma.com

Apakah Mengkonsumsi Cabe Itu Sehat

Apakah Mengkonsumsi Cabe Itu Sehat

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang topik yang agak berbeda dibandingkan artikel saya sebelumnya.

Jadi pada artikel saya kali ini, saya akan membahas tentang bumbu/bahan makanan yang pasti ada di dapur anda ataupun di meja makan anda, yaitu cabe.
Jadi, judul kali ini adalah Apakah Mengkonsumsi Cabe Itu Sehat ?rupanya cabe sudah menjadi bahan makanan pokok di negara kita.

Kita sering mendengar teman-teman atau mungkin orang tua kita mengatakan bahwa : Kalau tidak ada cabe, saya tidak bisa Kalau tidak ada rasa pedas, rasanya tidak enak.

Dan saya juga pernah mendengar beberapa orang sampai mengeluh karena harga cabai yang naik melambung tinggi.Ini menandakan cabe sudah menjadi bahan makanan favorit di negara kita.

Dan menurut pengamatan saya, apa sih yang membuat cabe ini menjadi bahan makanan yang cukup favorit?Ternyata, cabe memberikan sensasi rasa pedas/rasa ketagihan untuk mereka penggemar cabe.

Dan pertanyaannya adalah : Darimana rasa pedas pada cabe itu?
Banyak orang yang mengira bahwa semakin merah suatu cabe, maka rasanya akan semakin pedas. Sebenarnya tidak demikian. Mengapa? Karena yang memberikan warna merah pada cabe adalah zat lycopene.

Lycopene juga terdapat pada buah tomat. Itulah yang membuat tomat akhirnya berwarna merah. Tapi, bukan berarti tomat akan menjadi pedas. Yang membuat cabe menjadi pedas adalah zat capsaicin.

Zat capsaicin inilah yang membuat rasa pedas atau sensasi seperti rasa terbakar atau panas. Dan zat ini banyak terdapat pada urat di dalam cabai, Jadi kalau cabe itu kita buka, di dalamnya ada yang seperti urat yang berwarna agak pucat, tempat menempelnya biji-biji cabe.

Disitulah tersimpan zat capsaicin.Bagi mereka yang ingin membuat bumbu makanan, bahan makanan/sambal, untuk mengurangi rasa pedas, mereka akan membuang bagian tersebut dan bijinya, sehingga dapat mengurangi level rasa pedasnya.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali makanan yang diolah dengan menggunakan bumbu masakan cabe atau menambahkan cabe di dalamnya. Mungkin beberapa seperti rica-rica, penyetan, sambal ijo pada nasi Padang, kemudian betutu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Anda bisa comment di bawah tentang apa saja makanan Indonesia yang menggunakan cabe sebagai bumbu masakan atau dimasukkan cabe di dalamnya. Silahkan ketik di kolom comment.

Di Indonesia sendiri, banyak orang yang berlomba-lomba untuk memakan cabe dengan level yang sangat tinggi/sangat pedas, Beberapa dari mereka ada yang bibirnya sampai bengkak, berwarna merah seperti memakai lipstick.

Kemudian, beberapa ada yang sampai keluar air matanya ataupun cairan dari hidungnya. Dan saya juga mendengar kabar bahwa ada yang sampai pingsan.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas apa manfaat dari cabe dan apa kerugian dari cabe dan yang saya bahas kali ini adalah cabe asli, bukan cabe-cabean.Saya juga tidak mengerti mengapa disebut cabe-cabean. kenapa tidak tomat atau paprika saja? Atau mungkin anggur-angguran? Saya cuma bercanda kok..Saya akan membahas manfaatnya dulu.

Jadi bagi para pecinta cabe, sebenarnya cabe terpedas adalah yang paling nikmat bagi mereka.Dan tidak sekedar pedas, sebenarnya cabe juga mempunyai banyak manfaat. Di dalam cabe sendiri terdapat beberapa kandungan nutrisi seperti :
Serat
Vitamin A
Lycopene
Vitamin B6
Vitamin C
Magnesium
Kalium
Air
Dan zat yang terpenting di dalam cabe adalah zat capsaicin. Zat inilah yang memberikan rasa pedas pada cabe tersebut. Jadi, peran (manfaat) cabe antara lain adalah :

Yang pertama adalah sebagai antioksidan.
Dimana capsaicin di dalam cabe bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan atau dari molekul berbahaya.
Capsaicin juga dapat membantu mencegah infeksi dari bakteri.

Kemudian, capsaicin sendiri mempunyai efek anti nyeri.
Yaitu dengan cara mengoleskan salep atau krim yang mengandung zat aktif capsaicin pada bagian tubuh anda yang mengalami nyeri. Misalnya nyeri otot pada bahu anda, pada leher belakang anda, atau pada pinggang anda.

Dan juga dapat membantu mengurangi nyeri pasca operasi.Misalnya setelah anda selesai operasi.
Untuk mereka yang pertama kali menggunakan krim ini, sebaiknya harus berhati-hati dan sebaiknya membaca keterangan pada kemasannya terlebih dahulu.

Dan jika anda tidak mengerti, anda harus menghubungi dokter anda.
Biasanya, mereka yang pertama kali menggunakan akan merasa sangat nyeri, dan berangsung-angsur akan berkurang.

Kemudian, hot spices seperti cabe dapat membantu meningkatkan Lipid Catabolism yang akan mengurangi lemak pada tubuh anda, lemak di dalam organ anda atau pada jaringan-jaringan organ di dalam tubuh anda.Dengan begitu, maka akan menghindarkan anda dari obesitas, kolesterol, kemudian resiko penyakit jantung, juga mengurangi resiko penyakit pada kardiovaskular anda.

Apa sih catabolism itu, Katabolisme adalah proses perombakan/pemecahan molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Mungkin untuk lebih mudahnya, anda ingat saja bahwa catabolism adalah perombakan.

Kemudian, disini juga dikatakan bahwa mengkonsumsi cabe dapat mengurangi resiko kematian.Data ini saya ambil dari The Association of Hot Red Chili Pepper Consumption and Mortality.Dan beberapa orang juga ada yang berpendapat bahwa cabe dapat mengurangi resiko terjadinya kanker.

Sobat sehat, itu adalah berbagai manfaat dari cabe. Tetapi jangan senang dulu.Bukan berarti karena manfaatnya banyak, anda boleh mengkonsumsi cabe berlebihan.Apalagi anda sampai anda sakit perut setelah mengkonsumsinya.

Berikut ini, saya akan menjelaskan apa saja kerugian jika mengkonsumsi cabe berlebihan :

Yang pertama adalah cabe dapat meningkatkan nafsu makan bagi para penggemar cabe. Berarti bagus dok, kalau meningkatkan nafsu makan? Pada beberapa orang, ini akan menjadi hal yang positif.

Memiliki nafsu makan yang besar merupakan hal yang baik. Namun bagi mereka yang sudah kelebihan berat badan, mereka yang mengalami obesitas, jika nafsu makan anda terlalu tinggi,anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak, justru akan meningkatkan kalori di dalam tubuh anda dapat meningkatkan kalori harian anda, dan akibatnya anda akan bertambah gemuk atau obesitas.

Kemudian bagi beberapa orang yang tidak suka makan cabe/tidak suka rasa pedas, justru akan menurunkan nafsu makan mereka.Mungkin anda pernah membelikan teman anda atau orang tua anda yang tidak suka pedas, tetapi makanan yang anda berikan ternyata pedas bagi mereka. Mungkin bagi anda tidak pedas, tetapi bagi mereka itu pedas. Dan akhirnya, mereka tidak nafsu makan.

Ini juga merupakan sisi negatif dari cabe.Kemudian, kerugian yang kedua adalah perut terasa panas dan melilit.
Ketika anda berlebihan dalam memakan makanan yang pedas atau makan cabe, maka dapat membuat perut anda terasa sakit dan memilit,bahkan beberapa dari mereka ada yang sampai diare.

Saya mempunyai satu orang teman yang suka sekali  mengkonsumsi cabe.Apapun makanannya, pasti ditambahkan dengan cabe. Tapi karena jumlah cabenya terlalu banyak, mungkin bisa saya katakan bukan makan nasi dengan cabe.Tapi makan cabe dengan nasi. Jadi, jumlah cabenya jauh lebih banyak. Akhirnya karena terlalu sering seperti itu, pencernaannya tidak baik sampai masuk Rumah Sakit.

Teman saya merasa perutnya sangat sakit dan melilit. Bahkan sampai diare.Kemudian, makan cabe terlalu banyak dapat menyebabkan radang tenggorokan. Jadi, zat capsaicin yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh juga dapat menyebabkan radang pada tenggorokan.Karena rasanya yang terlalu pedas memberikan efek yang panas bagi tenggorokan anda.

Jadi, itu tadi adalah beberapa kerugian jika mengkonsumsi cabe berlebihan.
artikel kali ini tentang cabe yang saya buat untuk anda semua bukan berarti saya melarang anda untuk mengkonsumsi cabe. Tetapi, konsumsilah cabe secara bijaksana. Cabe juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh anda. Jika anda menyukai artikel seperti ini, anda bisa klik like di bawah ini, klik komen dan share kepada teman-teman anda.

0 Response to "Apakah Mengkonsumsi Cabe Itu Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel