IBX5B54BCC389CD2 Efek Minum Kopi - Lulusandiploma.com

Efek Minum Kopi

efek-minum-kopi

Pada kesempatan hari ini saya akan menjelaskan topik Kenapa Saat Berhenti Minum Kopi Saya Merasa Tidak Bertenaga Jadi sahabat sehat banyak teman teman anda mungkin atau bahkan anda sendiri bilang begini kalau saya tidak minum kopi saya tidak bisa berfikir, saya mengantuk, badan saya lemas, tidak dapat inspirasi dan sebagainya.

Permulaan ini saya mungkin bisa menjelaskan kepada anda bagaimana sih kerja bahan aktif dari kopi? Bahan aktif dari Kopi itu namanya KAFEIN. Dan yang perlu anda ketahui sebenarnya kafein bukan hanya terdapat di kopi, kafein juga terdapat di teh.

Mungkin di coklat dan di minuman bersoda. Dengan kadar kafein yang dosisnya sesuai takaran masing-masing. Kafein ini membantu kita tetap terjaga fokus, berenergi, meskipun kita kurang tidur. Jadi banyak orang lembur temannya adalah secangkir kopi. Kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat kita gelisah terkadang seperti itu.

Bagaimana sih kerja kafein sehingga bisa membuat tubuh kita tetap terjaga ?
Di dalam tubuh manusia kafein ini berfungsi sebagai menstimulasi SSP (sistem saraf pusat) atau dalam bahasa inggris disebut sebagai Central Nervous System.

Jadi kafein ini tugasnya menstimulasi, jadi kita tetap terjaga. Tubuh kita memerlukan energi dan supply energi ini dimana di dapatkan dengan memecah namanya molekul ATP (AdeninTrifosfat).

Jadi supaya dapat energi tubuh harus memecah yang namanya ATP   Adenin Trifosfat, Dan saat memecah ATP prosesnya ini akan membebaskan zat yang bernama adenosin.

Zat adenosin ini merupakan stimulan bagi saraf pusat tetapi terbalik kerjanya dengankafein kalau kafein tadi membuat kita semangat dan sebagainya
adenosin ini terbalik dia membuat kita mengantuk merasa lemas lelah jadi bawaannya ingin tidur terus. Ini kerjanya adenosin sehingga saat kita mengkonsumsi kafein posisi adenosin tadi akan digantikan oleh kafein jadi yang harusnya kita kurang tidur akhirnya mengantuk.

Tapi karena di isi dengan kafein akhirnya posisinya tadi tergantikan Kafein lah yang bekerja, Satu hari dua hari kita minum kopi pada hari ketiga mungkin kita lebih merasa mengantuk lagi akhirnya dosis kopi kita kita tambah dan otak itu akan menciptakan reseptor baru untuk menerima kafein tadi, jadi otak ini menciptakan penerimanya lagi.

Karena dosis kafeinnya kita tambah jadi otomatis penerimanya di otak di tambah, lama kelamaan dosis kafein kita ini akan meningkat jadi banyak orang bilang saya kalau minum 1 cangkir 1 hari tidak cukup lama kelamaan 2 cangkir 3 cangkir,

Tetapi hati-hati kafein juga punya efek negatif kalau terlalu banyak. Jantung anda bisa berdebar, tekanan darah anda bisa naik, anda bisa gelisah dan yang paling parah anda susah tidur pada malam harinya (insomnia).

Jadi kafein mempunyai efek positif dan efek negatif (jika di salah gunakan)
Kenapa sih kalau kita sudah dalam jangka waktu lama minum kopi tiba tiba kita berhenti tidak minum kopi sama sekali badan kita rasanya sakit semua.

Sakit kepala, badan rasanya seperti habis dipukuli mungkin, lemas, tidak punya tenaga, tidak mood. Penjelasannya seperti ini: Saat terjadi peningkatan kafein tubuh kita beradaptasi terhadap peningkatan kafein tadi. Reseptornya bertambah banyak, penerima kafein ini bertambah banyak.

Dan anda harus ingat penerima kafein ini fungsinya sama dengan penerima adenosin tadi yang menyebabkan kita mengantuk. Saat kita lepas total kafein mungkin tidak ada kafein yang masuk sama sekali, ingat reseptor tadi banyak
Ketika reseptor banyak adenosisn yang dilepaskan oleh tubuh banyak jumlahnya membuat kita merasa sangat jauh lebih mengantuk lebih lemah dari sebelumnya.

Jadi tubuh kita kehilangan kafein dan reseptor tadi diisi semua oleh adenosin.
Ini terjadi pada saya juga sebelumnya waktu masih kuliah jadi ujian akhir semester biasanya kan 2 minggu, saat awal ujian di genjot dengan kopi kopi dan kopi.

Mungkin pertengahan jelang seminggu dosis kopinya di naikin supaya lebih kuat lagi belajar. Mungkin anda bisa belajar sampai jam 2 pagi jam 3 pagi sampai merasa mengantuk. Tapi setelah selesai ujian, saya rasa kopi ini sudah tidak di perlukan lagi kan sudah selesai ujian.

Begitu di lepas total kok sangat mengantuk ya, biasanya tidak seperti ini. Mungkin nada semua merasakannya terutama bagi mahasiswa atau yang kerja kantoran

Apalagi kalau anda lembur dalam jangka waktu lama, bagaimana caranya supaya anda agar anda yang ingin melepaskan kopi terutama bagi anda yang kecanduan, satu hari bisa sampai 5 - 6 kali minum kopi bisa melepaskan itu semua tanpa anda harus tersiksa, tanpa anda harus sakit kepala, tanpa anda harus merasa terlalu lemas, jadi caranya begini anda jangan melepaskannya secara total.

Jadi biasanya kalau anda 1 hari minum misalnya 5-6 cangkir kopi anda boleh menuurnkannya pelan pelan dosis harian minum kopi anda, Kalau hari ini 6 cangkir besok di kurangi jadi 5 cangkir kopi, mungkin 2 hari kemudian bisa di kurangi lagi 4 cangkir kopi setelah itu 3 cangkir kopi.

Saya bukan bilang bahwa kopi itu jelek, tidak ! kopi juga membawa dampak positif kepada anda, membuat mood anda jadi lebih baik dan sebagainya tapi dengan dosis yang baik.

Dengan dosis yang tidak terlalu tinggi. 1  “ 2 cangkir kopi setiap hari itu baik buat anda, Selain memberikan mood yang baik kopi juga mengandung antioksidan di kafein ini. Kafein mengandung antioksidan, dan mengandung antikanker.

Semoga penjelasan singkat mengenai efek minum kopi ini dapat bermanfat bagi sahabat sehat lulusandiploma semua.

0 Response to "Efek Minum Kopi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel