IBX5B54BCC389CD2 Penyebab dan Cara Mengobati Mata Bintitan - Lulusandiploma.com

Penyebab dan Cara Mengobati Mata Bintitan

bintitan

Pada artikel kali ini saya akan membahas sebuah topik yang cukup menarik yaitu Penyebab dan Cara Mengobati Mata Bintitan.

Sobat sehat, hampir semua orang mengenal kata˜bintitan. Mungkin beberapa dari anda pernah mengalaminya. Jadi di dalam istilah medis, bintitan ini disebut dengan hordeolum.

Namun, banyak juga masyarakat kita yang beranggapan bahwa bintitan ini merupakan kutukan bagi mereka yang habis mengintip cewek mandi, misalnya.
Atau habis mengintip cewek ganti baju. Dan akhirnya, terjadi bintitan di mata mereka.

Sebenarnya ini adalah hal yang keliru, hordeolum atau bintitan tadi merupakan peradangan atau infeksi yang terjadi pada kelenjar di kelopak mata. Disana terdapat 3 kelenjar. Yaitu kelenjar Meibom, kelenjar Zeis dan kelenjar Moll.

Dari segi tempatnya, hordeolum ini dibagi menjadi dua. Ada Hordeolum Eksterna dan Hordeolum Interna. Untuk hordeolum interna, terjadi pada kelenjar meibom.

Pada hordeolum interna ini, benjolan akan mengarah ke arah konjungtiva, yaitu selaput kelopak mata bagian dalam. Kemudian untuk hordeolum eksterna, ini terjadi pada kelenjar zeis dan kelenjar moll.

Benjolan ini nampak dari luar kelopak mata. Jadi, anda bisa melihatnya dengan jelas. Kemudian kita bahas tanda-tanda dan gejala hordeolum.

Tanda-tanda bintitan

Ini sebenarnya bisa dengan mudah dikenali. Anda bisa langsung melihat,  Oh, ada benjolan di kelopak matanya. Bisa bagian atas atau bagian bawah.
Kemudian, mata akan terlihat sedikit bengkak dan akan terasa nyeri bagi penderita.
Kemudian pada hordeolum interna, benjolan ini akan nampak lebih jelas jika anda membuka kelopak mata anda.
Kemudian bagi mereka yang terkena hordeolum interna, mereka akan merasakan bahwa ada sesuatu di mata mereka. Jadi mereka akan merasa tidak nyaman.
Kemudian mata akan mudah berair, juga lebih sensitif terhadap sinar matahari atau cahaya. Dan apabila pecah, beberapa dari hordeolum ini akan mengeluarkan nanah.

Itu tadi adalah beberapa gejala dan tanda bagi mereka yang terkena penyakit hordeolum. Ada juga yang bertanya seperti ini, apakah hordeolum atau bintitan ini dapat menular?.
Jawabannya, hordeolum tidak menular. Jadi sekali lagi, hordeolum tidak menular. Dan ada satu jenis penyakit yang mirip dengan hordeolum, namanya Chalazion.

Tetapi bedanya, chalazion tidak menimbulkan rasa nyeri pada kelopak mata, meskipun ukurannya terkadang lebih besar dari hordeolum. Namun, penanganannya kurang lebih sama dengan hordeolum.

Kemudian, hordeolum ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam hitungan kurang lebih 1 hingga 2 minggu. Namun, tentunya diri kita ingin sembuh lebih cepat dari waktu tersebut.

Jadi bagi anda yang ingin sembuh lebih cepat, sebaiknya anda kunjungi  dokter anda. Sehingga anda diberikan perawatan atau diberikan antibiotik dan sebagainya.

Dan untuk anda yang mengalami hordeolum ini, jangan dikucek. Apalagi sampai dipecahkan. Karena bentuknya seperti jerawat, mungkin tangan anda gatal ingin memencetnya. Itu tidak dianjurkan.

Cara mengobati mata bintitan

Lakukanlah mengompres dengan air hangat.
Jadi anda bisa melakukan kompres hangat kelopak mata anda dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Pastikan handuk tersebut hangat dan diperas agak kering. Jangan sampai menetes. Dan juga atur suhunya. Jangan sampai terlalu panas karena tidak baik untuk wajah dan mata anda.

Anda bisa melepas atau tidak menggunakan lensa kontak terlebih dahulu.
Dan bersihkan make up anda, terutama pada daerah mata. Jadi bagi anda yang terkena hordeolum, jangan dulu menggunakan make up atau contact lensa. Apalagi contact lens yang tidak pernah anda ganti, itu juga mengandung bakteri. Dan setelah sembuh, sebaiknya gantilah contact lens anda.

Bagi anda para wanita yang terbiasa dengan make up, sebaiknya hapuslah make up anda sebelum anda tidur. 
Jangan biarkan anda tidur dengan make up menempel pada wajah anda. Lalu, gantilah mascara anda setiap 6 bulan sekali. Jangan memakai mascara yang sudah terlalu lama, karena disana tersimpan banyak bakteri.

Menjaga kebersihan mata.
Menjaga kebersihan mata ini maksud saya bukan berarti anda harus cuci mata ke mall atau cuci mata ke tempat shopping ya, bukan seperti itu. Yang saya sarankan disini adalah anda rutin mencuci wajah anda dengan air hangat untuk mencegah terjadinya infeksi atau peradangan pada kelopak mata anda. Dan gunakanlah sabun yang tidak terlalu keras. Yang tidak menyebabkan kulit atau kelopak mata iritasi. Saya menyebutnya dengan mild soap atau sabun yang ringan.

Kompres dengan black tea.
Selain menggunakan handuk tadi, anda juga bisa menggunakan black tea dalam kantong atau bag  nya. Jadi setelah anda membuat black tea, kemudian anda angkat, masih utuh dengan bag  nya. Jangan dibuka. Kemudian, anda bisa mengkompresnya di kelopak mata anda. Dan saran saya adalah coba tes dulu suhunya. Jangan terlalu panas. Black tea ini mempunyai efek anti peradangan dan efek anti bakteri secara alami. Namun, jangan menggunakan kantong black tea tadi secara berulang kali. Jadi cukup satu kali penggunaan saja.

Dan saat mengaplikasikan atau saat menggunakaannya, jangan biarkan airnya menetes. Jadi peras dahulu sampai sedikit kering, lalu tempelkan pada mata anda. Dan anda bisa mengkompresnya kurang lebih sekitar 5 sampai 10 menit. Sama seperti penggunaan handuk hangat tadi. Dan anda bisa melakukan ini beberapa hari sekali.

Pergunakan ketimun atau kentang.
Dimana timun dingin dapat membantu meringankan nyeri pada mata anda. Dan juga dapat meringankan iritasi. Jika anda tidak memiliki timun, anda juga bisa menggunakan kentang. Jadi anda bisa mengiris kentang, lalu anda tempelkan ke kelopak mata anda. Tentu saja bukan memakai kentang goreng ya.

Sekian informasi yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini.
Saya doakan anda semua tetap sehat, dan bagi anda yang sekarang mengalami bintitan atau hordeolum,

Mungkin anda bisa mencoba saran-saran yang telah saya berikan mengenai cara mengobati mata bintitan dan kenali penyebabnya. Saya doakan anda cepat sembuh.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengobati Mata Bintitan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel